Berpuasa Sunah Asyura Lupa Niat, Batal?

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 17 September 2018 20:01
Berpuasa Sunah Asyura Lupa Niat, Batal?
Niat adalah inti dari ubudiyah (amalan-amalan ibadah).

Dream - Niat memiliki peran yang sangat penting dalam ibadah. Tidak sekadar ucapan, niat berisi kesungguhan seseorang ketika hendak melakukan ibadah, terutama yang bersifat wajib.

Beberapa ibadah yang mengharuskan adanya niat adalah sholat, puasa, zakat, dan haji. Di luar ibadah itu, niat tetap dianjurkan untuk dibaca.

Jika melaksanakan puasa sunah Asyura misalnya, tapi lupa belum membaca niat, apakah puasanya menjadi batal?

Dikutip dari bincangsyariah, tata cara puasa sunah dengan wajib adalah sama. Keduanya juga mensyaratkan adanya niat.

Tetapi, ada perbedaan terkait niat antara puasa sunah termasuk Asyura dengan puasa wajib. Jika niat puasa sunah dilakukan usai Subuh, maka puasanya tetap sah.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Imam An Nawawi dalam kitabnya Syarh Shahih Muslim. Mayoritas ulama menyatakan niat di siang hari tidak membatalkan puasa sunah yang sedang dikerjakan.

 

1 dari 1 halaman

Ini Dalil Hukumnya

Dasarnya adalah hadis riwayat Bukhari dari Aisyah RA.

" Rasulullah SAW berkata kepadaku suatu hari, 'Wahai Aisyah, kamu punya sesuatu (untuk dimakan)?' Saya berkata, 'Tidak ada wahai Rasul.' Rasulullah SAW kemudian bersabda, 'Kalau begitu hari ini saya puasa.'

Dalam riwayat lain, Aisyah RA melanjutkan penjelasannya.

" Rasulullah SAW kemudian keluar. Kemudian, kami diberikan hadiah (sejenis berkat). Aisyah RA, 'Kemudian, ketika Rasulullah SAW kembali ke rumah, aku berkata, 'Wahai Rasulullah SAW suamiku, kita diberikan hadiah. Dan, sudah saya simpan sebagian untukmu.' Rasulullah SAW berkata, 'Apa isinya?' Aku berkata, 'Kurma yang dicampur dengan minyak zaitun dan gandum (hayyis). Rasulullah SAW berkata, 'Bawa sini.' Aisyah lalu mengeluarkan hadiah tadi, dan Rasulullah SAW memakannya. Kemudian, beliau berkata, 'Loh, tadi pagi kan saya sudah (niat) puasa."

Riwayat di atas menunjukkan kebolehan melakukan niat puasa sunah di siang hari. Bahkan apabila niat diucapkan lama setelah Subuh, tetap dibolehkan selama belum kemasukan makanan.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone