Survei: Jemaah Haji Musim 2018 Merasa Lebih Puas

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 22 November 2018 18:02
Survei: Jemaah Haji Musim 2018 Merasa Lebih Puas
Anggota DPR soroti layanan dua maskapai yang digunakan, Garuda Indonesia dan Saudi Arabia.

Dream - Indeks Kepuasan Pelayanan Haji di Indonesia (IKPHDI) musim 2018 menunjukan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun ini, IKPHDI mencatat skot 87,21 atau naik 2,75 dari tahun sebelumnya sebesar 84,46/ 

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama, Muharam Marzuki, mengatakan tahapan penelitian dimulai sejak persiapan hingga kepulangan jemaah haji, dari 7 hingga 22 Mei 2018.

" Ini merupakan survei kali kedua," kata Muharam, dikutip dari kemenag.go.id, Kamis, 22 November 2018.

Dalam penilaian kepuasan jemaah haji, tim penilai membuat tiga indikator variabel dalam survei 2018, diantaranya, mengambil sampel 13 asrama haji embarkasi dengan total 1.950 responden, variabel pada keberangkatan jemaah haji reguler, dan kepulangan jemaah haji reguler.

" Kami tidak hanya sekadar survei, namun kami juga melihat secara langsung dari pelayanan kepada jemaah yang tersebar di 13 asrama haji embarkasi. Survei ini kami lakukan tanpa melakukan pemberitahuan kepada jemaah haji," ujar dia.

Anggota Komisi VIII DPR, Dessy Ratnasari, menyoroti survei terhadap kepuasaan layanan dua maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Arabia. " Terkait kepulangan, saya juga belum melihat di data, indikator terkait pelayanan imigrasi termasuk biometrik yang menjadi inovasi Kemenag. Jadi saya belum melihat kepuasaan jemaah dalam hal ini," ujar Dessy.

Selain biometrik, Dessy juga menyasar soal bagasi, pelayanan manasik haji di kabupaten atau kota termasuk ketepatan penyerahan buku panduan manasik kepada jemaah haji.

Menurut Dirjen PHU, Nizar Ali mengusulkan sejumlah tambahan survei untuk setahun ke depan. Terkait inovasi haji seperti porsi pergantian jemaah wafat, jemaah lansia, dan gagal sistem.

" Survei pendaftaran meski komprehensif. Begitu juga dengan pemberangkatan, misalnya pemastian visa jemaah dan pengkloteran. Secara umum saya menyambut baik hasil survei. Ini luar biasa dan sudah linear dengan layanan di luar negeri yang hari ini juga akan dirilis oleh BPS. Hasil survey ini menurut saya valid," kata Nizar.(Sah)

Beri Komentar
Bikin Geleng-geleng Kepala, 3 Mobil Ini Sukses Terjang Banjir