Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mobil Listrik Wuling Air ev Resmi Made in Cikarang

Mobil Listrik Wuling Air ev Resmi Made in Cikarang Foto: Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air Ev Di Pabrik Wuling Motors, Cikarang

Dream – Wuling Motors (Wuling) resmi memulai produksi kendaraan listrik pertamanya, Air ev, Senin, 8 Agustus 2022 di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Dalam seremoni yang bertajuk ‘Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air ev Buatan Indonesia: Dari Indonesia, Untuk Indonesia dan Dunia' ini, Wuling merealisasikan komitmennya dengan menghadirkan Air ev di Indonesia dan dunia untuk pertama kalinya diproduksi di Tanah Air oleh anak bangsa.

Wuling sendiri akan meluncurkan secara global Air ev di Indonesia dalam waktu dekat.

Wuling resmi memulai produksi kendaraan listrik pertamanya, Air ev, yang merupakan official car partner G20

Peresmian produksi perdana kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia ini ditandai dengan pengisian daya Air ev secara simbolis di Admin Plaza Wuling Motors oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, yang didampingi beberapa nama penting.

@dreamcoid

BUKA-BUKAAN MOBIL LISTRIK AIR EV MADE IN CIKARANG

♬ original sound - Dream.co.id

Mereka adalah Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian Republik Indonesia; Lu Kang, Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia; Shi Guoyong, President Director Wuling Motors; Diaz Hendro Priyono, Staf Khusus Presiden Republik Indonesia; dan Dani Ramdan, Penjabat Bupati Bekasi.

“Wuling Air ev merupakan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk dunia danIndonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya. Dengan demikian kami berharap melalui produk dan inovasi terbaruini dapat selaras dengan strategi dan kampanye global mengenai penghematan energi, pengurangan emisi, perlindungan terhadap lingkungan serta akselerasi elektrifikasi kendaraan di Tanah Air,” jelas Shi Guoyong, President Director WulingMotors dalam keterangan tertulis, Senin 8 Agustus 2022.

“Kami pun bangga bahwa kendaraan listrik hasil produksi putraputri Indonesia ini memiliki kualitas yang mampu berkompetisi di pasar domestik, namun juga mancanegara,” tambahnya.

Ragam fitur cerdas

Wuling Air ev ini didukung rangka yang kokoh dan dibalut desain eksterior future-tech yang memadukan unsur teknologi futuristis.

Dengan mengusung desain compact, Wuling Air ev dibekali kabin berkonfigurasi 4 seater yang nyaman serta beragam fitur cerdas.

Peresmian produksi perdana kendaraan listrik pertama Wuling di Indonesia ditandai dengan pengisian daya Air ev secara simbolis di Admin Plaza Wuling Motors

Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air ev di Pabrik Wuling Motors, Cikarang

Wuling pun memastikan bahwa keamanan baterai di kendaraan listriknya ini terjamin sehingga konsumen dapat merasa tenang selama perjalanan.

Pengisian dayanya juga terbilang mudah karena dapat dilakukan di rumah saja.

Pabrik yang mumpuni

Dengan mengaplikasikan ‘Global Manufacturing System’ (GMS), Wuling memastikan bahwa pabriknya mampu mencapai efisiensi proses produksi yang berkualitas tinggi, sebab pabrik di Cikarang ini didukung empat fasilitas produksi dan terintegrasi dengan supplier park yang berada di dalam satu kawasan seluas 60 hektar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, mencoba berkendara dengan Air ev didampingi oleh Shi Guoyong, President Director Wuling Motors

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto menandatangani Wuling Air ev

Fasilitas tersebut terdiri dari Press Shop, area untuk memproduksi komponen rangka dan bodi melalui proses stamping yang canggih.

Body Shop yang dirancang untuk menyatukan seluruh komponen rangka dan bodi dengan proses welding yang akurat.

Dari Indonesia untuk Indonesia

Kemudian ada Paint Shop untuk mengecat seluruh bodi mobil yang memenuhi syarat dengan teknologi catter depan.

Selain itu ada General Assembly yang dirancang untuk merakit seluruh komponen mobil, dan area terakhir adalah fasilitas pengujian kualitas untuk memastikan kualitas terbaik dari Wuling Air ev sebelum sampai ke tangan konsumen.

Wuling resmi memulai produksi kendaraan listrik pertamanya, Air ev, yang merupakan official car partner G20

Didukung fasilitas yang dilengkapi dengan beragam teknologi modern, pabrik Wuling di Indonesia memiliki kompetensi untuk memproduksi tidak hanya mobil dengan mesin pembakaran internal, tetapi juga mobil listrik.

Hal ini pun semakin memperkuat komitmen jangka panjang Wuling bagi Tanah Air dengan turut mewujudkan mobilitas yang ramah lingkungan melalui Air ev, kendaraan listrik Wuling dari Indonesia untuk Indonesia dan dunia.

Membedah Wuling Air EV, Mobil Listrik yang Bisa Dicharge dari Colokan Rumah

Dream - Tren kendaraan ramah lingkungan berupa mobil listrik perlahan-lahan semakin gencar digarap pabrikan otomotif. Beragam model kendaraan dengan keunggulan fitur, teknologi teranyar, dan beberapa tingkatan harga dipasarkan kepada publik.

Harus diakui jika salah satu faktor yang cukup memberatkan konsumen yang ingin beralih ke kendaraan listrik (Electric Vehicles/EV) adalah harga belinya relati cukup mahal. Hal itu bisa dimaklumi karena teknologi yang digunakan terbilang masih baru. Namun dalam jangka panjang, pemilik EV bisa berhemat karena tak perlu lagi membeli BBM.

Menyadari mahalnya harga sebuah mobil listrik, Wuling Motors Indonesia menghadirkan kendaraan yang diklaim lebih murah dibandingkan pesaingnya. Diberi nama Wuling Air ev, pabrikan asal China ini membanderol kendaraan listriknya di kisaran Rp250 juta. 

Dream sempat melihat langsung penampakan Wuling Air dalam acara Wuling 5th Anniversary Virtual Mmedia Briefing beberapa waktu lalu. Selain memperkenalkan mobil barunya, Wuling di kesempatan yang sama juga sdah membuka pre-book untung masyarakat yang berminat.

Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk intip penampakan Wuling Air ev yang dibanderol Rp250 jutaan ini. 

1. Kapasitas Hanya 4 Penumpang

Wulng Air ev memiliki dimensi hanya 2974 mm X 1505 mm. Dengan ukuran yang relatif lebih kecil dari mobil listrik pada umumnya, kendaraan ini hanya bisa memuat 4 orang saja.

Dengan dimensinya tersebut, Wuling Air ev hanya memiliki dua pintu terletak di antara penumpang depan dan belakang. Bentuk ini membuat penumpang di jok belakang harus menggunakan pintu di bagian depan untuk bisa masuk.

2. Interior 

Jika melihat dari interior, kabin penumpang depan khususnya di posisi pengemudi  cukup ergonomis dan nyaman walaupun ukuran mobil yang compact. 

Sedangkan di kabin belakang tersedia kursi panjang yang muat untuk digunakan dua orang dan bisa dilipat. Memperhatikan pengguna Asia yang kebanyakan berpostur pendek, kabin ini memang nyaman untuk yang memiliki tinggi badan di bawah 170 cm. 

3. Tersedia 5 Pilihan Warna

Mobil listrik imut yang akan dibuat langsung di pabrik Wuling Cikarang ini akan hadir dalam 5 pilihan warna. Seluruh varian tersedia dengan tampilan two tone colour.

4. Top Speed 100 Km/jam

Desain compact dan canggih terlihat dari interior dan eksteriorya membuat mobil listrik ini cocok digunakan untuk mobilitas di kawasan ibu kota. Wuling Air ev sendiri menyediakan dua varian yaitu standar range yang dapat menempuh jarak 200 km dengan daya batera terisi penuh. 

