Daftar Layanan Haji 2018 yang Paling Memuaskan Jemaah

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 23 November 2018 12:30
Daftar Layanan Haji 2018 yang Paling Memuaskan Jemaah
Masih banyak kendala soal fasilitas di Armina.

Dream - Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan hasil survei Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia 2018. Dari survei tersebut, jemaah haji 2018 mengaku puas dengan pelayanan yang ada.

" Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia tahun 2018 ini mencapai 85,23 persen telah memenuhi kriteria sangat memuaskan," kata Kepala BPS, Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Kamis, 22 November 2018.

Suhariyanto mengatakan, angka tersebut mengalami peningkatan 0,38 persen dibanding tahun lalu yang sebesar 84,85 persen.

Indeks kepuasan jemaah haji itu dinilai menggunakan rerata sejumlah indikator. Beberapa indikator yang dinilai diantaranya, pelayanan petugas sebesar 87,69 persen, transportasi bus antarkota 88,25 persen, pelayanan bus sholawat sebesar 87,65, pelayanan ibadah 87,12 persen, pelayanan katering non-Armina 86,91 persen.

Selain itu, jemaah juga dimintai pendapat mengenai layanan lain. Dari hasil itu, akomodasi hotel mendapat nilai sebesar 86,02 persen, pelayanan lain-lain sebesar 85,61 persen, pelayanan katering di Armina sebesar 84,38 persen, pelayanan bus Armina sebesar 81,09 persen, dan pelayan tenda sebesar 77,59 persen.

1 dari 1 halaman

Armina Masih Banyak Kendala

 Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala BPS Suhariyanto

Terkait dengan pelayanan jarak dari bandara, pelayanan jemaah selama di Madinah, Makkah, dan tempat-tempat lainnya selama di Arab Saudi penilannya lebih dari 80 persen.

" Kata yang sering disebut oleh petugas selama berhaji itu 'petugas'," ujar Suhariyanto.

Dalam survei itu, para jemaah kebanyakan mengeluhkan mengenai pelayanan ketika berada di Armina seperti tenda hingga toliet.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengaku berterima kasih atas survei yang dilakukan oleh BPS terkait indeks kepuasan jemaah haji. Selain dari survei ini, Lukman mengaku Kementerian Agama juga senantiasa melakukan evaluasi internal terkait pelayanan haji.

" Saya sungguh bersyukur, saya harus menyampaikan syukur berkali-kali atas paparan ini," ucap Lukman.(Sah)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone