Fakta Menarik Kotak Hitam AirAsia QZ8501

Reporter : Sandy Mahaputra
Kamis, 8 Januari 2015 14:31
Fakta Menarik Kotak Hitam AirAsia QZ8501
Berikut adalah penjelasan tentang kotak hitam dan betapa pentingnya informasi yang dikandung di dalamnya.

Dream - Penemuan ekor pesawat AirAsia QZ8501 memunculkan harapan Tim SAR untuk menemukan kotak hitam atau black box yang merupakan bagian penting dunia penerbangan.

Perekam suara di kokpit dan perekam data penerbangan dianggap elemen penting dalam mencari tahu penyebab bencana penerbangan komersial.

Pejabat Tim SAR Indonesia mengatakan tim pencarian dan penyelamatan QZ8501 sekarang 'berjuang' untuk menemukan kotak hitam (yang sebenarnya berwarna oranye).

Berikut ini penjelasan tentang kotak hitam dan betapa pentingnya informasi yang dikandung di dalamnya untuk mengungkapkan penyebab kecelakaan pesawat. Cek halaman berikutnya!

(Sumber: CNN)

1 dari 4 halaman

Isi Kotak Hitam

Isi Kotak Hitam © Dream

Dream - Kotak hitam terdiri dari dua alat yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Perekam suara di kokpit mengandung setiap rekaman suara yang terjadi di pesawat. Mulai dari percakapan antara pilot, suara peringatan dari sistem pesawat hingga informasi berbentuk suara lainnya.

" Mungkin juga suara pramugari menawarkan kopi kepada pilot, jika itu ada," kata Desmond Ross, ahli keselamatan penerbangan dari Amerika. " Semua yang terjadi di atas pesawat direkam."

Sementara itu, perekam data penerbangan menyimpan informasi tentang keadaan dan performa pesawat saat terbang.

" Perekam data penerbangan akan memberikan informasi tentang semua aspek yang terjadi dengan pesawat ketika terjadi kecepatan - mulai dari kecepatan, ketinggian, dan pengaturan untuk masing-masing panel instrumen," kata Greg Waldron, redaktur pelaksana Flightglobal, sebuah situs yang khusus membahas industri penerbangan.

Waldron kemudian menjelaskan mengenai kotak hitam termasuk letak dan cara mengambilnya.

Menurut Waldron, pesawat AirAsia QZ8501 adalah jenis Airbus A320-200 yang menyimpan kotak hitam di bagian ekornya. Bagian ini telah diambil gambarnya oleh para penyelam dari Angkatan Laut Indonesia di dasar Laut Jawa pada Rabu kemarin.

Waldron mengatakan mengeluarkan kotak hitam dari runtuhan pesawat tidak terlalu sulit.

" Jika mereka menemukan ekor QZ8501 dan memiliki alat yang tepat, mereka seharusnya bisa mengambilnya dari bagian ekor dengan mudah tanpa perlu mengangkatnya ke permukaan," katanya.

" Itu hal yang tidak sulit karena (mengambil kotak hitam) merupakan bagian dari perawatan saat pesawat di darat."

Namun laporan di lapangan mengatakan penyelam kesulitan karena kotak hitam diduga terkubur dalam lumpur dan arus dalam laut juga deras.

Mencopot kotak hitam seperti melepas sebuah hard disk dari komputer yang rusak, tambah Waldron. " Jadi dilakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati."

CEO AirAsia Tony Fernandes juga agak menyangsikan apakah yang ditemukan oleh tim penyelam adalah bagian ekor yang memuat kotak hitam.

" Saya yakin bagian ekor pesawat telah ditemukan," kicau Fernandes di akun Twitter-nya. " Jika itu bagian kanan ekor pesawat QZ8501 maka kotak hitam pasti ada di situ."

2 dari 4 halaman

Jika Kotak Hitam Terlepas dari Ekor

Jika Kotak Hitam Terlepas dari Ekor © Dream

Dream - Waldron khawatir alat perekam penerbangan tersebut mungkin terpisah dari ekor pesawat saat jatuh, mengingat belum ada laporan yang mengatakan telah mendeteksi sinyal darurat yang dipancarkan oleh locator beacon atau pinger yang tertempel di kotak hitam.

