Gelar Salat Istisqo, GP Anshor Imbau Umat Tak Saling Tuding

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 30 Oktober 2015 16:45
Gelar Salat Istisqo, GP Anshor Imbau Umat Tak Saling Tuding
"Salat Istisqo digelar untuk membantu beberapa wilayah yang sangat membutuhkan hujan. Sebab, tiada lain pertolongan hanya kepada Allah,"

Dream - Belum turunnya hujan di sejumlah tempat berdampak pada kebakaran hutan, kekeringan, dan sulitnya penanganan musibah kabut asap. Tergerak pada problematika itu, sayap organisasi Nahdatul Ulama (NU), Gerakan Pemuda (GP) Anshor menggelar salat meminta hujan, salat Istisqo di halaman Kantor GP Anshor, Kramat Raya, Jakarta, Jumat 30 Oktober 2015.

Wakil Ketua GP Anshor Alfa Isnaeni, berharap salat Istisqo yang dilakukan organisasinya bisa membantu meredakan musibah kebakaran hutan dah kabut asap.

" Salat Istisqo yang digelar hari ini dalam rangka karena untuk membantu beberapa wilayah yang sangat membutuhkan hujan. Sebab, tiada lain pertolongan hanya kepada Allah," katanya usai melaksanakan salat Istisqo.

Salat Istisqo yang digelar GP Anshor, menurut Alfa, sebetulnya digelar serentak di seluruh Indonesia. Hanya saja, waktu pelaksanaannya tidak bebarengan.

" Sebagian warga ada yang melaksanakan di hari Kamis lalu. Yang lainnya ada yang besok (Sabtu)," jelasnya.

Menanggapi kebakaran hutan dan kabut asap yang terjadi, Alfa meminta masyarakat tidak saling menyalahkan. Dia pun berharap masyarakat tidak lantas melakukan boikot terhadap perusahaan yang kabarnya bertanggung jawab atas kebakaran hutan dan lahan.

" Ini murni musibah alam. Kita tidak berhak memboikot produk (perusahaan) tertentu. Mari kita berikhtiar," harapnya.

Selain menghelat salat Istisqo, GP Anshor juga turut menanggulangi masalah kebakaran hutan dan musibah asap yang terjadi. " Balakar (Banser untuk Laskar Pemadaman Kebakaran) selalu kami turunkan," pungkasnya.

Beri Komentar