Zikir Pengganti Ibadah Untuk Wanita Sedang Haid

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 14 Januari 2022 20:00
Zikir Pengganti Ibadah Untuk Wanita Sedang Haid
Zikir ini dapat menjadi jalan untuk mengingat Allah saat haid.

Dream - Ketika haid, sebagian wanita mungkin merasakan mood yang kacau. Emosi mudah meluap, bahkan hanya karena masalah sepele.

Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi. Caranya dengan memperbanyak mengingat Allah.

Sayangnya, ketika haid wanita dilarang beribadah. Tidak boleh sholat, puasa, bahkan membaca Alquran.

Kesannya, jalan mengingat Allah seperti tertutup. Sebab, segala amalan ibadah tidak boleh dikerjakan.

Ada jalan bagi seorang wanita mengingat Allah. Jalan tersebut yaitu mengistiqamahkan berzikir dengan lafal ini.

 

1 dari 5 halaman

Zikir Saat Haid

الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin

Artinya,

" Segala puji bagi Alah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa."

Sumber: Bincang Muslimah

2 dari 5 halaman

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu yang Penting untuk Diamalkan

Dream – Sholat fardhu adalah sholat lima waktu yang terdiri dari sholat subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya, dan hukumnya adalah wajib. Namun dalam menjalankan sholat fardhu, ada baiknya jika melengkapinya dengan berdzikir dan membaca doa setelah sholat fardhu.

Dzikir sendiri sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, termasuk setelah menyelesaikan sholat fardhu. Bahkan dalam Islam menganjurkan setiap umatnya agar selalu berdzikir kapan saja dan di mana saja. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwyatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah saw bersabda:

Perumpamaan antara orang yang dzikir pada Tuhannya dan yang tidak, seperti antara orang yang hidup dan yang mati.” (HR. Imam Bukhari).

Seperti dikutip dari islam.nu.or.id, dalam kitab al-Adzkar oleh Imam Nawawi pada Babul Adzkar ba’dash Shalah, para ulama sudah bersepakat mengenai sunahnya dzikir setelah menyelesaikan sholat memiliki dasar dari banyak hadis shahih. Bahkan bacaan yang dibaca pun sangatlah beragam.

Berikut adalah bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu sebagaimana telah dikutip oleh Dream melalui Merdeka.com.

3 dari 5 halaman

Dzikir setelah Sholat Fardhu

Dzikir setelah Sholat Fardhu© Unsplash.com

Saat sahabat Dream telah menyelesaikan sholat fardhu, maka alangkah baiknya jika meluangkan waktu sejenak untuk membaca doa setelah sholat fardhu atau berdzikir. Ada beragam bacaan dzikir yang bisa dibaca. Berikut adalah doa setelah sholat fardhu atau dzikir sebagaimana dikutip melalui Merdeka.com.

Saat membaca doa setelah sholat fardhu, mula-mula adalah membaca istighfar sebanyak tiga kali seperti berikut ini:

" Astghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih."

Setelah membaca istighfar sebanyak tiga kali, dilanjutkan doa setelah sholat fardhu yang bacaannya berikut ini:

" Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa ‘alaa kulli syai’innqodiir."

Setelah itu bisa dilanjutkan dengan doa setelah sholat fardhu untuk memohon agar selalu mendapatkan perlindungan dari siksa api neraka. Sahabat Dream bisa membaca doa berikut ini:

" Allahumma ajirni minan-naar."

Dilanjutkan dengan membaca doa untuk memuji Allah SWT. Bacaan untuk memuji Allah SWT yang bisa kamu baca adalah sebagai berikut:

" Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya’uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata’alayta yaa dzaljalaali wal ikraam."

4 dari 5 halaman

Dzikir setelah Sholat Fardhu

Setelah itu, sahabat Dream bisa membaca surat Al-Fatihah yang dilanjutkan dengan ayat kursi yang ada dalam Al-Quran surat Al Baqarah ayat 225 sebagai berikut:

Surat Al-Fatihah:

" Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdu lillaahi robbil 'aalamiin. Arrohmaanir rohiim. Maaliki yaumid diin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shiroothol mustaqiim. Shiroothol ladziina an'amta 'alaihim, ghoiril maghdhuubi 'alaihim waladh dhooooolliiiiiin."

Ayat Kursi atau Surat Al-Baqarah: 225:

" Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta'khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih. Ya'lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min 'ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal 'aliyyul 'azhiim."

Kemudian dilanjutkan dengan membaca tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil yang masing-masingnya sebanyak 33 kali.

TasbihSubhanallah (33 kali)

TahmidAlhamdulillah (33 kali)

TakbirAllahu akbar (33 kali)

TahlilLailaha illallah (33 kali).

5 dari 5 halaman

Doa setelah Sholat Fardhu

Doa setelah Sholat Fardhu© Unsplash.com

Setelah selesai berdzikir, selanjutnya sahabat Dream bisa memanjatkan doa setelah sholat fardhu. Doa ini tak hanya memuji Allah SWT saja, tetapi juga memohon ampunan dan harapan-harapan lainnya kepada Allah SWT. Berikut adalah bacaan doa setelah sholat fardhu yang bisa sahabat Dream panjatkan:

" Bismillahirrahmaanirrahiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin, hamdan yuwaafii ni’amahu wayukaafii maziidahu. Ya Rabbanaa lakal hamdu amaa yan baghhi lijalaali wajhika wa’azhiimi sulthaanika. Allahumma shalli’alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Allahumaa rabbanaa taqabbal minna shalaataana washiyaamanaa warukuu’anaa wasujuudanaa waqu’uudanaa watadlarru’anaa, watakhasysyu’anaa wata’abbudanaa, watammim taqshiiranaa yaa Allah yaa Rabbal’aalamiin. Rabbana dzhalamnaa anfusanaa wa-inlamtaghfirlana watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin. Rabbanaa walaa tahmil’alainaa ishran kama hamaltahul’alal ladziina min qablinaa."

Artinya:

“ Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Dengan puji yang sebanding dengan nikmat-Nya dan menjamin tambahannya. Ya Allah Tuhan Kami, bagi-Mu segala puji dan segala apa yang patut atas keluhuran DzatMu dan Keagungan kekuasaanMu. " Ya Allah! Limpahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan sanak keluarganya.

Ya Allah terima salat kami, puasa kami, ruku kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyu' kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama salat ya Allah. Tuhan seru sekalian alam.

Ya Allah, Kami telah aniaya terhadap diri kami sendiri, karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan-Mu dan rahmat-Mu niscaya kami akan jadi orang yang sesat. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan atas diri kami beban yang berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami. Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang di luar kesanggupan kami. Ampunilah dan limpahkanlah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Ya Allah Tuhan kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agama-Mu.

Ya Allah Tuhan kami, janganlah engkau sesatkan hati kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkaulah yang maha Pemurah.

Ya Allah Ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa dosa orang tua kami, dan bagi semua orang Islam laki-laki dan perempuan, orang orang mukmin laki-laki dan perempuan. Sesungguhnya Engkau dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

Maha suci Engkau, Tuhan segala kemuliaan. Suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para Rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam."

Itulah bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu yang bisa sahabat Dream baca. Jadi, usahakanlah setelah sholat fardhu tidak langsung beranjak, namun tetaplah berada di tempat sholat sejenak dan melakukan dzikir serta berdoa. Sahabat Dream bisa memohon ampun kepada Allah SWT dan juga memohon apa yang diinginkan.

Beri Komentar