Kunci Merebus Ceker Biar Tak Berbau Amis

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 25 Februari 2021 15:00
Kunci Merebus Ceker Biar Tak Berbau Amis
Wajib tahu sebelum measak ceker.

Dream - Banyak orang yang suka menyantap ceker atau kaki ayam karena memang tekstur dagingnya lembut dan nikmat. Terutama jika diolah dengan tepat dan dibumbui sesuai selera.

Mengolah ceker memang sedikit menantang. Bila salah mengolah, aroma amis dari ceker akan tercium dan bikin selera makan hilang. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara merebus ceker dengan benar.

Untuk mengolah ceker, cara pertama yang dilakukan adalah dengan merebusnya. Terkadang, setelah merebusnya ceker masih berbau amis dan berlendir. Untuk itu, kamu perlu menambahkan beberapa bahan agar ceker tak bau dan berlendir.

Bahan:
- 1/2 kg ceker ayam
- 1/2 buah jeruk nipis, diperas airnya saja
- 1 sdt garam
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 2 batang serai
- 1/2 sdt kunyit bubuk

 

1 dari 5 halaman

Cara merebus:

- Cuci bersih ceker ayam, kupas kulit yang tebal di bagian bawah dengan pisau
- Rebus ceker sebanyak 3 kali. Rebusan pertama, didihkan air, masukkan ceker, garam, air perasaan jeruk nipis. Rebus selama 5 menit, buang airnya dan cuci bersih lagi
- Rebusan kedua, didihkan air, masukkan serai, daun salam, daun jeruk, jahe, dan bubuk kunyit. Masukkan ceker dan rebus hingga 10 menit. Angkat dan buang airnya
- Untuk rebusan ketiga, masukkan ceker dan air, lalu rebus hingga mendidih. Diamkan selama 5 menit. Tiriskan
- Setelah melakukan tiga tahapan tadi, baru olah ceker sesuai selera

Lihat tips memasak lainnya di Diadona.id

2 dari 5 halaman

Aman Mengolah Ayam Mentah, Jangan Sampai Jadi Keracunan

Dream – Ayam memiliki reputasi yang buruk pada keamanan pangan. Hal ini karena ayam mentah membawa bakteri salmonela yang dapat menyebabkan seseorang keracunan makanan.

Untuk menghindari keracunan makanan, sebaiknya berhati-hati dalam memilih dan mengkonsumsi ayam. Ada 4 hal penting yang harus dijadikan kebiasaan saat mengolah ayam mentah. Tentunya demi kesehatan dan keamanan seluruh anggota keluarga.

Aman Mengolah Ayam Mentah, Jangan Sampai Jadi Keracunan© MEN

1. Simpan ayam di tempat dingin
Ayam segar harus dijaga tetap dingin agar umur penyimpanan lebih lama dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya. Jangan terlalu lama membiarkan ayam yang dibeli terlalu lama di suhu ruangan.

Simpan ayam di kulkas bersuhu dingin atau freezer dan tutup rapat jika memang tak mau langsung diolah. Sebisa mungkin untuk langsung mengkonsumsi ayam di hari yang sama saat pembelian, maksimal penyimpanan di kulkas selama 2 hari.

2. Cairkan ayam beku dengan tepat
Jangan pernah mencairkan ayam beku di microwave karena gelombang mikro di microwave menghasilkan panas yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena menggabungkan suhu yang berbahaya.

Cara yang tepat untuk mencairkan ayam beku adalah dengan menurunkannya dari freezer sehari sebelum pemakaian. Taruh ayam di kulkas bawah agar tidak terjadi pembekuan terus-menerus.

 

3 dari 5 halaman

3. Cegah pertumbuhan bakteri berbahaya
Sama seperti daging, ikan atau produk makanan hewani lainnya, ayam mentah mengandung bakteri. Cara untuk mencegah bakteri berkembang dengan 2 cara yaitu mendinginkan atau memanaskan.

Pembekuan pada daging tidak membunuh bakteri melainkan hanya membuatnya dingin, bila ingin membunuh bakteri harus memasaknya dengan suhu panas hingga matang secara menyeluruh.

Ayam mentah© Ayam mentah

4. Hindari kontaminasi silang
Kekhawatiran ini juga menjadi perhatian, kontaminasi silang, misalnya ayam mentah di potong di atas talenan dan setelahnya talenan tersebut dipakai untuk memotong tomat tanpa dicuci terlebih dahulu. Tomat tersebut dapat terkontaminasi bakteri dari ayam. Kemudian tomat dimakan secara mentah dalam salad, bisa saja yang memakannya jadi keracunan makanan.

Kontaminasi juga dapat terjadi di lemari es. Ayam mentah bisa bocor dan cairan yang menetes mencemari barang sekitarnya, maka dari itu simpanlah ayam dalam keadaan tertutup rapat dan atau disimpan di rak paling bawah.


Laporan Josephine Widya/ Sumber: The Spruce Eats

4 dari 5 halaman

Berapa Harga Semangkuk Mi Ayam di New York, Amerika Serikat?

Dream - Mi ayam termasuk makanan yang disukai banyak orang. Rasanya nikmat, bikin kenyang, mudah ditemui di mana pun dan bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Di Indonesia, harga mi ayam mulai dari Rp10.000 saja.

Jika Sahabat Dream tinggal di New York, Amerika Serikat tentu tak semudah itu bisa mendapatkan semangkuk mi ayam. Jika ada harganya pun pasti agak mahal. Wahyu Ichwandardi, ilustrator asal Indonesia yang bekerja di New York menceritakan pengalamannya mencari mi ayam di New York.

Melalui akun Twitter @pinotski, ia bercerita kalau baru saja membeli mi ayam keriting. Harganya ternyata cukup terjangkau untuk ukuran New York yaitu US $2,2 atau sekitar Rp30ribu.

Bakmi Aloi© Twitter Pinotski

" Terberkatilah penyedia mie keriting Indonesia di AS ini. Rasanya sungguh otentik, ngobatin kangen makan mie keriting di Pertok (Fitria) Pondok Indah. Harga juga affordable (setara dng Rp 30 ribuan),"  tulisnya.

 

 

5 dari 5 halaman

Mi ayam tersebut bukan dijual dalam keadaan setengah matang. Dikemas per bungkus untuk dihangatkan. Menurut Wahyu rasanya otentik dan bisa mengobati rindunya pada mi ayam di Indonesia.

Twitter @pinotski© Twitter @pinotski

Bakmi keriting itu dari kemasannya terlihat bermerek Aloi, yang kedainya banyak tersebar di Jakarta Barat dan Utara. Siapa sangka bakmi ini ternyata sudah 'go international'.

Beri Komentar