" Mungkin alat itu jatuh dan ini akan menjadi masalah baru," kata Waldron.

Namun meski kotak hitam terlepas dari ekor, mungkin tim penyelam akan bisa menemukannya dalam hitungan beberapa hari atau minggu.

Sementara itu, Peter Goelz, mantan direktur Badan Nasional Keselamatan Transportasi AS (NTSB), mengatakan kotak hitam bisa sulit untuk dideteksi, bahkan jika pinger masih menempel.

" Kotak hitam sering tertutup lumpur dan logam. Anda harus berada dalam jarak sangat dekat dengannya," katanya.

" Sulit untuk menemukan sesuatu di laut. Kami butuh berhari-hari untuk menemukan kotak hitam TWA 800. Kami berada tepat di atasnya. Tapi sinyal pingers tak pernah kami tangkap."

Kekuatan baterai pingers QZ8501 diperkirakan tinggal 20 hari.

3 dari 4 halaman

Kotam Hitam Bisa Mengungkap Semuanya?

Kotam Hitam Bisa Mengungkap Semuanya? © Dream

Dream - Para ahli mengatakan dan optimis bisa. " Kita bicara tentang kepastian hampir 100% bahwa kita akan mendapatkan semua jawaban dari kedua kotak tersebut," kata Ross.

" Jika kedua pilot melakukan percakapan soal kondisi sesaat sebelum kecelakaan, maka bagian perekam suara akan mengungkap semuanya," katanya kepada CNN.

Sementara bagian perekam data penerbangan akan memberitahu semua kecepatan, tingkat ketinggian, tekanan kabin dan segala sesuatu yang tidak beres di saat-saat akhir penerbangan.

Kendati demikian, kotak hitam tidak menyediakan semua gambaran kecelakaan penerbangan kepada tim penyelidik.

Mantan inspektur keselamatan penerbangan di Federal Aviation Administration, David Soucie menyamakan penyelidikan kecelakaan pesawat dengan mengupas bawang menjadi bagian-bagian dan menyatukannya lagi dari dalam ke luar.

Soucie mengatakan tim penyelidik akan mempetakan puing-puing yang ditemukan di permukaan laut dan kemudian mencari bukti-bukti lain yang mungkin tenggelam.

" Mungkin mereka turun 50 kaki atau lebih, untuk melihat apakah ada puing-puing yang mengambang di dalam air," kata Soucie. " Mereka terus turun dan melakukan pemetaan selanjutnya. Mereka harus bisa memperkirakan dengan tepat bagaimana arus membawa bagian-bagian dari pesawat bergerak."

Selama penyelidikan Penerbangan Air France 447, lebih dari 150.000 gambar dari situs reruntuhan pesawat di Samudera Atlantik diambil.

" Hal itu penting agar tercipta 'gambar mosaik' yang bisa memberikan tim penyelidik gambaran yang komprehensif dari lokasi runtuhan pesawat," kata David Gallo, seseorang yang ikut memimpin pencarian pesawat jet Perancis itu yang jatuh pada 2009.

4 dari 4 halaman

Berapa Lama Baca Kotak Hitam?

Berapa Lama Baca Kotak Hitam? © Dream

Dream - Jika ekor QZ8501 diangkat, kotak hitam akan dibawa ke Jakarta untuk dianalisis.

" Akan ada proses sangat hati-hati saat membuka dan mengekstrak data dari kotak hitam," kata Waldron.

Proses tersebut akan direkam dan harus diserahkan kepada pihak berwenang. Ini memakan proses yang panjang.

Untuk mengekstrak data dari kotak hitam dibutuhkan sofware khusus.

Dari pengalaman, laporan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tentang kecelakaan Adam Air 574 yang jatuh di perairan Sulawesi menjelang Tahun Baru 2007 lalu baru selesai lebih dari satu tahun kemudian.

Namun untuk QZ8501 ini kemungkinan laporan akan rampung paling tidak dalam satu tahun mendatang.

" Penyelidikan tersebut membutuhkan banyak analisis dan banyak penelusuran kembali ke belakang," kata Waldron.

Beri Komentar