Gadis Remaja Ini Tewas karena Tak BAB Dua Bulan

Reporter : Sandy Mahaputra
Jumat, 3 Juli 2015 09:31
Gadis Remaja Ini Tewas karena Tak BAB Dua Bulan
Gara-gara fobia, Emily harus menahan diri untuk tidak buang air besar dalam waktu yang lama.

Dream - Tidak bisa buang air besar (BAB) selama dua bulan, gadis remaja Emily Titterington, 14, asal St Austell, Cornwall, Inggris meninggal pada 8 Februari 2013 lalu.

Setelah diselidiki ulang atas permintaan keluarga, diketahui bahwa akibat tidak buang air besar dalam waktu yang lama, usus besar Emily membengkak hingga mencapai rongga dada.

Pembesaran usus besar yang luar biasa itu akhirnya menekan jantung hingga memicu cardiac arrest atau henti jantung yang merenggut nyawanya.

Fobia menggunakan WC menjadi penyebab mengapa Emily menahan diri untuk tidak buang air besar dalam waktu yang lama.

Dari penyelidikan terungkap bahwa Emily yang menderita autis ringan mengalami masalah dengan ususnya. Namun dokter tidak bisa mencari penyebabnya.

Menurut Alistair James, dokter yang memeriksa Emily, sebelum meninggal ibu Emily, Geraldine, 59, selalu berusaha membujuk putrinya untuk memeriksakan kelainan pada ususnya itu. Namun Emily bersikeras menolak.

James mengatakan seandainya Emily mau diperiksa kondisinya, nyawanya mungkin masih bisa diselamatkan.

Sementara itu pakar koroner Emma Carlyon mengatakan temuan penyebab kematian Emily ini didapatkan dari hasil tes post-mortem jasad Emily.

Ahli patologi Dr Amanda Jeffery mengatakan fobia yang dialami oleh Emily ini dikenal sebagai 'stool withholding', yang sering terjadi pada anak-anak.

Pederita fobia ini akan merasa cemas dan takut saat menggunakan toilet. Mereka merasa bahwa mereka tidak dapat menggunakan fasilitas toilet di sekolah atau di tempat umum yang kebanyakan WC duduk.

Ketakutan atau fobia ini mungkin juga hasil dari mengalami sakit ketika buang air besar. Ketika kotoran sulit atau menyakitkan saat dikeluarkan, penderita fobia ini akan enggan untuk buang air besar lagi.

(Sumber: telegraph.co.uk)

Beri Komentar
Summer Style 2019