Meraih Buah Ketakwaan dengan Cara Ini

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 9 Oktober 2018 08:03
Meraih Buah Ketakwaan dengan Cara Ini
Kedirian manusia menjadi penghambat untuk meraih buah ketakwaan

Dream - Menjadi manusia yang bertakwa merupakan tujuan setiap Muslim. Untuk bisa mencapai derajat ketakwaan yang tinggi tidaklah mudah.

Banyak godaan bagi mereka yang menyatakan diri konsisten menaati perintah Allah SWT dan menjauh larangan-Nya. Godaan merupakan ujian. Bagi yang lulus, mereka akan meraih buah ketakwaan yang sempurna.

Dikutip dari bincangsyariah, buah ketakwaan itu tidak lain adalah Furqan. Ia adalah pembeda antara yang haq dan yang batil.

Furqan juga merupakan kunci keselamatan di dunia. Ia mencegah manusia dari perilaku maksiat dan membuatnya condong kepada keimanan.

Ibnu Atha'illah dalam Al Hikam memberikan penjelasan sebagai berikut.

" Kuburlah wujudmu di dalam bumi kerendahan (ketiadaan); maka segala yang tumbuh namun tidak ditanam (dengan baik) tidak akan sempurna buahnya."

Penjelasan di atas mengarahkan kita untuk senantiasa menekan kedirian. Maksudnya, berusaha untuk terus merendah.

Sebab, perilaku dasar dari manusia tidak lain adalah ingin diakui, dipandang paling hebat, dan sebagainya. Dalam psikologi, kita mengenalnya dengan istilah eho.

Untuk meraih buah takwa yang kita idamkan tersebut, Ibnu Atha'illah memberikan cara yang paling manjur. Kita harus sebisa mungkin berusaha untuk mengubur ego dalam ketiadaan.

Dengan begitu, kita bisa mengenali siapa diri kita sesungguhnya. Kitapun bisa meraih buah takwa atas petunjuk Allah SWT.

Selengkapnya...

(ism)

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Laksanakan Wasiat, Alvin Faiz dan Adiknya Jadi Imam Solat Jenazah Ustaz Arifin Ilham