Rasul Belum Pernah Puasa Tasu`a, Mengapa Dianjurkan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 19 September 2018 18:02
Rasul Belum Pernah Puasa Tasu`a, Mengapa Dianjurkan?
Puasa Tasua merupakan pengiring puasa Asyura.

Dream - Hari ini merupakan tanggal 9 Muharram. Sesuai urutannya, hari ini dinamai dengan Tasu'a yang artinya 'kesembilan'.

Umat Islam dianjurkan melaksanakan untuk melaksanakan puasa tasu'a. Puasa ini untuk mengiringi puasa asyura yang jatuh pada 10 Muharram.

Maksud dari anjuran ini agar umat Islam tidak menyamai amalan yang dikerjakan umat Yahudi. Pada hari Asyura, umat Yahudi juga melaksanakan puasa satu hari saja.

Anjuran itu didasarkan pada perintah Rasulullah Muhammad SAW. Perintah itu tertuang dalam hadis riwayat Muslim dan Abu Dawud dari Ibnu Abbas RA.

" Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan orang agar berpuasa padanya, mereka berkata, 'Ya Rasulullah, ia (Asyura) adalah suatu hari yang dibesarkan oleh orang Yahudi dan Nasrani.' Maka Rasulullah SAW bersabda, 'Jika datang tahun depan, insya Allah kita berpuasa juga pada hari kesembilan'." Ibnu Abbas berkata, " Maka belum lagi datang tahun berikutnya itu, Rasulullah SAW pun wafat."

Hadis di atas menyebutkan Rasulullah SAW belum pernah melaksanakan puasa tasu'a. Lantas, mengapa dianjurkan?

 

1 dari 1 halaman

Sudah Diazamkan Rasulullah

Dream - Dikutip dari bincangsyariah, dalam hadis riwayat Muslim dan Abu Dawud di atas, Rasulullah SAW sudah bersabda akan melaksanakan puasa pada 9 Muharram. Tetapi, Rasulullah wafat lebih dulu sebelum amalan itu dilaksanakan.

Sehingga, meskipun secara fi'liyah Rasulullah SAW belum mengerjakannya, puasa tasu'a tetap dianjurkan dengan kedudukan hukum sunah. Ini karena secara qauliyah Rasulullah sudah mengazamkannya.

Para sahabat lantas mengerjakan puasa tasu'a usai meninggalnya Rasulullah. Amalan ini diteruskan oleh generasi Tabi'in hingga saat ini.

Sebagian ulama menyebut amalan puasa tasu'a masuk dalam golongan sunah hamiyah. Artinya, sunah ini baru dicita-citakan, namun belum dilaksanakan hingga Rasulullah meninggal.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi