Modus Tipu Biro Haji Palsu, Mulai Majelis Taklim Sampai Arisan

Reporter : Eko Huda S
Rabu, 28 September 2016 07:14
Modus Tipu Biro Haji Palsu, Mulai Majelis Taklim Sampai Arisan
Mereka ternyata tak bergerak sendirian, melainkan berjaringan.

Dream - Pola operasi biro travel haji tak berizin sudah dikenali oleh Kementerian Agama. Mereka ternyata tak bergerak sendirian, melainkan berjaringan.

“ Ia selalu bergerak dan berlindung dibalik travel haji berizin di Jakarta,” kata Kepala Bagian Tata Usaha, Kantor Wilayah Kemenag DI Yogyakarta, Lutfi Hamid, sebagaimana dikutip Dream dari laman kemenag.go.id, Selasa 27 September 2016.

Dia menambahkan, setelah mendapat jemaah, para biro travel haji tak berizin ini selalu menyetorkan daftarnya ke biro-biro yang memiliki izin.

“ Dan, masuknya melalui kantong-kantong pengajian majelis taklim, pola MLM, pola arisan, memanfaatkan figur tokoh tertentu, dan seterusnya.”

Pemerintah, kata Lutfi, sebetulnya tidak mengenal travel haji berizin. Sebab, biro travel haji dan umroh yang memiliki izin selama ini disebut dengan nama Penyelenggara Ibadah Haji Khusus atau PIHK.

“ Kalau sudah punya izin PIHK, ya, otomatis sudah punya izin umroh. Nah, travel berizin umroh itu disebut Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU),” ucap Lutfi.(Sah)

Beri Komentar