Pelunasan Biaya Haji Kini Bisa Lewat Mobile Banking

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 1 Maret 2019 19:00
Pelunasan Biaya Haji Kini Bisa Lewat Mobile Banking
Layanan non-teller disediakan guna memudahkan masyarakat.

Dream - Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag membuat layanan terbaru bagi calon jemaah haji. Mulai 2019, pelunasan biaya haji bisa dilakukan lewat mobile banking, tidak melalui teller bank.

" Tahun ini mulai diterapkan kebijakan non-teller," ujar Dirjen PHU Nizar Ali dikutip dari kemenag.go.id, Jumat 1 Maret 2019.

Nizar mengatakan kebijakan ini memudahkan calon jemaah haji dalam melakukan pelunasan. Para jemaah tidak perlu lagi repot datang ke Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH).

Meski demikian sistem baru ini tidak menghapus prosedur pelunasan melalui teller bank. " Transaksi non-teller merupakan alternatif kemudahan pembayaran dalam pelunasan BPIH," kata dia.

Selanjutnya, kata Nizar, bagi keluarga calon jemaah yang ingin melunasi BPIH, bisa membayar langsung menggunakan rekening pribadi. Keluarga tidak perlu lagi mengirimkan uang terlebih dulu ke rekening calon jemaah untuk kemudian dilakukan pelunasa.

" Pelunasan dapat dilakukan dari rekening lain (bukan rekening jemaah), dengan syarat banknya sama. Sehingga, anak bisa melakukan pembayaran setoran lunas BPIH orangtuanya," kata dia.

Jika sudah melunasi BPIH, calon jemaah bisa langsung mendaftar ke kantor wilayah Kementerian Agama di kabupaten/kota masing-masing. Syaratnya dengan membawa bukti pelunasan.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, menjelaskan selain cara pembayaran tadi, ada beberapa bank yang sudah menerapkan pelunasan BPIH melalui mobil banking, internet banking dan ATM. Beberapa bank itu seperti Mandiri Syariah, BRI Syariah, BNI Syariah.

" Tiga bank pertama siap memberlakukan internet dan mobile banking. Sedang ATM, baru akan dijajaki untuk diberlakukan Bank Muamalat Indonesia," ujar Muhajirin.

Menurut dia, pelunasan via ATM baru bisa dilakukan di Bank Muamalat karena pihak bank perlu menambahkan menu pelunasan terlebih dahulu. Untuk tahun ini, baru Bank Muamalat yang sudah memiliki fitur tersebut.

" Pelunasan non-teller ini dengan cara memasukkan nomor porsi, baik melalui sistem internet dan mobile banking, maupun ATM," ucap dia.

Inovasi pelunasan BPIH melalui non-teller bertujuan untuk memudahkan masyarakat. Karena, jika hanya melalui teller bank, masyarakat menghadapi kendala seperti keterbatasan jam kerja dan antrean.

Beri Komentar