5 Aktivitas Bermanfaat untuk Cegah Tidur Usai Sahur

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 29 April 2020 19:00
5 Aktivitas Bermanfaat untuk Cegah Tidur Usai Sahur
Suka tidur habis sahur? Berikut 5 alternatif aktivitas yang bisa dicoba untuk cegah tidur setelah sahur

Dream - Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan selama puasa Ramadhan adalah sahur. Makan sahur harus dilakukan untuk mempersiapkan tubuh sebelum menjalani puasa selama kurang lebih 12 jam. Sebagai salah satu ibadah sunnah di bulan Ramadhan, anjuran sahur memiliki banyak keutamaan untuk kesehatan.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda “ Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan” (HR Bukhari: 1923).

Namun terkadang setelah melaksanakan sahur kebanyakan orang akan langsung melanjutkan tidurnya. Padahal tidur setelah santap sahur tidak dianjurkan lho.  

Dilansir dari berbagai sumber, ada banyak aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tidur usai sahur. Berikut Dream akan menyajikan informasinya untuk kamu.

1 dari 5 halaman

Memperbanyak Baca Al Quran dan Mentadaburi Maknanya

 Doa Sholat Tahajud Lengkap, Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya© MEN

Salah satu aktivitas untuk mencegah kantuk setelah sahur adalah dengan memperbanyak membaca Al Quran. 

Di bulan Ramadhan, membaca Al Quran menjadi salah satu ibadah yang akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Agar tetap semangat membaca Al Quran kamu bisa membuat target khatam Al Quran. 

Ada banyak cara khatam Al Quran selama Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah membaca Al Quran 1 juz dalam sehari. Agar tidak kesulitan, kamu bisa membaginya dalam  5 waktu sholat. Sehingga setelah usai Sholat fardu kamu hanya perlu membaca 4 halaman saja. Mudah kan.

Agar menambah kekhusyuan, kamu juga bisa sambil membaca arti dari bacaan Al Quran. Atau jika belum terlalu paham maksud dari artinya, kamu bisa juga mencari tahu tafsir dari surat yang kamu baca. InsyaAllah aktivitas selepas sahurmu akan lebih bermanfaat dan pastinya mencegah rasa kantuk. 

2 dari 5 halaman

Olahraga Pagi

 Amankah Olahraga Saat Perut Kosong?© MEN

Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan agar mencegah kantuk usai sahur adalah dengan berolahraga di pagi hari. Udara yang segar, dan suasana yang cenderung masih sepi, sepertinya akan sangat nyaman untuk olahraga.

Meskipun puasa Ramadhan, ada baiknya tetap menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga. Tapi jangan memiliki jenis olahraga berat ya Sahabat Dream. Menggerakkan tubuh dan sedikit pemanasan sudah cukup kok.

3 dari 5 halaman

Bersih - Bersih Rumah

 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Untuk Cegah Corona© MEN

Bersih - bersih rumah bisa juga jadi pilihan aktivitas untuk mencegah tidur usai sahur. Kamu bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk ikut bersih - bersih rumah di pagi hari.

Kamu bisa membersihkan piring kotor sehabis sahur, menyapu lantai, atau mencuci baju di pagi hari. Dengan mengajak seluruh anggota keluarga untuk membantu, pekerjaan juga akan lebih cepat selesai kan.

Selain mencegah rasa ngantuk, bersih - bersih rumah juga akan bikin kamu tambah betah di rumah. Ingat ya, kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Yuk, bersih - bersih.

4 dari 5 halaman

Membaca Buku

 Biasakan Membaca Nyaring Saat Bersama Anak, Ini Efek Positifnya© MEN

Aktivitas untuk mencegah tidur usai sahur lainnya adalah dengan membaca buku. Membaca buku bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luangmu di pagi hari.

Sebenarnya nggak harus baca buku yang berat lho, Sahabat Dream. Kamu bisa juga membaca artikel mengenai puasa, berita terkini, atau menyaksikan tayangan video di media sosial. Kamu juga jadi lebih update dan lebih paham mengenai banyak isu kan. 

Di bulan puasa saat ini, ada baiknya memperbanyak pemahaman mengenai islam. Kamu bisa membaca kisah para nabi dan sahabatnya, untuk mengambil hikmah dan pembelajaran didalamnya. Atau memahami terkait fikih untuk kehidupan sehari - hari, seperti fikih mengenai haid, puasa, dan lain hal. 

 

5 dari 5 halaman

Melakukan Hobi Positif

 Menulis permintaan maaf sebanyak 500 kali© MEN

Setelah sahur, daripada mengantuk dan tidur, ada baiknya kamu melakukan hobimu. Ada banyak hal positif yang bisa kamu lakukan seperti menulis, menggambar, atau melakukan desain.

Jika kamu punya hobi menulis, kamu bisa mencari inspirasi di pagi hari. Selain karena udara yang masih segar, menulis di pagi hari buat kamu jauh lebih produktif juga. 

 

Beri Komentar