Dubes Inggris: Indonesia Satu-satunya Negara Inspirasi Muslim Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 29 November 2018 12:00
Dubes Inggris: Indonesia Satu-satunya Negara Inspirasi Muslim Dunia
Moazzam membandingkan pengalamannya di Indonesia dengan saat bertugas di Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Dream - Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, menyampaikan kekagumannya kepada masyarakat Indonesia. Dia mengaku banyak mendapatkan inspirasi selama empat tahun bertugas di Indonesia.

Moazzam mengatakan sebelum di Indonesia, dia pernah ditugaskan di sejumlah kawasan seperti Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Timur. Pengalaman yang didapatnya jauh berbeda ketika berada di Indonesia.

" Dibanding seluruhnya, Indonesia lebih berhasil untuk menjaga toleransi, pluralisme, dan kebersamaan antara kelompok-kelompok agama," ujar Moazzam, dikutip dari Kemenag.go.id.

Tetapi, Moazzam mengingatkan masyarakat Indonesia untuk tetap berjuang mempertahankan hal itu. Sebab, tantangan yang dialami dunia juga terjadi pada Indonesia.

" Meski Indonesia sangat berhasil, perjuangan harus terus dilakukan karena tantangan yang dihadapi dunia juga sampai di Indonesia," kata Moazzam.

Selanjutnya, Moazzam mengatakan sejumlah negara Muslim tengah menghadapi ancaman serius. Beberapa di antaranya seperti konflik serta ekstremisme dan radikalisme yang menguat.

Masalah ini, kata Moazzam, harus menjadi perhatian serius Indonesia. Apalagi, belakangan kerap muncul peristiwa yang mengganggu toleransi.

" Umat Islam dunia perlu contoh yang bisa menginspirasi. Dan sebagai negara besar keempat dunia dengan penduduk terbesar Muslim, negara demokrasi dengan ekonomi maju yang diperkirakan masuk 10 besar dunia pada 2030, maka Indonesia satu-satunya negara yang bisa menjadi inspirasi umat Islam dunia," kata dia.

Lebih lanjut, Moazzam menerangkan segala upaya untuk menjaga toleransi perlu mendapat dukungan. " Meski usaha kecil, tapi tujuan dan harapannya besar," kata dia.(Sah)

 

Beri Komentar