Bikin Merinding, 8 Peristiwa Besar yang Melanda Dunia Pada Tahun 2020

Reporter : Reni Novita Sari
Minggu, 16 Agustus 2020 14:00
Bikin Merinding, 8 Peristiwa Besar yang Melanda Dunia Pada Tahun 2020
Apa saja peristiwa besar yang terjadi pada tahun ini?

Dream - Kamu pasti setuju kalau 2020 adalah tahun yang sangat sulit. Saat ini seluruh dunia masih berjuang bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19.

Perlambatan di berbagai sektor kehidupan sungguh terasa, terutama sektor ekonomi dan kesehatan yang dirasakan di mana-mana. Hampir semua orang merasakan dampak yang luar biasa dari wabah ini.

Tetapi tahukah kamu, di sepanjang tahun 2020 ternyata begitu banyak peristiwa dan bencana yang terjadi? Di tengah memerangi pandemi global, dunia menyaksikan ketakutan Perang Dunia III, bencana nasional di seluruh dunia, dan bahkan Kanye mencalonkan diri sebagai presiden.

Jika kamu lupa bagaimana dunia menghadapi rollercoaster tahun ini, berikut dilansir laman World Of Buzz, ringkasan peristiwa bencana yang terjadi pada tahun 2020.

1 dari 8 halaman

Kebakaran Hutan Australia

Pada akhir 2019, beberapa negara bagian di Australia menghadapi salah satu kebakaran terburuk dalam sejarah. Kebakaran hutan yang terjadi saat itu mencapai rekor 47 juta hektar.

Tercatat bahwa sekitar 34 orang meninggal dunia dan lebih dari 2000 rumah hancur terbakar. Diperkirakan sekitar 500 juta hewan mati dan bencana ini membuat koala dalam keadaan rentan terhadap kepunahan.

Kebakaran hutan Australia© Foto : Telegraph

2 dari 8 halaman

Ketakutan pada Perang Dunia III

Pada tanggal 2 Januari 2020, Jenderal Iran, Qasem Soleimani, tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS. Hal ini memicu kekhawatiran tentang Perang Dunia III karena saat itu terjadi ketegangan antara Iran dan Amerika.

Hanya beberapa hari setelah serangan pesawat tak berawak, para pejabat AS memperkirakan bahwa lebih dari selusin rudal diluncurkan dari Iran di dua pangkalan militer di Irak yang menampung tentara Amerika.

Perang Dunia 3© Foto : Daily Express

3 dari 8 halaman

Pandemi Covid-19

Ketika virus corona muncul pada Desember 2019, tidak ada yang mengantisipasi dampaknya terhadap dunia. Tetapi ketika Covid-19 secara resmi dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret, orang mulai mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang seberapa parah virus ini.

Virus Corona© Foto : Shutterstock

4 dari 8 halaman

Bencana Banjir di Indonesia

Pada Tahun Baru 2020, Jakarta menghadapi banjir dahsyat yang melenyapkan 182 lingkungan di wilayah kota secara merata. Banjir memang merupakan bencana tahunan di ibu kota Indonesia, Jakarta.

Meski banjir di Jakarta sama sekali tidak mengejutkan bencana kali ini konon merupakan yang terburuk selama dekade terakhir.

Banjir Jakarta© Foto : Liputan6

Tragedi itu menewaskan 66 orang dan memaksa hampir 400.000 mengungsi dari rumah mereka. Ribuan rumah dan bangunan terendam atau hancur, termasuk istana presiden.

Bahkan jaringan transportasi kota pun lumpuh. Sayangnya, banyak korban yang tenggelam atau tertimbun longsor. Sementara yang lainnya meninggal karena sengatan listrik dan hipotermia.

5 dari 8 halaman

Kawanan Belalang di Afrika dan Asia

Ratusan miliar belalang gurun menyerang Afrika Timur dan Asia Selatan pada Februari 2020. BBC menyebutnya, " infestasi terburuk selama seperempat abad, mengancam tanaman dan mata pencaharian" .

Untuk diketahui, betapa dahsyatnya dampak dari belalang ini. Tercatat 200 miliar belalang di Kenya itu dapat menghabiskan bahan makanan senilai 84 juta dalam sehari.

Belalang di Afrika© Foto : Jerusallem Post

6 dari 8 halaman

Letusan Gunung Berapi di Indonesia dan Filipina

Pada 13 Januari 2020, lahar panas menyembur dari gunung berapi di Filipina, hingga menyebabkan penduduk desa mengungsi. Bandara internasional Manilla, sekolah dan kantor diperintahkan untuk ditutup saat awan abu bertiup lebih dari 100 kilometer ke utara.

Gunung Filipina© Foto : Electroverse 

Hanya dua bulan setelah kejadian tersebut, Gunung Merapi, gunung berapi paling aktif di Indonesia, meletus dan menyebabkan pihak berwenang bersiaga tinggi.

Letusan tersebut memuntahkan gumpalan abu setinggi 6.000 meter di atas puncaknya, melapisi seluruh wilayah sekitar dengan debu dari abu vulkanik.

7 dari 8 halaman

Kanye West Mencalonkan diri Sebagai Presiden

Kanye West, rapper, jutawan, perancang busana, suami hingga Kim Kardashian, secara resmi mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat pada Juli 2020. Tokoh publik itu mengunggah rencana besarnya itu dalam sosial media Twitter.

Ia maju dalam pemilihan presiden mendatang. Namun, kampanye emosionalnya di Carolina Selatan yang diadakan akhir minggu itu mendorong banyak orang mempertanyakan kesehatan mental dan legitimasinya sebagai kandidat pencalonan.

Kanye west© Foto : Twitter/Kanyewest

8 dari 8 halaman

Ledakan Beirut di Lebanon

Sebuah ledakan besar terjadi pada 4 Agustus 2020 di Beirut, ibu kota Lebanon yang telah menewaskan lebih dari 200 orang. Menurut BBC, para pejabat mengatakan bahan peledak yang disimpan di gudang selama enam tahun bisa menjadi penyebab ledakan. Presiden Michel Aoun mengatakan dalam sebuah Tweet bahwa " tidak dapat diterima" bahwa 2.750 ton amonium nitrat disimpan dengan tidak aman.

Ledakan Beirut© Foto : Foreign Policy

Tahun 2020 seakan memberikan peringatan dan banyak pelajaran. Sebagai bangsa yang beriman hendaknya kita mengambil hikmah di segala musibah yang terjadi.

Sumber : World Of Buzz

Beri Komentar