Kisah Jenaka Pria Cadel Bikin Musuh Rasul Gemetar

Reporter : Syahid Latif
Senin, 1 Oktober 2018 06:03
Kisah Jenaka Pria Cadel Bikin Musuh Rasul Gemetar
Apa ucapan yang membuat salah satu penentang Nabi jadi cemas dan protes?

Dream - Sebuah kisah cukup menghibur terjadi saat peristiwa pembebasan kota Mekah (fathul makkah) yang terjadi di zaman Rasululllah Muhammad SAW. Kisah ini melibatkan seorang sahabat Nabi dan salah satu musuh terbesarnya, Abu Sufyan.

Untuk diketahui, fathul makkah adalah salah satu peristiwa bersejarah dalam dunia Islam. Di hari itulah Rasulullah dan para sahabatnya kembali ke Mekah setelah hijrah dari Madinah.

Mengutip laman nu.or.id, Pakar bidang Tafsir Prof KH Nasaruddin Umar dalam buku Khutbah-khutbah Imam Besar (2018) menceritakan, di tengah kemenangan Nabi dan kaum Muslimin dalam peristiwa fathul makkah terjadi satu peristiwa.

Ketika Abu Sufyan dan para pembesar Quraisy akhirnya menyerah dan bersedia mengikuti petunjuk Nabi Muhammad.

Kala itu Nabi meminta para pimpinan pasukannya untuk menyatakan, al-yaum yaumal marhamah (hari ini hari kasih sayang).

Mendengar permintaan tersebut, seorang sahabat Nabi spontan berteriak: al-yaum yaumal malhamah. Jika diterjemahkan ucapan itu berarti hari ini adalah hari pertumpahan darah.

Sontak ucapan itu membuat penduduk Mekah yang tadinya gembira mendengar ucapan Nabi kembali diselimuti ketakutan. Termasuk salah satu pemimpin Bani Quraisy, Abu Sufyan.

Dia melayangkan protes dan mempertanyakan ucapan sahabat Nabi tersebut.

Melihat warga Mekah dan Abu Sufyan cemas, Rasulullah lalu menjawab tidak begitu maksudnya. Sahabat itu lidahnya cadel. Rasul menjelaskan jika sahabatnya itu tidak bisa menyebut huruf ra, sehingga huruf ra terucap la.

Penyelesaian Fathul Makkah berjalan sangat manusiawi meskipun menyalahi tradisi perang Arab yang penuh dengan pertumpahan darah, perampasan, dan lain-lain. Namun kasih sayang Nabi Muhammad lebih besar dalam hal ini sehingga betul-betul tidak ada balas dendam.

Baca kisah selengkapnya di sini

 

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi