Suhu Ekstrem Tanah Suci, Ini Persiapan Wajib Jemaah Umroh

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 7 Desember 2015 10:30
Suhu Ekstrem Tanah Suci, Ini Persiapan Wajib Jemaah Umroh
"Udara di Saudi sudah mulai dingin sekitar 15 hingga 20 derajat Celcius," kata Hasan Muhdi.

Dream – Salah satu yang harus diwaspadai umat muslim saat berada di Tanah Suci adalah cuaca ekstrem. Pada Desember ini, cuaca Arab Saudi agak sedikit dingin daripada biasanya. Namun terkadang dengan cepat berubah lebih dingin lagi.

Nah, bagi Anda yang ingin berangkat umroh, hendaknya melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di Tanah Suci. Untuk itulah biro perjalanan Alisan Tour & Travel. Mereka memberi pembekalan rombongan jemaah umroh yang akan berangkat 20 Desember mendatang.

“ Udara di Saudi sudah mulai dingin sekitar 15 hingga 20 derajat Celcius,” kata Hasan Muhdi, koordinator tour guide Alisan, di Haris Hotel Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu 5 Desember 2015.

Dia menambahkan, udara Saudi pada bulan Desember masih lebih bersahabat dibanding saat bulan Januari. Cuaca akan mulai menghangat di atas jam sembilan pagi. Sehingga para jemaah tidak perlu banyak membawa pakaian yang terlalu banyak.

“ Baru akan berubah dingin banget itu saat malam. Tapi memang harus dipersiapkan matang karena cuaca di sana itu nggak bisa diprediksi terutama setelah ashar menjelang mahgrib,” imbuh Hasan.

Bagi jemaah laki-laki, Hasan menyarankan cukup membawa empat setel pakaian. Selain itu, membawa sarung agar bawaan lebih ringkas. Sedangkan untuk jemaah perempuan, ia tegaskan, juga tidak perlu menbawa pakaian dalam jumlah banyak. “ Kurang lebih empat juga, paling ketambahan mukena ya.”

Hasan juga mengingatkan para jemaah untuk menyimpan pakaian umroh di dalam bagasi karena baru dibutuhkan saat tiba di Madinah. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan jaket dan pakaian seragam batik agar mudah menjadi penanda rombongan.

“ Terus kalau mau bawa obat-obatan dalam bentuk cair sebaiknya bawa yang sachet aja ya biar lolos di bandara,” ucap Hasan. 

Beri Komentar