Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Astaghfirullah, Ada Penyusup di Pondokan Haji Jemaah Indonesia

Astaghfirullah, Ada Penyusup di Pondokan Haji Jemaah Indonesia Jemaah Haji Indonesia (Kemenag Kaltim)

Dream - Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Daker Mekah menginterogasi 35 penyusup di pemondokan jemaah haji Indonesia. Para penyusup itu adalah adalah oknum mukimin yang menawarkan jasa dorong kursi roda.

Para penyusup itu didpati dari berbagai sektor pemondokan. Sebelas orang ditangkap di sektor 6, enam orang di sektor 5, tujuh di sektor 8, dan sembilan di sektor 4.

“Kemudian di sektor 8 dan sektor 11 kami menginterogasi satu orang. Sudah kami data dan sudah dibebaskan,” kata Kasie Linjam Daker Mekah, Letkol Rijal Kani, sebagaimana dikutip Dream dari laman kemenag.go.id, Kamis 10 Agustus 2017.

Menurut Rijal, saat diinterogasi, hampir seluruh oknum mukimin ini mengaku telah mengenal jemaah yang akan menggunakan jasanya untuk mendorong kursi roda saat tawaf dan sai.

Mereka juga mengaku kenal dengan orang-orang di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Bahkan, ada juga yang mengaku sudah menjalin hubungan jauh sebelum jemaah haji tiba di Mekah.

“Beragam alasan mereka sampaikan. Bahkan ada yang (mengaku) membawa surat pengantar dari Konjen RI dan bupati. Kami tak percaya dan sudah dilaporkan,” kata Rijal.

Pelaksana Linjam Daker Mekah, Mayor Reza Fajar Lesmana, menambahkan, pendataan telah dilakukan terhadap oknum mukimin itu. Bila nanti mengulang lagi dan berhasil ditangkap, maka petugas akan melaporkan mereka ke pihak keamanan setempat.

Reza menambahkan, sampai saat ini tercatat ada 25 jemaah yang lupa arah pulang saat di Masjidil Haram. Banyak alasan yang disampaikan, umumnya mengaku lupa pintu masuk karena semuanya hampir sama.

Petugas Linjam juga mendata dua jemaah yang kehilangan barang di Masjidil Haram. Satu jemaah asal Makassar, kehilangan uang sebesar SAR1.000 dan Rp5 juta karena dijambret saat akan keluar dari pintu King Abdul Azis. Di dalam tas korban juga ada perhiasan dan buku kesehatan.

Tim Linjam Daker Mekah mengimbau jemaah untuk tetap waspada dan tidak ceroboh. Jemaah juga diimbau membawa uang secukupnya saja serta tidak membawa barang berharga.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tak Sengaja Kepalanya Ketiban Daging, Singa Ini Baper dan Marah

Tak Sengaja Kepalanya Ketiban Daging, Singa Ini Baper dan Marah

Penjaga hewan melemparkan daging melintasi pagar, dan itu mengenai kepala singa langsung!

Baca Selengkapnya
Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Pemerintah telah menemukan lokasi pengganti yaitu di sekitar tenda jemaah haji Asia Tenggara.

Baca Selengkapnya
Momen Haru Penyandang Tunanetra Raba Wajah dan Cium Kening Ganjar Pranowo

Momen Haru Penyandang Tunanetra Raba Wajah dan Cium Kening Ganjar Pranowo

Momen Haru Penyandang Tuna Netra Meraba Wajah dan Cium Kening Ganjar Di Balikpapan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.