Wajib Tahu! Kumpulan Bahasa Gaul Anak Zaman Now yang Viral di Medsos, Paling Baru Slebew

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 26 Juli 2022 14:48
Wajib Tahu! Kumpulan Bahasa Gaul Anak Zaman Now yang Viral di Medsos, Paling Baru Slebew
Salah satunya ada kata slebew yang sekarang lagi ngehits.

Dream – Pernah dengar kata-kata Slebew, Ngab, SCBD, Ghosting, spill? Sahabat Dream tahu makna dari kata-kata bahasa gaul tahun 2022 yang banyak digunakan anak kekinian ini? Perkembangan zaman dan teknologi memang membuat perubahan dalam masyarakat termasuk cara mereka berkomunikasi.

Apalagi dengan pemakaian media sosial yang semakin gencar membuat penggunaan bahasa gaul yang kerap diucapkan anak-anak muda pun dengan cepat menyebar.

Ada banyak sekali bahasa gaul yang sering sahabat Dream dengar ketika nongkrong bareng teman-teman ataupun saat berselancar di media sosial. Karena bahasa tersebut turut diselipkan dalam caption mereka.

Hal ini secara tidak langsung telah menambah daftar kosa kata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun bahasa gaul tersebut ada juga yang merupakan serapan dari bahasa Inggris, namun pada kenyataannya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

Kira-kira bahasa gaul apa saja yang saat ini banyak digunakan oleh anak-anak muda? Berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui merdeka.com.

1 dari 3 halaman

Bahasa Gaul dan Artinya 2022

Bahasa Gaul dan Artinya 2022© Freepik.com

Slebew

Bahasa gaul pertama yang viral di tahun 2022 ini adalah istilah slebew. Jika sahabat Dream sering bermain media sosial, maka tidak akan asing lagi dengan istilah yang satu ini. Biasanya kata slebew digunakan oleh para pengguna TikTok. Jika sahabat Dream mencarinya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ini memang tidak ada di dalamnya.

Tetapi kata ini sangat akrab di kalangan anak muda dan diartikan sebagai pengganti kata “ senggol”. Kata slebew muncul pertama kali dari video TikTok yang sempat viral dengan slogan “ senggol dong” atau “ slebew dong” yang keduanya hampir memiliki kesamaan. Kemudian ada juga sebagian orang yang menganggap bahwa kata slebew digunakan untuk menggantikan kata yang maknanya ke arah vulgar.

Bestie

Adakah di antara sahabat Dream yang sering menggunakan kata bestie? Ya, kata ini sering sekali kita dengar, bahkan di lingkaran pertemanan kita sendiri. Biasanya kata bestie digunakan untuk memanggil teman yang sudah sangat dekat atau sudah sangat akrab. Kata bestie sendiri sebenarnya adalah bahasa Inggris yang memiliki arti sahabat.

Salty

Bahasa gaul selanjutnya adalah salty. Secara umum, salty artinya asin atau garam. Tetapi di zaman sekarang, kata salty masuk dalam bahasa gaul yang kerap digunakan di media sosial yang artinya berbeda dari arti sebenarnya. Kata salty biasanya diartikan sebagai perasaan yang kesal. Selain itu juga untuk menunjukkan sindiran halus untuk seseorang.

Pargoy

Jika mendengar kata pargoy, hal ini biasanya langsung membuat orang berpikiran tentang goyangan yang kerap dilakukan di aplikasi TikTok. Nah, pargoy sendiri adalah singkatan dari partai goyang. Sudah banyak anak-anak muda dan sebagian orang tua yang melakukan tarian pargoy dengan menggunakan aplikasi TikTok.

SCBD

Daftar bahasa gaul yang juga menjadi viral adalah SCBD. SCBD sendiri adalah singkatan dari Sudirman Central Business District. Ini adalah singkatan yang secara umum sudah diketahui oleh masyarakat, terutama masyarakat ibu kota. Tetapi dalam bahasa gaulnya telah berubah menjadi Sudirman, Citayam, Bogor, Depok.

YGY

YGY juga adalah bahasa gaul yang sering digunakan saat ini lho, sahabat Dream. YGY sendiri artinya adalah “ ya guys ys” atau “ ya gaes ya”. Istilah ini adalah untuk menegaskan suatu kalimat pendahulunya. Jadi, ada nggak nih sahabat Dream yang sering pakai kata YGY?

Cringe

Cringe adalah bahasa Inggris yang artinya meringis atau bergidik. Kata ini biasanya mengarah pada hal yang negatif. Penggunaan kata ini secara umum digunakan untuk menunjukkan tentang perasaan seseorang.

