Geger Pocong Gentayangan Ketuk Rumah Warga di Balikpapan

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 26 April 2016 12:38
Geger Pocong Gentayangan Ketuk Rumah Warga di Balikpapan
Ketika pintu dibuka oleh pemilik, langsung terlihat pocong yang telentang beralaskan tikar. Sebentar saja, lalu...

Dream - Warga Balikpapan digegerkan dengan kemunculan sosok misterius, yang menurut pengakuan mereka, adalah hantu berwujud Pocong.

Diungkapkan warga, hantu yang identik dengan kain putih itu kerap menampakkan diri dan mengetuk pintu-pintu rumah saat tengah malam, sekitar pukul 00:00 - 01:00 dini hari waktu setempat, di RT 02, 32 dan 39, TPI Manggar Baru, Balikpapan.

Beberapa warga pun mengaku resah atas peristiwa ini. Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya mengaku pernah beberapa kali mendengar suara minta tolong. Ia meyakini, suara tersebut datang dari sosok penampakan misterius itu, yang datang untuk minta dilepaskan tali kafannya.

" Bahkan, pocong mengetuk rumah warga. Ketika pintu dibuka oleh pemilik, langsung terlihat pocong yang telentang beralaskan tikar. Sebentar saja, lalu hilang," kata warga tersebut seperti dikutip dari Balikpapan Pos.

Meski begitu, sebagian warga lain masih menyangsikan kebenaran bahwa sosok itu adalah hantu pocong yang bergentayangan.

Salah satu tokoh agama setempat, ustaz Muhammad Kholil Said menanggapi kehebohan tersebut.

Pocong yang menghebohkan itu...

1 dari 4 halaman

Soal Asal Pocong yang Menghebohkan Itu

Kholil Said mengatakan, umat Islam wajib mempercayai adanya makhluk ghaib dari bangsa jin maupun makluk lainnya yang merupakan ciptaan Alam SWT.

Kholil memaparkan, bahwa bangsa jin bisa menyerupai berbagai macam rupa seperti pocong, hewan dan jenis makhluk lainnya.

Kata dia, kebiasan bangsa jin memang ada yang suka menakut-nakuti manusia dengan berbagai macam rupa termasuk berbentuk pocong yang menyerupai orang baru meninggal.

“ Jika beranggapan berasal dari orang yang baru meninggal dunia, itu tidak benar, itu kebohongan dan kedustaan yang amat parah,” kata dia.

Untuk mengusir jin, ia menyarakan, agar banyak membaca Ayat Kursi. 

2 dari 4 halaman

Warga Heboh, Pocong Gentayangan Minta Dilepas Kawat Giginya

Dream - Warga desa Margoyoso, Jepara, digegerkan sosok pocong yang berkeliaran untuk meminta tolong melepaskan kawat gigi yang masih terpasang pada jasad.

Dilansir dari Isknews.com (Info Seputar Kudus), resah dan dirubung penasaran dengan isu tersebut, warga akhirnya berbondong bondong datang ke areal pemakaman desa.

Mereka membongkar salah satu makam yang diduga jasad si pocong.

" Isu tersebut telah terdengar sejak Januari kemarin oleh beberapa warga. Bahkan beberapa warga mengaku melihatnya," ujar Fella, warga sekitar.

Belum jelas apakah penampakan pocong itu benar atau tidak. Banyak dari netizen tidak percaya.

3 dari 4 halaman

Geger Pocong Berkeliaran di Perkampungan

Dream - Warga Tanjung Unggat, Kecamatan Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, tengah resah. Sebab, di desa itu tengah merebak cerita tentang pocong yang saban malam berkeliaran di perkampungan warga.

Entah benar atau tidak. Yang jelas satu persatu kisah soal pocong ini muncul di tengah masyarakat Tanjung Unggat. Kisah yang menyebar dari mulut ke mulut menyebut pocong itu mendatangi warga, mulai di warung kopi hingga rumah, dan meminta dibukakan tali pocongnya.

Namun tak jelas betul, siapa yang pertama kali mengaku melihat pocong itu. Tak jelas pula siapa-siapa saja yang benar-benar melihat pocong itu. Sebab, sebagian besar warga yang bertutur soal pocong ini tak menyaksikan dengan mata kepala mereka. Hampir semua yang bercerita mengaku mendengar dari orang lain. Alias " katanya" .

" Si adik datang-datang langsung bilang katanya di Tanjung Unggat ada pocong gentayangan. Minta dibukain tali kafan. Benar kagak sih," kata salah satu warga, sebagaimana dikutip Dreamdari Merdeka.com, Rabu 25 Februari 2015. " Itu benar katanya," sahut warga yang lain.

Tapi yang jelas, sebagian warga di sana sedang ketakutan. Kisah pocong ini menyebar luas. Ketakutan warga membuat desa itu seperti kampung mati saat malam tiba. Setelah waktu Maghrib tiba, tak ada lagi warga yang berani keluar rumah.

Warga juga tak ada yang bereni melewati jalanan desa. Sebab, jalan menuju kampung yang berada di sekitar pesisir ini hanya satu. Jalan ini juga yang membelah pemakaman menjadi dua, di sisi kanan dan kiri jalan. (Ism, Sumber: Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Misteri Pocong di Kampung Jawa Terbongkar

Dream - Beberapa hari belakangan masyarakat di Kampung Jawa, Tawau Sabah, Malaysia, dihebohkan oleh video yang beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 13 detik itu terlihat “ pocong”.

Video itu ramai dibicarakan orang. Mereka membicarakan benda putih yang melompat-lompat di tengah kegelapan malam, di pinggir jalan. Masyarakat dirubung penasaran.

Warga yang resah kemudian memutuskan untuk menyelidiki video itu. Dirunut dari mana pertama kali menyebar. Dan akhirnya penelusuran itu membuahkan hasil.

Dari penelusuran itu diketahu bahwa pocong itu hanyalah tipuan anak-anak di Kampung Jawa. Bukan pocong sebagaimana mereka kira sebelumnya. Setelah teka-teki terbongkar, rasa penasaran itu sirna sudah.

Benda putih yang melompat-lompat dalam video itu hanyalah ranting kayu yang dibalut kain putih. Kain berisi ranting kayu itu ditarik-tarik dengan menggunakan tali dari sebuah pohon. (Ism, Sumber: Siakapkeli.my)

Beri Komentar