Tips Menyimpan Bahan Makanan Tanpa Kulkas

Reporter : Ervina
Selasa, 4 November 2014 11:46
Tips Menyimpan Bahan Makanan Tanpa Kulkas
Selain menggunakan bantuan kulkas, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa digunakan untuk mengawetkan bahan makanan seperti buah, sayuran, dan ikan.

Dream - Menyimpan sejumlah bahan makanan seperti sayuran, buah dan beberapa jenis makanan lainnya ke dalam lemari pendingin (kulkas) merupakan salah satu kebiasaan yang tidak dapat dipisahkan. Namun, ada saatnya anda harus bisa hidup tanpa mengandalkan kulkas untuk menyimpan beberapa macam makanan.

Sayuran, buah dan beberapa jenis bahan lainnya sebenarnya dapat disimpan dengan cara alami sehingga tidak terpapar freon kulkas. Sejumlah makanan tersebut dapat disimpan untuk jangka waktu tertentu dengan cara sederhana ini. Tetapi makanan seperti daging, ikan, dan makanan olahnya tidak dapat mengandalan cara berikut.

Mangkuk Berisi Air
Siapkan sebuah mangkuk yang dapat menampung sayur, buah atau makanan yang hendak disimpan dan air secukupnya. Gunakan air dingin untuk merendam beberapa jenis makanan ini agar tetap segar. pastikan anda akan mengkonsumsinya dalam waktu beberapa hari, sehingga tingkat kesegarannya masih terjaga.

Udara Dingin
Beruntung bagi anda yang bertempat tinggal di daerah dataran tinggi. Karena secara alami kondisi ini dapat menjaga makanan tetap segar dalam suhu yang relatif alami. Anda juga bisa mencoba meletakkan makanan dalam wadah tertutup yang diletakkan di dekat jendela kamar di malam hari sehingga kesegarannya tetap terjaga hingga pagi.

Mangkuk Berisi Es
Bongkahan es dalam sebuah mangkuk dapat menjaga buah dan sayuran tetap segar dalam waktu lama. Cara ini hanya dapat diterapkan untuk mengawetkan sayuran dan buah, sementara untuk jenis makanan lain sebaiknya tidak menggunakan cara ini.

Pengeringan
Menjemur makanan di bawah sinar matahari juga merupakan salah satu cara mengawetkan makanan. Metode pengawetan ini lebih tepat jika diterapkan pada daging dan ikan, bukan buah dan sayuran.

Pengasapan
Cara ini rasanya sudah sangat familiar terutama bagi anda yang tinggal di daerah pesisir. Ikan dan hasil laut lainnya sangat umum diawetkan dengan cara diasap. Pengasapan dengan cara tradisional dalam waktu yang cukup tertentu dapat membuat makanan tertentu masih layak dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

(Ism, Sumber : Boldsky)

Beri Komentar