MLYT

Di tahun 2022 ini memang ada banyak sekali kata gaul yang sedang viral. Salah satunya adalah MLYT. Sahabat Dream pasti tahu dong apa artinya. Ya, MLYT artinya meleyot. Kata ini kerap digunakan di kalangan anak muda yang bermakna menyukai sesuatu dengan sangat dan sampai-sampai membuatnya lemas hingga tidak bisa berkata-kata lagi. Nah, itulah yang disebut dengan meleyot atau MLYT.

Fomo

Kata Fomo juga sedang banyak digunakan oleh anak muda. Arti dari Fomo adalah Fear of Misiing Out yang berarti takut ketinggalan zaman atau takut tidak hits.

Duren Sawit

Apakah sahabat Dream tahu dengan istilah Duren Sawit? Sekilas namanya memang tentang tanaman. Tapi ini adalah sebuah singkatan, yakni Duda Keren Sarang Duit.

2 dari 3 halaman

Bahasa Gaul 2021

Ngab

Jika berbalik ke tahun 2021, sahabat Dream pasti pernah mendengar istilah ngab. Ngab sendiri adalah panggilan yang ditujukan untuk laki-laki. Kata tersebut adalah kebalikan dari kata “ bang”. Meski begitu, kata tersebut masih sering digunakan di tahun 2022 lho.

Ghosting

Jika mendengar kata ghosting, hal ini biasanya merujuk pada suatu yang negative. Ghosting adalah bahasa gaul yang biasanya digunakan saat sedang mengalami patah hati karena ditinggal tanpa adanya alasan.

Spill

Bahasa gaul di tahun 2021 lainnya adalah spill yang berasal dari bahasa Inggris dan artinya adalah menumpahkan. Tetapi dalam penggunaan bahasa gaul, spil bermakna tentang mengungkapkan suatu rahasia hingga aib dari seseorang.

TBL

TBL juga masih kerap digunakan anak muda sampai sekarang. TBL adalah singkatan dari Takut Banget Loh. Hal ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan takut.

Jamet

Beberapa waktu lalu istilah jamet sangat viral di media sosial. Nah, jamet sendiri adalah singkatan dari jajal metal yang digunakan untuk orang yang tampil seperti personil band metal. Meski begitu, di kalangan anak muda mengartikan kata jamet sebagai penampilan yang norak atau biasanya kita mengenal dengan istilah “ alay”.

BU

BU adalah singkatan dari “ butuh uang”. Hal ini digunakan seseorang karena sedang membutuhkan uang, tetapi dengan bahasa yang lebih kekinian, yakni BU.

Hyung

Bagi sahabat Dream penggemar drama Korea, tentu tidak asing lagi dengan kata hyung. Hyung adalah sebutan untuk kakak laki-laki jika yang memanggilnya adalah laki-laki juga. Tetapi, di Indonesia justru kata hyung sering digunakan untuk memanggil orang lain.

Sabi

Saat sedang chat-an dengan teman, biasanya kata sabi kerap dituliskan. Nah, sabi memiliki makna bisa, mampu, atau sanggup. Jadi, kalau sahabat Dream menyanggupi suatu ajakan atau ingin memberikan respons bahwa kamu bisa, maka bisa nih menjawabnya dengan kata sabi.

Gelay

Kata gelay adalah kata yang dipelesetkan dari kata “ gak like” atau tidak suka pada sesuatu. Kalau mau terlihat gaul, kamu bisa menggunakan kata gelay ini ya, sahabat Dream.

3 dari 3 halaman

Bahasa Gaul di Media Sosial

Bahasa Gaul di Media Sosial© Freepik.com

Bund

Kata bund sering kali digunakan saat sedang berselancar di media sosial. Ya, kata ini adalah bagian dari bahasa gaul yang merupakan singkatan dari kata bunda.

Komuk

Komuk adalah singkatan dari Kondisi Muka. Istilah ini umumnya digunakan saat ada seseorang yang merasa tidak percaya diri dengan wajahnya ketika melihat hasil foto maupun videonya.

Nolep

Nolep adalah bentuk plesetan dari bahasa Inggris, yakni No Life. Di mana hal ini juga kerap dilakukan pada kata lain yang menggunakan huruf “ f” lalu agar lebih mudah penyebutannya, maka diplesetkan menjadi huruf “ p”.

Kepo

Kalau kata yang ini tentu sudah sangat familiar sekali kan, sahabat Dream? Ya, Kepo adalah singkatan dari Knowing Every Particular Object yang artinya orang yang serba ingin tahu.

Ngokey

Kemudian ada kata ngokey yang artinya adalah okay. Biasanya digunakan untuk menyetujui sesuatu.

Angst

Angst sebenarnya berasal dari bahasa Inggris Anxiety yang digunakan saat seseorang merasa cemas dan takut secara berlebihan.

AFK

Selanjutnya ada AFK yang adalah singkatan dari Away From Keyboard.

Mantul

Kata mantul juga masih sering diucapkan sampai sekarang. Mantul sendiri adalah singkatan dari Mantap Betul.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More