Haid di Tengah Puasa Asyura, Hilangkah Pahalanya?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 19 September 2018 14:03
Haid di Tengah Puasa Asyura, Hilangkah Pahalanya?
Umat Islam sangat dianjurkan melaksanakan puasa Asyura.

Dream - Umat Islam mendapat perintah dari Rasulullah Muhammad SAW untuk melaksanakan puasa Asyura. Perintah yang merupakan anjuran ini untuk memberikan perlakuan istimewa untuk tanggal 10 Muharram yang juga istimewa.

Sebagian saudara kita sangat bersemangat menjalankan anjuran ini. Mereka bahkan jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk melaksanakan puasa Asyura, termasuk kaum hawa.

Tetapi, para wanita terkadang menghadapi kendala meski sudah berniat atau sedang menjalankan puasa asyura. Di tengah hari, bahkan beberapa menit sebelum azan maghrib mereka mengalami haid.

Jika hal ini terjadi, apakah pahala ibadah puasa asyura pada wanita yang haid di tengah jalan menjadi hilang?

 

1 dari 1 halaman

Puasa Jadi Sia-sia?

Dream - Dikutip dari bincangsyariah, persoalan ini dibahas dalam fatwa ulama Mesir pada Darul Ifta' Al-Misriyyah.

" Jika wanita itu disyariatkan berpuasa di hari Asyura, lalu tiba-tiba ada udzur yang memaksanya untuk berbuka (haid). Maka, pahalanya adalah telah berada di sisi Allah, tidak berkurang dengan izin Allah. Dan Allah Maha Pemurah terhadap hamba-Nya terkait masalah ganjaran dan pahala. Allah Yang Maha Suci dan Luhur yang lebih tahu."

Kaum hawa tidak perlu khawatir jika mengalami haid secara tiba-tiba padahal sedang puasa asyura. Insya Allah, puasa yang sudah dikerjakan tetap dicatat tanpa pengurangan meskipun tidak selesai sehari penuh.

Karena jika puasa dilanjutkan justru berdosa. Sebab, wanita haid terlarang untuk melaksanakan puasa.

Selengkapnya...

 (ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone