Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Oki Setiana Dewi Terharu Melihat Perjuangan Muslim di Eropa

Oki Setiana Dewi Terharu Melihat Perjuangan Muslim di Eropa (Foto: Dokumentasi Oki Setiana Dewi)

Dream - Oki Setiana Dewi mengatakan, umat Muslim di Indonesia harus bersyukur karena hidup di tengah penduduk mayoritas pemeluk Islam. Sehingga dengan mudah menemukan fasilitas untuk beribadah. Namun berbeda cerita dengan umat Muslim yang menjadi minoritas, seperti di Spanyol yang baru dia kunjungi.

"Mereka harus berjalan puluhan kilometer untuk bisa sholat di mushola," kata Oki di Jakarta Selatan, Senin 3 April 2017.

Dulu, kata Oki, Spanyol merupakan salah satu pusat kejayaan Islam. Namun setelah itu, Islam tak lagi terlihat di negeri Matador tersebut. "Setelah berjaya selama 800 tahun, kemudian Islam runtuh. Selama beratus-ratus tahun Islam enggak ada," ujar dia.

Menurut Oki, Islam di Spanyol baru menggeliat kembali dalam 40 tahun terakhir. Generasi pertama era kebangkitan itu, sekitar tahun 1970, membuat masjid di Granada. Sedangkan saat ini, generasi ke dua kebangkitan itu, tengah bergerak untuk membangun masjid di Seville.

Oki Setiana Dewi

"Saya pernah bertanya kepada anak-anak muda ini, 'mengapa kalian melakukan ini?'. Dan kata mereka 'Ini bukan untuk kami, Muslim Spanyol, ini untuk Muslim seluruh dunia. Dengan adanya masjid orang akan tahu bahwa Islam itu ada. Bahwa Islam itu eksistensinya masih terlihat'," kata Oki, menjelaskan interaksinya dengan Muslim Spanyol.

Oki mengatakan, masyarakat Spanyol kebanyakan melihat orang Muslim tak lebih dari sekadar pengungsi. Belum lagi stigma negatif terhadap yang muncul akibat informasi yang keliru.

Oleh karena itu, umat Islam di Spanyol ingin membuktikan bahwa Islam tak seperti prasangka masyarakat Barat. "Oleh sebab itu mereka butuh masjid yang bagus, yang bersih, yang cantik untuk merepresentasikan bahwa Islam adalah agama yang cantik, yang indah, yang bersih dan damai," tutur Oki.

Oki Setiana Dewi

Pemain film 'Ketika Cinta Bertasbih' membandingkan kondisi Islam di Spanyol dengan Indonesia. Menurut dia, di Tanah Air, umat Muslim sungguh beruntung karena memiliki banyak masjid yang ukurannya besar serta indah.

"Tapi tidak terlalu penuh masjidnya. Di sana mushola mereka kecil sekali, mushola kecil di basement, di lantai paling bawah, tapi penuh sesak," kata Oki.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ciri-Ciri Pemimpin Zalim Menurut Islam, Akibat dan Ancaman bagi Orang yang Mengikutinya

Ciri-Ciri Pemimpin Zalim Menurut Islam, Akibat dan Ancaman bagi Orang yang Mengikutinya

Ciri-ciri pemimpin zalim menurut Islam ialah bahwa mereka memiliki sikap yang buruk di mata masyarakat.

Baca Selengkapnya
Muslim China Ditraktir Pertama Kali Makan Rendang, Auto Ketagihan Sampai Minta Tukar Kewarganegaraan Ingin Pindah ke Indonesia

Muslim China Ditraktir Pertama Kali Makan Rendang, Auto Ketagihan Sampai Minta Tukar Kewarganegaraan Ingin Pindah ke Indonesia

Ma Erzhao dan Fiona mengaku selama ini tidak pernah makan makanan dari Indonesia.

Baca Selengkapnya
6 Sifat Muslimah yang Tidak Boleh Dinikahi, Laki-Laki Harus Waspada!

6 Sifat Muslimah yang Tidak Boleh Dinikahi, Laki-Laki Harus Waspada!

Dengan memiliki istri sholeha, seseorang akan mendapatkan pendamping hidup yang selalu mendukung dan menginspirasi menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.