Moslem Friendly, Cicipi Kuliner Halal Ini Saat ke Singapura

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 24 Januari 2019 17:07
Moslem Friendly, Cicipi Kuliner Halal Ini Saat ke Singapura
Yuk ke Singapura.

Dream - Bukan rahasia lagi Singapura menjadi destinasi bagi pecinta kuliner dari berbagai penjuru dunia, tak terkecuali dari Indonesia. Meski hanya memiliki luas total 716 km2, Singapura merupakan negara dengan beragam budaya.

Hal itu tak lepas dari rekam jejak masa lampau kala Singapura menjadi pos perdagangan yang membuat berbagai pedagang dari China, India, Kepulauan Malaysia hingga Eropa bermigrasi ke Negeri Singa.

Beragam etnis, termasuk warga Muslim, Melayu, dan Arab dengan ciri khasnya masing-masing pun bercampur menjadi satu kebudayaan.

Dengan kekayaan budayanya, tak heran Singapura memiliki beragam menu makanan yang menjadi surga penikmat kuliner. Oleh karena itu, wajar jika saat ini wisata kuliner di Singapura merupakan satu di antara cara unik, yang mana dapat membuat para pengunjung dapat mengenal kearifan budaya lokal.

Kaki Lima Hingga Chef Ternama

 Singapore Tourism Board

©Singapore Tourism Board

Di Singapura, Sahabat Dream bisa menikmati ragam kuliner mulai dari hidangan kaki lima yang terjangkau dengan atmosfer hiruk pikuk khas Singapura hingga hidangan kreasi chef dunia ternama di restoran berbintang. Tidak hanya itu, terdapat berbagai macam pilihan sajian halal menggugah selera bagi para wisatawan Muslim.

Berdasarkan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018 hasil dari Mastercard Crescentrating, Singapura berada di peringkat pertama dengan menjadi destinasi wisata ramah muslim di antara negara-negara non-OIC, mengungguli Thailand, Inggris, dan Jepang.

Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan menemukan makanan halal di Singapura. Misalnya, coba susurilah Orchad Road. Jalanan paling beken di Singapura bahkan dunia itu tak hanya menawarkan pengalaman berbelanja, namun juga kuliner. Anda bisa menemukan berbagai masakan terkenal dunia di kawasan itu.

 Singapore Tourism Board

©Singapore Tourism Board

Untuk restoran halal, Anda bisa mencoba Minang House yang menyajikan Nasi Padang tradisional. Atau bisa juga mampir di Charlie Brown Cafe. Hanya, siap-siap bingung ya, karena kafe ini menyajikan menu-menu yang dijamin sangat cute dan Instagrammable.

Setelah seharian menjelajahi Orchard Road, jangan lupa bersantap malam di Restoran MacKenzie Rex yang ternama dengan Nasi Ayamnya. Atau jika masih belum terlalu lapar, bisa mencicipi kebab di Shiraz Mazzeh, sebuah jaringan makanan siap saji dari Timur Tengah. Jadi, sudah pasti halal, ya.

Untuk kalangan vegetarian, Singapura juga punya yang terbaik buat Anda. Coba kunjungi Papparich, yang memiliki menu vegetarian yang dijamin memuaskan, misalnya Vegetarian Nasi Lemak atau Vegetarian Curry Mutton.

Kuliner otentik

 Singapore Tourism Board

©Singapore Tourism Board

Bertualang kuliner sambil berburu mural untuk selfie tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi area Kampong Glam. Di sini, Anda tetap bisa menunaikan ibadah sambil berwisata religi di Masjid Sultan. Pastinya, tidak diragukan lagi pilihan sajian halal sangat " menjamur" di kawasan ini.

Ada masakan halal India yang bakal membuat lidah bergoyang. Coba mampir ke Restoran Zam Zam dan Victory, yang terletak bersebelahan. Aroma rempah-rempah khas India yang memenuhi indra penciuman membuat petualangan kuliner Anda makin berkesan.

Namun, jika sedang kangen masakan Indonesia, datangi saja Warong Nasi Pariaman untuk menyantap Nasi Padang dengan kelezatan tiada tara.

Sahabat Dream sebaiknya tiba sebelum jam makan siang atau malam untuk menghindari antrean karena warung yang berdiri sejak 1948 ini selalu ramai dikunjungi mereka yang ingin membuktikan kelezatan satu di antara warung legendaris di Singapura ini.

Tak jauh dari kawasan Kampong Glam, cukup dengan berjalan kaki menyusuri jalan kecil. Anda akan menjumpai restoran Italia bernama Positano Risto dan bisa memesan spageti atau piza di sana. Restoran ini juga cukup bersahabat bagi kalangan vegetarian.

Tak cukup hanya itu, buat penggemar masakan Jepang seperti ramen, Anda pun bisa memuaskan kecintaan pada jenis makanan satu ini dengan bersantap di The Ramen Stall, satu di antara pilihan masakan Jepang yang halal.

Masih belum puas? Petualangan kuliner bisa berlanjut di Beirut. Sesuai namanya, itu adalah nama restoran yang menyajikan masakan Lebanon terkenal, seperti Hummus, Shish Taouk, dan Mezze Platter.

Jika datang ke sini saat weekend, mungkin Anda bisa menyaksikan liukan bellydancer yang menari secara langsung mengikuti tabuhan drum saat Anda bersantap baik di dalam maupun luar restoran.

Perpaduan unik

 Singapore Tourism Board

©Singapore Tourism Board

Setelah menikmati kehangatan malam di Chinatown Street Market, mampir saja di Segar Restaurant yang menyajikan masakan China-Singapura yang lezat dan tentunya halal. Atau, setelah mengunjungi Masjid Jamae Chulia, Anda juga bisa bersantap di Taj Authentic Indian Cuisine yang lokasinya hanya bersebelahan, untuk sajian Biryani serta satu set menu vegetarian India.

Jika Anda belum cukup lapar, habiskan sore Anda dengan secangkir kopi di Royz Et Vous dengan menu camilan khas barat.

Hidangan halal di Singapura juga bisa dinikmati tengah malam dengan mengunjungi kawasan Mustafa Center di Little India yang buka selama 24 jam penuh.

Sakunthala’s Food Palace merupakan kedai India Muslim yang terkenal dengan sajian kepala ikannya atau Komala Vilas Restaurant yang cocok bagi para vegetarian.

Rasakan perpaduan unik antara cita rasa hidangan Cina dan India di Fifth Season untuk pengalaman kuliner yang berbeda.

Beragam pengalaman seru di atas semakin menegaskan Singapura merupakan destinasi yang bukan hanya sekadar tempat berlibur wisatawan, melainkan juga tempat Mewujudkan Impian Anda Menjadi Nyata dengan mengeksplor kebudayaan unik melalui sajian kuliner beragam.

Beri Komentar
Twitter Akan Punya Fitur Mirip Instastory