Tips Memilih Pakaian Saat Wawancara Kerja

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 25 Januari 2019 16:15
Tips Memilih Pakaian Saat Wawancara Kerja
Selain dokumen kerja, pakaian juga harus dipersiapkan dengan baik.

Dream - Berpenampilan memikat tidak hanya dari potongan baju unik atau make up saja. Perpaduan warna pakaian yang kamu kenakan juga bisa memberikan kesan berbeda pada orang lain.

Mungkin kamu bisa cuek dengan penampilan saat hangout bersama teman atau keluarga. Tapi, kamu perlu memperhatikan penampilan ketika ingin wawancara kerja.

Penampilanmu bisa sangat berpengaruh terhadap penilaian orang yang akan mewawancaraimu. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan pakaianmu rapi.

Kenakanlah blazer, kemeja dan celana bahan. Ketiga pakaian tersebut berlaku untuk perempuan maupun laki-laki. Pakaian yang rapi menunjukkan kalau kamu serius dan menghormati pekerjaan tersebut.

Jangan lupa pilih warna pakaian yang tepat. Certified Color Therapist, Claire Bond menyatakan bahwa pakaian atau blazer hitam dan navy mampu memikat orang lain.

" Blazer berwarna navy atau hitam menandakan si pemakai adalah seorang profesional dan juga misterius," katanya di Ayana Midplaza, Kamis kemarin.

Bagi yang sedang melamar kerja untuk jabatan cukup tinggi, bisa menggunakan dasi atau scarf merah.

" Kalau mau memberi kesan kepemimpinan, bisa memakai dasi merah dengan blazer navy. Sedangkan wanita bisa memakai scarf, gelang atau kalung berwarna merah. Aksesoris itu menunjukkan kamu bisa membuat kinerja tim meningkat," ungkapnya.

Selain memilih warna tersebut, kamu juga bisa mencari tahu seputar tempat kerja atau karakter orang yang akan mewawancaraimu. " Kalau karakter pewawancaranya agak konyol dan santai, hindari warna bold untuk menyesuaikan sikapnya."

Begitu juga dengan tempat wawancara. " Jika saya mengenakan celana garis-garis berwarna lime green dan pink ketika melamar jadi pengacara, mereka akan anggap saya tidak serius," katanya.

Lain halnya ketika kamu mengenakan salah satu warna cerah untuk menyesuaikan dengan logo sebuah kantor yang cukup terkenal seperti Coca Cola.

Jadi, sebaiknya pilihlah pakaian yang tepat dan cocok dengan pekerjaan dan karakter pewawancaranya

Beri Komentar