8 Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati, Insya Allah Pikiran Turut Jernih

Reporter : Arini Saadah
Senin, 5 Desember 2022 22:01
8 Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati, Insya Allah Pikiran Turut Jernih
Simak bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati berikut ini!

Dream – Kesabaran dan ketenangan hati merupakan dua hal yang diperlukan dalam menyikapi kehidupan. Terlebih kehidupan manusia setiap tahun semakin berat dan terasa sangat keras sehingga dibutuhkan mentak kuat dan lihai dalam menghadapi cobaan.

Sebagai Muslim, kita dianjurkan membaca doa diberi kesabaran dan ketenangan hati. Sabar disertai hati yang tenang adalah kunti untuk mencari solusi. Jika pikiran tenang dan jernih, kita bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Lantas bagaimana bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati? Cari tahu jabawannya di bawah ini!

1 dari 5 halaman

1. Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati saat Sakit

Banyak doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dapat Sahabat Dream panjatkan. Salah satunya adalah doa diberi kesabaran dan ketenangan hati ketika sedang sakit. Doa ini dikutip dari Al-Quran Surat Al-Anbiya ayat 83, yang merupakan doa yang dibaca Nabi Ayub AS saat sedang menerima ujian penyakit kulit yang parah.

اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ

Inni massaniya adh-dhurrh wa antra arhamur-rahimin

Artinya:

“ (Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.” (QS. al-Anbiya: 83)

2 dari 5 halaman

Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Kamu juga bisa mengamalkan bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dipanjatkan Nabi Daud AS di bawah ini.

2. Surat Al-Baqarah ayat 250

Doa diberi kesabaran dan ketenangan hati berikut dikutip dari Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 250.

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Artiny:

“ Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

3. Surat An-Naml ayat 15

Selanjutnya, bacaan doa diberi kesabaran dan ketenangan hati dikutip dari Al-Quran surat An-Naml ayat 15.

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:

“ Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman.”

3 dari 5 halaman

4. Doa Ketenangan Hati

Ilustrasi© Shutterstock.com

Banyak cara untuk mendapatkan ketenangan hati. Setiap orang pasti memiliki cara tersendiri untuk menghalau kecemasan. Salah satunya adalah dengan membaca doa diberikan ketenangan hati. Doa ini bisa membantu menenangkan hati Sahabat Dream di saat gundah.

Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni wal ‘ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

" Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

5. Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Doa diberi kesabaran dan ketenangan hati selanjutnya dikutip dariSurat Thaha ayat 25-28. Doa agar hati tenang yang satu ini pernah diamalkan oleh Nabi Musa AS ketika beliau menghadapi Raja Fir'aun. Berikut bacaan doanya:

Rabbish rahli sadri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatam millisani, yafqahu qauli.

Artinya:

" Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.

4 dari 5 halaman

6. Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Masih banyak bacaan doa agar diberi kesabaran dan ketenangan hati. Berikut doa yang diambil dari Surat Al-Baqarah ayat 250. Doa ini pernah diamalkan oleh tentara Talut ketika melawan tentara Jalut.

Rabbanaa afrigh 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya:

" Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

7. Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Doa agar diberi ketenangan selanjutnya dikutip dari hadis Rasulullah SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya:

" Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

5 dari 5 halaman

8. Doa Diberi Kesabaran dan Ketenangan Hati

Jika hidup diliputi masalah yang tak ada ujungnya, kamu bisa membaca doa agar hati tenang di bawah ini:

Allahumma inni ‘abduka wabnu ‘abdika wabnu amatik, naashiyatii biyafik, maadlin fi hukmika, adlun fi qadlaika, as’aluka bikulli ismin huwa laka sammaita bihi nafsak, aw anzaltahu fi kitabik, aw ‘allamtahu ahadan min khalqik, awis ta’tsarta bihi fi ilmil ghaibi ‘indak, an taj’ala qur’ana rabi’a  qalbi wanuura shadri wajalaa’a huzni wadzahaba hammi.

Artinya:

“ Ya Allah, sungguh aku ini adalah hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, anak dari hamba perempuan-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, ketentuan-Mu berlaku pada diriku, keputusan-Mu adil terhadapku. Aku memohon kepada-Mu dengan semua nama yang merupakan milik-Mu, nama yang engkau lekatkan sendiri untuk menamai diri-Mu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang di antara hamba-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, agar engkau menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihanku dan pelenyap keresahanku.”

Itulah beberapa doa diberi kesabaran dan ketenangan hati yang dapat kamu amalkan setiap hari. Dengan bacaan doa di atas, semoga kita semua senantiasa dilimpahi ketenangan dan kesabaran yang tiada batasnya.

Beri Komentar