Allah dan Malaikat Bersholawat kepada Rasulullah, Maknanya?

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 30 September 2018 18:03
Allah dan Malaikat Bersholawat kepada Rasulullah, Maknanya?
Sholawat tidak hanya dilakukan umat Islam.

Dream - Amalan yang paling sering disarankan seorang Muslim kepada saudaranya adalah sholawat. Amalan ini sungguh ringan, cukup dengan mengucap kalimat 'Allahumma sholli 'ala muhammad'.

Bagi umat Islam, sholawat juga merupakan bentuk doa. Kalimat ini juga merupakan pujian terhadap Rasulullah Muhammad SAW.

Rupanya, Allah dan malaikat juga bersholawat kepada Rasulullah SAW. Mengapa demikian?

Dikutip dari NU Online, dalil yang membuktikan Allah SWT bersholawat atas Rasulullah SAW adalah Surat Al Ahzab ayat 56.

" Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya selalu bershalawat kepada Nabi Muhammad. Wahai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian kepadanya dan bersalamlah dengan sungguh-sungguh."

 

1 dari 1 halaman

Ini Maknanya

Terkait makna dari ayat ini, para ulama memberikan banyak sekali penjelasan. Terutama terkait sholawat yang dimaknai sebagai doa.

Imam Al Qurtubi dalam kitab Tafsir Al Qurtubi menjelaskan shalawat Allah kepada Rasulullah bukanlah doa, melainkan bentuk rahmat dan keridhaan-Nya. Sholawatnya para malaikat berarti permohonan ampunan mereka bagi Rasulullah.

Sedangkan sholawatnya umat Islam adalah doa sekaligus pengagungan atas kedudukan Rasulullah SAW. Sehingga, sholawat yang disampaikan Allah, malaikat, dan umat Islam memiliki makna yang berbeda satu dengan lainnya.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair