Meninggal Akibat Tsunami Termasuk Mati Syahid, Ini Penjelasannya

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 4 Oktober 2018 16:01
Meninggal Akibat Tsunami Termasuk Mati Syahid, Ini Penjelasannya
Syahid tidak hanya bagi mereka yang berjihad di jalan Allah SWT.

Dream - Duka tengah menyelimuti bangsa Indonesia. Usai diuji dengan gempa Lombok, masyarakat yang tinggal di Palu dan sekitarnya merasakan getirnya dihantam bencana.

Bahkan tiga bencana sekaligus, mulai gempa bumi, tsunami, dan tanah amblas. Ribuan orang meninggal dalam peristiwa memilukan ini.

Meski begitu, kita harus yakin para korban meninggal adalah syahid. Rasulullah bahkan menjamin kesyahidan ini dalam hadisnya yang diriwayatkan Muslim dari Abu Hurairah RA.

" Rasulullah Muhammad SAW bersabda, 'Apa yang dimaksud orang yang mati syahid di antara kalian?' Para sahabat menjawab, 'Wahai Rasulullah, orang yang meninggal di jalan Allah itulah orang yang mati syahid.' Rasulullah bersabda, 'Kalau begitu, sedikit sekali jumlah umatku yang mati syahid.' Para sahabat berkata, 'Lantas siapakah mereka wahai RasululLah?' Rasulullah bersabda, 'Barangsiapa terbunuh di jalan Allah maka dialah syahid, dan siapa yang mati di jalan Allah juga syahid, siapa yang mati karena penyakit kolera juga syahid, siapa yang mati karena sakit perut juga syahid.' Ibnu Miqsam berkata, 'Saya bersaksi atas ayahmu mengenai hadis ini, bahwa Nabi juga berkata, 'Orang yang meninggal karena tenggelam juga syahid'."

Terdapat pula riwayat lain mengenai meninggal syahid. Hadis tersebut diriwayatkan An Nasa'i.

" Rasulullah SAW bersabda, 'Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah memberikan pahala kepadanya sesuai niatnya, apa yang kalian ketahui tentang mati Syahid?' Mereka berkata, 'Berperang di jalan Allah Azza wa Jalla.' Rasulullah SAW besabda, 'Mati syahid ada tujuh macam selain berperang di jalan Allah Azza wa Jalla; Orang yang meninggal karena penyakit tha’un (wabah pes) adalah syahid, orang yang meninggal karena sakit perut adalah syahid, orang yang meninggal tenggelam adalah syahid, orang yang meninggal tertimpa benda keras adalah syahid, orang yang meninggal karena penyakit pleuritis adalah syahid, orang yang mati terbakar adalah syahid dan seorang wanita yang mati karena hamil adalah syahid."

Hadis kedua lebih merinci siapa saja orang yang meninggal dalam keadaan syahid. Di antaranya adalah tenggelam dan tertimpa benda keras.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tips Model Hijab Untuk Wajah Berbentuk Bulat | #OneMinuteWithDream