Laptop Paling Beracun Dijual Rp17 M, Isinya 6 Malware Berbahaya

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 29 Mei 2019 09:01
Laptop Paling Beracun Dijual Rp17 M, Isinya 6 Malware Berbahaya
Pembeli harus membuat perjanjian khusus.

Dream - Apa yang ingin dicari ketika membeli laptop? Kemampuan grafis dan prosesornya atau kecepatannya atau modelnya?

Pertanyaan itu hinggap di banyak orang. Tetapi, tidak bagi seniman internet asal China, Guo O Dong.

Dia menjual laptop keluaran Samsung 2008 dengan Windows XP SP3. Apa yang unik? Laptop yang juga menjadi karya seni berjudul The Persistence of Chaos ini berisi enam virus komputer berbahaya di dunia.

Enam malware tersebut diantaranya, ILOVEYOU, MyDoom, SoBig, WannaCry, DarkTequila, dan BlackEnergy.

Seandainya secara bersamaan menyerang, enam malware itu dapat menyebabkan kerugian sebesar US$95 miliar di seluruh dunia, selama dua dekade.

Meski berbahaya, Guo tetap menawarkan ke balai lelang dengan tawaran harga tinggi.

“ Perangkat lunak ini tampak sangat abstrak, hampir palsu dengan nama-nama mereka yang lucu dan menyeramkan, tetapi saya pikir mereka menekankan bahwa web dan IRL bukan ruang yang berbeda," kata Guo dilaporkan OddityCentral, Selasa, 29 Mei 2019.

1 dari 1 halaman

Karya Seni

Guo mengatakan, malware merupakan salah satu kenyataan dari internet. Dia menganggap, laptop itu merupakan `karya seni` yang dengan katalog sejarah teknologi.

Walau tentu saja memprovokasi, bahkan mengejutkan, menjual laptop yang terinfeksi enam virus komputer paling terkenal dalam sejarah manusia bukanlah hal paling bijaksana.

Untuk itu, perusahaan cybersecurity Cina ditugaskan untuk mengunci laptop Samsung NC10 ini agar tidak dapat terhubung ke internet atau perangkat lain.

Lelang untuk laptop yang terinfeksi berakhir hari ini, dan tawaran saat ini yaitu US$1,2 juta, atau Rp17,2 miliar.

Terlepas dari semua langkah-langkah keamanan yang diambil Guo O Dong untuk menghentikan enam virus agar tidak menyebar secara online, pembeli “ beruntung” masih perlu menandatangani perjanjian “ tidak memiliki niat untuk menyebarkan malware”.(Sah)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie