Permohonan Kasasi Prabowo-Sandiaga Tak Diterima MA

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 16 Juli 2019 14:40
Permohonan Kasasi Prabowo-Sandiaga Tak Diterima MA
Ada sejumlah alasan mengapa MA tak menerima gugatan Prabowo.

Dream - Mahkamah Agung (MA) tak menerima permohonan gugatan pelanggaran administrasi Pemilu 2019 yang kembali dilayangkan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Dilaporkan Liputan6.com, Juru Bicara MA, Abdullah mengatakan, permohonan tersebut dinyatakan tak diterima atau Niew Onvankelikjke verklaard.

" Artinya dari aspek syarat formal tidak terpenuhi. Majelis belum sampai memeriksa substansi permohonan," kata Abdullah, Selasa, 16 Juli 2019.

Pertimbangan hakim tak menerima permohonan itu karena obyek permohonan tidak tepat untuk dipersoalkan melalui sengketa pelanggaran administrasi Pemilihan Umum (Pemilu).

Objek pelanggaran administrasi pemilu berupa pembatalan penetapan pasangan calon sebagaimana yang dimaksudkan dalam pasal 463 ayat 4 dan 5 Undang-Undang Pemilihan Umum jo pasal 1 angka 13 Peraturan Mahkamah Agung nomor 4 tahun 2017 tentang tata cara penyelesaian pelanggaran administrasi pemilihan umum di Mahkamah Agung, tetapi dalam perkara ini keputusan yang dimaksud tidak pernah ada.

Abdullah menyebut MA bukan menolak permohonan gugatan tersebut. Istilah menolak, kata dia, tidak tepat digunakan karena Majelis Hakim belum memeriksa substansi perkara dan pemohon tidak dapat membuktikan dalil permohonannya.

" Jadi yang tepat permohonan dinyatakan tidak dapat diterima yang disingkat NO," ucap dia.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

2 dari 6 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark