Mau Berkurban, Hewan Jantan Atau Betina?

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 30 Juli 2018 06:01
Mau Berkurban, Hewan Jantan Atau Betina?
Terkadang, kita menjadi bingung untuk menentukan lebih baik mana berkurban dengan hewan jantan atau betina.

Dream - Kurban merupakan ibadah sunah yang dikerjakan dengan menyembelih hewan. Kita bisa memilih berkurban dengan kambing atau sapi.

Terdapat ketentuan dalam Islam terkait hewan kurban. Hewan yang dikurbankan harus sehat, dan cukup umur ditandai dengan gigi sudah ada yang tanggal atau belum.

Terkadang, seseorang kadang menjadi bingung soal jenis kelamin. Apakah berkurban harus dengan hewan jantan atau betina?

Dikutip dari NU Online, tidak ada penjelasan baik dalam ayat Alquran maupun hadis terkait kelamin hewan untuk kurban. Para ulama mengandaikannya dengan hewan untuk aqiqah.

Seperti dijelaskan oleh Imam An Nawawi dalam Majmu' Syarh Al Muhadzdzab. Imam An Nawawi mengatakan ketentuan mengenai jenis kelamin hewan kurban dianalogikan dengan hadis mengenai ketentuan memilih jenis kelamin hewan untuk aqiqah.

" Dan diperbolehkan dalam berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Sebagaimana mengacu pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ummu Kuraz dari Rasulullah SAW, bahwa beliau pernah bersabda, '(Aqiqah) untuk anak laki-laki adalah dua kambing dan untuk perempuan satu kambing.' Baik berjenis kelamin jantan atau betina, tidak masalah."

Imam An Nawawi kemudian menyimpulkan apabila jenis kelamin hewan tidak dipersoalkan dalam aqiqah, maka berlaku pula untuk kurban.

" Jika dalam hal aqiqah saja diperbolehkan dengan landasan hadis tersebut, maka hal ini menunjukkan kebolehan untuk menggunakan hewan berjenis kelamin jantan maupun betina dalam kurban. Karena daging jantan lebih enak dari daging betina, dan daging betina lebih lembap."

Selengkapnya...

Beri Komentar