Bahaya Bermain-main Akad Nikah

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 19 September 2018 08:01
Bahaya Bermain-main Akad Nikah
Akad nikah adalah syarat sahnya sebuah pernikahan.

Dream - Pernikahan merupakan ikatan sakral antara dua insan manusia lawan jenis. Ikatan ini dinyatakan sah setelah terjadinya akad nikah.

Akad nikah sendiri merupakan prosesi yang sakral. Tidak boleh ada kesalahan sedikit saja saat penyelenggaraan prosesi ini.

Karena dianggap begitu suci, seorang mempelai pria kerap diminta untuk mempersiapkan kondisi psikisnya. Ini agar tidak terjadi kesalahan ketika mengucap ikrar suci pernikahan.

Terkadang, ada penghulu yang menuntun seorang mempelai pria untuk lebih dulu belajar membaca akad nikah. Tentu, hal ini dilakukan agar prosesi akad nikah berjalan lancar.

Lantas, bagaimana hukum akad yang terucap dalam rangka percobaan?

 

1 dari 2 halaman

3 Hal Sah Meski Tidak Serius

Dream - Dikutip dari konsultasi syariah, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan percobaan akad nikah. Karena, rupanya akad nikah yang terucap meskipun dalan kondisi hanya main-main hukumnya tetap sah.

Hal ini didasarkan pada hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi.

" Ada tiga hal, seriusnya dianggap serius, main-mainnya juga dianggap serius, nikah, talak, dan rujuk."

 

2 dari 2 halaman

Penjelasan Ulama

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni menjelaskan maksud hadis di atas sebagai berikut.

" Jika ada orang yang melakukan akad nikah dengan main-main atau karena terpaksa, status akadnya sah, karena Nabi SAW bersabda, 'Ada 3 hal, seriusnya dianggap serius, main-main-nya juga dianggap serius, nikah, talak, dan rujuk.' Riwayat Turmudzi. Dan juga diriwayatkan dari Al Hasan, dari Nabi SAW, 'Siapa yang nikah main-main, atau menceraikan istrinya main-main, atau membebaskan budaknya main-main, maka itu sah.' Umar mengatakan, 'Ada 4 hal yang sah ketika sudah diucapkan, talak, nikah, membebaskan budak, dan nazar. Dan ada 4 hal yang tidak ada istilah main-main di sana: talak, membebaskan budak, nikah, dan nadzar'."

Akad nikah ini sah jika memenuhi persyaratan seperti di hadapan wali dan ada saksi. Sehingga, sebisa mungkin tidak main-main dengan prosesi akad nikah. Jikapun percobaan, hendaknya dilakukan tanpa adanya wali dan saksi.

Selengkapnya...

(ism)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone