Nokia 4.2: Banyak Fitur, Tapi Kameranya...

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 9 Juli 2019 11:47
Nokia 4.2: Banyak Fitur, Tapi Kameranya...
Nokia 4.2 dilengkapi Android One.

Dream - HMD Global melepas Nokia seri 4.2 pada Mei 2019. Nokia mengklaim, ponsel ini punya akses mudah pada penggunaan Google Assistant.

Nokia menyematkan tombol Google Assistant di sebelah kanan. Fungsi Google Assistant ini untuk mempermudah pengguna menemukan tema pencarian melalui perintah suara.

Setelah menekan tombol itu, pengguna dapat mengucap pencarian, makanan enak, jalur terdekat ke Bandung, dan putar lagu. Atau tinggal bilang Youtube, aplikasi berlogo tombol play itu akan segera terbuka.

Kecerdasan ini mungkin tak dapat dirasakan pengguna Android biasa. Nokia 4.2 menyematkan Android One murni dengan operasi Android 9 Pie.

Sistem operasi Android One dikenal bebas blotware dan punya fitur Adaptive Battery. Keunggulan inilah yang membuat Nokia percaya diri menempatkan baterai sebesar 3.300 Mah di ponsel ini.

Fitur penghemat baterai itu bukan sekadar jargon. Dream mengetes kemampuan baterai Nokia 4.2 dengan membiarkan ponsel ini tak mati selama 24 jam.

Dengan beberapa aplikasi penyedot baterai` yang tak terpasang, semisal diantaranya WhatsApp, Line, dan lain-lain, kemampuan ponsel ini menunjukkan kondisi yang lumayan mengesankan.

1 dari 5 halaman

Untuk Bermain Gim

Ponsel ini mampu menyisakan isi baterai sebesar 21 persen setelah pemakaian selama kurang lebih 36 jam. Pemakaiannya berupa mengambil foto, video, dan bemain gim Player’s Unknown Battleground (PUBG).

Bemain gim PUBG di ponsel ini nyatanya tak kalah dengan ponsel lain yang setara. Meskipun, Nokia 4.2 menghasilkan penyetelan grafis terrendah.

Dengan setelan tampilan ini, gim dapat berjalan lancar. Gambar masih dapat dikategorikan `masuk akal` karena dukungan layar HD+.

 PUBG di Nokia 4.2

PUBG di Nokia 4.2

Meski demikian, pengguna harus menyesuaikan diri pada cara memegang ponsel ini saat bermain gim. Dengan posisi layar mendatar, tangan pengguna akan menutupi pengeras suara yang ada di bagian bawah ponsel.

Atau dengan posisi lain, pengguna yang tidak hati-hati akan memencet tombol Google Assistant. Sebab, ketika tombol ini tidak sengaja terpencet, Google Assistant akan muncul dan menyela permainan.

Tapi, jangan berharap lebih banyak. Keunggulan layar Nokia 4.2 belum mendukung kemampuan Full HD dari Netflix dan Youtube. Walhasil, tontonan dari dua layanan video itu hanya terhenti di 720 piksel.

Dari sisi prosesor, Nokia 4.2 juga terbilang di kelas menengah. Tapi dengan harga jualnya, prosesor Qualcomm Snapdragron 439 terbaru ini cukup mumpuni.

 

2 dari 5 halaman

Fitur Pemindai Wajah dan Pemindai Sidik Jari

 Hasil foto Nokia 4.2 di ruangan gelap (Foto: Dream.co.id)  Dream.co.id


Hasil foto Nokia 4.2 di ruangan gelap dan bercahaya (Foto: Dream.co.id)

Nokia menyediakan fitur pemindai wajah dan pemindai sidik jari di ponsel ini. Fitur pemindai wajah Nokia 4.2 cukup mudah. Saat memulai penggunaan ponsel, pengguna akan ditawari pemindaian wajah dan sidik jari. Akurasi dan proses perekamannya pun terbilang cepat. Tak sampai 30 detik.

Untuk pemindai sidik jari, Nokia meletakkan panel pemindai di bagian belakang ponsel. Sistem dan akurasi pemindai sidik jari ini terbilang memuaskan. Berbanding terbalik dengan fitur pemindai wajah.

Tetapi, saat mulai digunakan, fitur pemindai wajah kerap mengalami kagalatan. Terutama saat digunakan di ruangan yang gelap.

Saya perlu mencoba setidaknya hingga tiga kali agar menu utama ponsel terbuka. Kelemahan lain fitur pemindai wajah ini yaitu rata-rata sekitar tiga detik agar kunci ponsel terbuka.

 

3 dari 5 halaman

Kamera

 Foto bokeh yang dihasilkan Nokia 4.2

Foto bokeh yang dihasilkan Nokia 4.2

Mayoritas pengguna ponsel Indonesia kerap memperhatikan kemampuan kamera. Dengan kamera 8 megapiksel dan dukungan algoritma terbaru, Nokia mengklaim kemampuan kamera ini mampu menciptakan foto dengan banyak cahaya, warna yang tajam, dan jangkauan yang dinamis.

Tetapi, kualitas foto dalam kondisi cahaya kurang terbilang masih mumpuni. Tapi, saat di ruangan terbuka, sinar cahaya putih masih tampak muncul, meski pengambilan gambar sudah diatur dengan kondisi cahaya rendah.

Selebihnya, hasil memotret menggunakan Nokia 4.2 terbilang lumayan.

 

4 dari 5 halaman

Desain

 Desain

Nokia 4.2 berdesain bezel less. Meski rangka masih terlihat, desain Nokia 4.22 dapat dikategorikan elegan. Penggunaan poni untuk kamera depan yang berukuran kecil tidak mengganggu layar.

Nokia 4.2 juga memiliki bodi yang dilapis semacam kaca. Nokia menyebut ponsel besutannya punya struktur ringan di bagian dalam dan rangka ditambah bahan polikarbonat. Dengan tambahan itu, bodi ponsel ini terlihat kokoh.

Tombol power juga memenjadi indikator saat pesan masuk atau ada notifikasi.

 

5 dari 5 halaman

Keseluruhan

Meski menyediakan fitur keamanan Android One, Nokia masih perlu mengembangkan sejumlah fitur `yang banyak dicari masyarakat Indonesia`. Terutama fotografi.

Dengan harga sekitar Rp2 jutaan, ponsel Nokia 4.2 akan banyak menemui banyak pertanyaan bagi calon pengguna. Nah, dengan berbagai kelemahan itu, ponsel ini terbilang ponsel yang bagus, tapi tak lengkap. (ism)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara