Redakan Rasa Nyeri, Baca Alquran Selama 10 Menit

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 8 Oktober 2018 10:00
Redakan Rasa Nyeri, Baca Alquran Selama 10 Menit
Alquran mengandung khasiat sebagai syifa.

Dream - Tidak ada yang bisa membantah Alquran diturunkan sebagai kitab suci dan petunjuk hidup bagi umat Islam. Tetapi, ada hal lain yang juga luar biasa dalam Alquran.

Ternyata, Alquran mengandung faedah sebagai syifa (obat), lebih tepatnya penenang. Alquran memberikan ketenangan bagi orang yang membacanya, termasuk meredakan nyeri dalam tubuh.

Fungsi Alquran sebagai syifa tertuang dalam Surat Al Israa ayat 82, yang artinya sebagai berikut.

" Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

Dikutip dari bincangsyariah, Syeikh Muhammad Al Amin Asy Syinqith dalam Tafsir Adhwaul Bayan menjelaskan maksud dari syifa yang terkandung dalam Alquran.

" Obat yang mencakup obat bagi penyakit hati/jiwa, seperti keraguan, kemunafikan, dan perkara lainnya. Bisa menjadi obat bagi jasmani jika dilakukan ruqyah kepada orang yang sakit. Sebagaimana kisah seseorang yang terkena sengatan kalajengking diruqyah dengan membacakan Al-Fatihah. Ini adalah kisah yanh shahih dan masyhur."

Terdapat penelitian ilmiah terkait fungsi Alquran sebagai syifa. Penelitian yang dipresentasikan pada " International Conference on Cross Cultural Collaboration in Nursing for Sustainable Development" menunjukkan temuan membaca Alquran dalam 10 menit mampu menurunkan skala nyeri.

Penelitian ini dijalankan pada 31 pasien usai operasi Caesar di Rumah Sakit Nur Hidayah Yogyakarta. Hasilnya, 16 pasien mengalami penurunan rasa nyeri.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Cantik Saat Bukber dalam 1 Menit? Ini Tutorialnya | #OneMinuteWithDream