Bentar Lagi Ngunduh Mantu, Ini Daftar Tamu Undangan Jokowi

Reporter : Okti Nur Alifia
Senin, 28 November 2022 11:00
Bentar Lagi Ngunduh Mantu, Ini Daftar Tamu Undangan Jokowi
Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap, Presiden Jokowi akan mengundang banyak tamu dari berbagai kalangan dalam acara itu.

Dream - Resepsi ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan digelar di Pura Mangkunegaran pada Desember 2022. Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap, Presiden Jokowi akan mengundang banyak tamu dari berbagai kalangan dalam acara itu.

Erick, sebagai Ketua Pelaksana Pernikahan Kaesang dan Erina, belum mengetahui secara detail siapa saja tamu yang akan diundang. Namun dia menyebut Duta Besar menjadi salah satu yang diundang.

" (Undangan) ya secukupnya, nanti dibagi. Bapak Presiden Jokowi tidak mungkin tidak mengundang duta besar," ujar Erick di sela gladi bersih kegiatan ngunduh mantu, di Pura Mangkunegaran, Minggu 27 November 2022.

Selain duta besar, pria berusia 52 tahun itu juga mengatakan para kepala daerah, terutama gubernur, juga akan diundang.

" Kalau duta besar diundang, terus gubernur tidak diundang, nanti gimana? Loh kok menghormati yang asing, kita yang bekerja keras bersama-sama saat Covid kok tidak? Salah lagi nanti kita," katanya.

1 dari 6 halaman

Tamu Undangan Lainnya

Presiden juga bakal mengundang para petinggi lembaga negara, di antaranya pejabat BPK, DPR, MPR dan DPD. Dengan banyaknya tamu negara tersebut, akan ada protokol yang mengaturnya.

" Nanti juga ada teman-teman Mas Kaesang yang akan diundang. Mulai dari teman di dunia sepak bola hingga YouTuber," jelasnya.

" Mas Kaesang temannya kan banyak. Ada yang dari dunia sepak bola, pengusaha, belum teman-teman YouTuber ya kan, banyak juga. Ini kan masih diatur ya, kita harus atur bagaimana ini baik jangan sampai berlebihan," tandasnya.

2 dari 6 halaman

Erick Menganggap Kaesang Seperti Ponakan Sendiri

Erick Thohir mengungkap sudah menganggap Kaesang Pangarep seperti keponakan. Hal ini yang menjadi latar belakang dirinya menjadi ketua pelaksana pernikahan putra bungsu Jokowi itu.

" Mas Kaesang sudah seperti keluarga saya, keponakan lah," ujar Erick usai gladi pernikahan di Puro Mangkunegaran.

Kaesang juga sangat dekat dengan anak Erick, Aga Thohir, yang sama-sama tengah membangun dan mengembangkan Persis Solo. Sebagai sebuah keluarga, ucap Erick, sudah sepantasnya ia membantu Kaesang dalam mempersiapkan hari istimewanya.

" Adalah hal yang lumrah pada keluarga Indonesia dan orang timur pada umumnya untuk saling membantu sesama keluarga dalam acara atau hajatan besar," ucap Erick.

3 dari 6 halaman

Erick mengatakan, rasa gotong-royong merupakan salah satu kekuatan bangsa yang harus terus dilestarikan. Sebagai sebuah keluarga, tentu harus saling membantu.

" Tapi kadang-kadang orang senang membangun persepsi Menteri BUMN sibuk (ngurusin pernikahan), itu keliru. Bagi saya, Kaesang sudah jadi keponakan sendiri, ya saya dengan senang hati membantu,” ujar Erick menambahkan.

Sumber: Merdeka.com

 

4 dari 6 halaman

Pamer Foto Buku Nikah, Ini Maskawin Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Dream - Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep akhirnya memamerkan foto untuk buku nikah bersama Erina Gudono. Foto itu menampilkan keduanya memakai kemeja putih polos berlatar biru.

Bersama dengan foto itu, Kaesang memohon doa serta menuliskan kata-kata romantis untuk sang calon istri.

“ Bismillah minta doanya menuju halal sama perempuan paling sempurna buat aku di dunia,” tulis Kaesang dalam Instagram pribadinya @kaesangp.

Adik dari Gibran Rakabuming Raka itu tampak tersenyum tipis. Sementara Erina berpose dengan rambutnya yang tergerai dan memakai lipstik merah. Riasan Puteri Indonesia Yogyakarta itu nampak natural.

kaesang pangarep erina gudono© Instagram @kaesangp“ Niat yang baik dan doa yang baik semoga diijabah olehNya. Amin ya Rabb,” kata Erina merespons unggahan Kaesang.

5 dari 6 halaman

Akad Nikah

Unggahan Kaesang itu lantas dipenuhi komentar dari netizen, termasuk Raffi Ahmad dan Inul Daratista yang mengirim emotikon love alias hati.

Diketahui akad pernikahan Kaesang dan Erina akan berlangsung pada 10 Desember 2022 di Yogyakarta. Pasangan ini juga sudah melengkapi berkas persyaratan pernikahan di KUA Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

kaesang pangarep erina gudono© Instagram @kaesangp

" Iya (datang) untuk kroscek data yang sudah masuk sambil melengkapi data yang masuk kita cocokkan kepada yang bersangkutan," kata Kepala KUA Kecamatan Depok Muhammad Wiyono, dikutip dari Merdeka.com, Sabtu, 26 November 2022.

6 dari 6 halaman

Maskawin

Wiyono mengungkapkan maskawin pernikahan Kaesang-Erina adalah seperangkat alat sholat dan uang tunai. Hal inin diketahui dari entry data yang diisi dari pihak pengantin.

" Maskawin nanti untuk keperluan entry data. Untuk sementara (maskawin) seperangkat alat salat dan ada tambahan uang Rp300 ribu. Sementara itu," tutur Wiyono.

Sementara untuk saksi pernikahan, Wiyono mengatakan pihaknya belum bisa membeberkannya. Meski demikian sudah ada nama saksi pernikahan yang sementara ini sudah dimasukkan data KUA.

" Kepastian (saksi pernikahan) kami belum bisa (memberitahu). Ini masih sementara, kemarin gitu. Nanti kalau ada perubahan kan kita masih memberi kesempatan," tutup Wiyono.

Beri Komentar