Sementara versi long range didesain sanggup menempuh jarak 300 km ketika baterai terisi penuh.

Mobil listrik Wuling ini bisa melaju denga kecepatan maksimal hingga 100 km/jam. 

5. Bisa Charge dari Colokan Rumah

Selama ini banyak peminat kendaraan listrik yang masih penasaran dengan pengisian daya mobil listrik. Wuling Air ev telah didesain untuk bisa diisi ulang lewat colokan kabel di rumah.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah daya listrik yang tersedia di rumah minimum 2.200 VA. 

“ Kalau mobil mintanya 2.200, kita tinggal lihat di rumah masing-masing daya yang tersedia berapa,” ungkap Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

6. Kapasitas Baterai

Wuling Air ev memiliki dua tipe berdasarkan kapasita baterai yang digunakan. Untuk tipe standar dengan kapasitas baterai 18 kWh, mobil ini dapat terisi antara 20-100 persen dalam waktu 8,5 jam.

Sementara tipe long range yang memiliki kapasitas baterai lebih besar yaitu 26,5 kWh, proses pengisian daya listrik membutuhkan waktu 11 jam apabila menggunakan daya 2.2 kW.

Berbeda dengan tipe standar, di tipe longe range kamu juga dapat mengisi dayanya dengan menggunakan charging box yang memiliki daya 6.6kW hanya dalam waktu 4 jam saja. 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Melihat Rekam Jejak Kesuksesan Wuling Air ev di Indonesia

Melihat Rekam Jejak Kesuksesan Wuling Air ev di Indonesia

Mobil ini punya sederet kesuksesan sejak pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada Agustus 2022.

Baca Selengkapnya
MG Luncurkan 2 Mobil Listrik Baru Made in Cikarang, Harga Rp400 Jutaan

MG Luncurkan 2 Mobil Listrik Baru Made in Cikarang, Harga Rp400 Jutaan

Harga mobil listrik terbaru MG4 EV dan MG ZS EV, di bawah Rp500 juta.

Baca Selengkapnya
Ini yang Bikin Mitsubishi Belum Mau Jual Pesaing Wuling Air Ev di Indonesia

Ini yang Bikin Mitsubishi Belum Mau Jual Pesaing Wuling Air Ev di Indonesia

Mitsubishi tidak mau ceroboh. Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Niaga Mitsubishi L100 EV, Dijual Rp320 Juta Bisa Dibeli Sistem Rental

Spesifikasi Lengkap Mobil Listrik Niaga Mitsubishi L100 EV, Dijual Rp320 Juta Bisa Dibeli Sistem Rental

Ini spesifikasi lengkap mobil listrik mitsubishi L100 EV

Baca Selengkapnya
Dijual Rp320 Juta, Inilah Penampakan Mitsubishi L100 EV Mobil Listrik Komersial yang Jadi Pionir Logistik di IKN

Dijual Rp320 Juta, Inilah Penampakan Mitsubishi L100 EV Mobil Listrik Komersial yang Jadi Pionir Logistik di IKN

Mobil L100 EV ini dijual Rp320 juta hingga bisa disewa

Baca Selengkapnya
Siap Mengaspal, Wuling Binguo EV Dibanderol Mulai Rp358 Jutaan

Siap Mengaspal, Wuling Binguo EV Dibanderol Mulai Rp358 Jutaan

Dirilis dalam dua tipe jangkauan, harga mobil Wuling Binguo EV mulai dari Rp385 Jutaan.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Derita Anak Kost

BUNGKUS! Derita Anak Kost

Sahabat Dream yang pernah hidup di kost pasti pernah merasa pengalaman ini. Kadang makan enak, kadang ya gitu deh. Yuk anak kost berbagi cerita.

Baca Selengkapnya