Muslim Mosul Perbaiki Biara yang Dirusak ISIS

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 2 Juni 2017 14:02
Muslim Mosul Perbaiki Biara yang Dirusak ISIS
Umat Muslim bergotong royong memperbaiki biara dengan semangat 'Mosul adalah milik Anda seklligus milik kita'.

Dream - Penguasaan ISIS atas kota Mosul, Irak, telah berakhir. Meski begitu, peninggalan ISIS meninggalkan bekas kerusakan yang begitu luas.

Hampir sebagian besar bangunan di Mosul hancur akibat pertempuran panjang militer pemerintah Irak melawan ISIS. Tidak hanya apartemen, biara umat Katolik pun turut menjadi korban.

Tetapi, kerusakan Mosul yang begitu hebat justru memunculkan toleransi antar umat beragama. Sejumlah Muslim bergotong royong memperbaiki Biara St George di kawasan Al Arabi, seperti dilaporkan Independent.

Muslim Mosul Perbaiki Gereja© Facebook/This Is Christian Iraq

Biara tersebut, yang menjalankan tradisi Katolik Chaldean, telah dirusak oleh militan ISIS.

Sejumlah foto diunggah di akun Facebook 'This Is Christian Iraq' memperlihatkan para relawan Muslim tengah membersihkan biara dari puing-puing bangunan.

Mereka melakukan ini untuk menunjukkan 'Mosul adalah milik Anda sekaligus milik kita' dan 'perbedaan kita adalah kekuatan kita'.

Muslim Mosul Perbaiki Gereja© Facebook/This Is Christian Iraq

ISIS telah merusak kubah biara, menghancurkan jendela dan merusak salib, menurut laporan sejumlah media.

Meski begitu, The Irish Times melaporkan awal tahun ini umat Nasrani merayakan Paskah di biara tersebut untuk pertama kalinya sejak 2014. Paskah tidak lagi digelar di Biara St George setelah Mosul dikuasai ISIS. (ism)

Beri Komentar