Crane Jatuh di Belakang Maqom Nabi Ibrahim, 65 Jemaah Tewas

Reporter : Ismoko Widjaya
Sabtu, 12 September 2015 01:50
Crane Jatuh di Belakang Maqom Nabi Ibrahim, 65 Jemaah Tewas
Posisi jatuhnya crane merah besar itu tepat di belakang maqom (prasasti jejak kaki) Nabi Ibrahim AS.

Dream - Sebanyak 65 jemaah haji dilaporkan tewas dan 150 lainnya mengalami luka-luka setelah derek atau crane raksasa jatuh menimpa Masjidil Haram di kota suci umat Muslim, Mekah, Arab Saudi. Posisi jatuhnya crane merah besar itu tepat di belakang maqom (prasasti jejak kaki) Nabi Ibrahim AS.

" Tepatnya di belakang Maqom (bukan makam) Nabi Ibrahim," kata salah satu jemaah haji asal Indonesia, Suwandi Ahmad dalam perbincangannya dengan Dream.co.id.

Peristiwa kecelakaan itu terjadi saat jemaah haji hendak melaksanakan ibadah salat magrib. Bersamaan dengan itu, angin kencang berhembus dan menghempaskan crane raksasa.

" Sekitar jam 17.20 waktu Mekah ada angin kencang disertai hujan deras di Masjidil Haram dan sekitarnya," tambah Suwandi yang saat ini dalam kondisi sehat bersama istri di Tanah Suci.

Sebelumnya dilaporkan, otoritas Saudi menyebut 65 jemaah haji tewas dan 150 lainnya luka-luka dalam kecelakaan crane jatuh. (Ism)

1 dari 4 halaman

Tragedi Mekah, Saudi: 65 Jemaah Haji Tewas, 150 Luka

Tragedi Mekah, Saudi: 65 Jemaah Haji Tewas, 150 Luka

Dream - Setidaknya 65 orang tewas setelah derek atau crane raksasa jatuh menimpa Masjidil Haram di kota suci umat Muslim, Mekah, Arab Saudi.

Seperti dilansir BBC.co.uk, Jumat 11 September 2015, Otoritas Pertahanan Sipil Arab Saudi menyebut 65 orang dilaporkan tewas dan lebih dari 150 orang terluka dalam kecelakaan itu.

Tidak diketahui apa yang menyebabkan kecelakaan, tetapi gambar dari adegan menunjukkan bagian dari crane berwarna merah itu telah jatuh melalui atap masjid.

Ratusan ribu orang diperkirakan akan tiba di kota Saudi dari seluruh dunia akhir bulan ini untuk menjalankan ibadah haji.

Pemerintah Saudi mulai ekspansi besar-besaran Masjidil Haram sejak tahun lalu. Renovasi ini dilakukan untuk mengatasi angka jemaah haji yang terus tumbuh setiap tahun.

Crane yang runtuh saat salat magrib itu merupakan bagian dari pekerjaan konstruksi berlangsung di lokasi.

Diduga kuat, crane jatuh saat angin kencang terjadi. Semenanjung Arab telah dihantam badai pasir yang kuat selama seminggu terakhir. (Ism, Sumber: BBC)

2 dari 4 halaman

Crane Jatuh di Masjidil Haram, 52 Jemaah Haji Tewas

Crane Jatuh di Masjidil Haram, 52 Jemaah Haji Tewas

Dream - Kabar menyedihkan datang dari Tanah Suci, Mekah. Kecelakaan terjadi di Masjidil Haram.

Sebuah crane yang merupakan bagian dari proyek pengerjaan perluasan Masjidil Haram terjatuh dan menimpa jamaah haji.

Sebelum crane raksasa itu jatuh, angin kencang menghempas saat salat Magrib. Seperti dilansir Al Arabiya dan USA Today, lengan crane raksasa itu muncul tiba-tiba dari atap masjid.

Sejumlah jamaah yang berada di bawahnya tertimpa bangunan yang runtuh. Belum dipastikan berapa jumlah korban jiwa dan luka-luka.

Foto: Tragedi Mekah, Lebih dari 52 Jemaah Wafat di Masjidil Haram

The Khaleej Times menyebut banyak korban yang jatuh. Sementara Daily Star menyebut 52 jemaah haji diduga meninggal dunia. Hingga kini belum ada informasi dari Kementerian Luar Negeri terkait kondisi jemaah haji Indonesia. (Ism)

3 dari 4 halaman

Tragedi Mekah, Seorang Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

Tragedi Mekah, Seorang Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

Dream - Sebanyak 20 orang jemaah haji dikabarkan mengalami luka akibat insiden jatuhnya crane raksasa di Masjidil Haram, Arab Saudi.

Satu orang jemaan haji dilaporkan meninggal dunia akibat insiden tersebut.

" Yang saya tahu sekarang, jemaah haji Indonesia yang wafat 1 orang dan luka 20 orang," kata Komisioner Pengawas Haji Indonesia (KPHI), Agus Priyanto dalam pesannya kepada Dream, Sabtu, 12 September 2015.

Agus mengatakan, dirinya saat ini memang berada di Mekah. Informasi insiden tersebut diperoleh rekannya yang melihat langsung di lokasi.

Sebelumnya dikabarkan sebuah crane yang merupakan bagian dari proyek pengerjaan perluasan Masjidil Haram terjatuh dan menimpa jamaah haji.

Sebelum crane raksasa itu jatuh, angin kencang menghempas saat salat Magrib. Seperti dilansir Al Arabiya dan USA Today, lengan crane raksasa itu muncul tiba-tiba dari atap masjid.

Sejumlah jamaah yang berada di bawahnya tertimpa bangunan yang runtuh. Belum dipastikan berapa jumlah korban jiwa dan luka-luka.

The Khaleej Times menyebut banyak korban yang jatuh. Sementara Daily Star menyebut 52 jemaah haji diduga meninggal dunia. Hingga kini belum ada informasi dari Kementerian Luar Negeri terkait kondisi jemaah haji Indonesia.

4 dari 4 halaman

FOTO Tragedi Mekah, Lebih 52 Jemaah Haji Tewas

FOTO Tragedi Mekah, Lebih 52 Jemaah Haji Tewas

Dream - Angin kencang yang melanda Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi mengakibatkan satu unit crane terjatuh dan menimpa Masjidil Haram.

Seperti dilaporkan Daily Star, Jumat 12 September 2015, lebih dari 52 jemaah haji meninggal dunia di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Puluhan lainnya dilaporkan mengalami luka-luka. 

Peristiwa menyedihkan itu terjadi saat jemaah haji sedang melaksanakan ibadah salat magrib. The Khaleej Times menyebut korban diperkirakan terus bertambah. 

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri RI terkait jemaah haji dari Indonesia. (Ism, Foto: The Khaleej Times, Suwandi Ahmad) 

Selengkapnya: FOTO Tragedi Mekah, 65 Jemaah Haji Tewas

Beri Komentar