Ketahui Gejala dan Cara Mencegah Kulit Kering

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 25 September 2019 19:46
Ketahui Gejala dan Cara Mencegah Kulit Kering
Baca artikelnya sampai selesai, ya!

Dream - Kulit kering disebabkan banyak faktor, baik dari dalam maupun luar tubuh manusia. Kulit kering terlihat dengan sejumlah gejala, seperti munculnya garis halus, gatal, pecah-pecah, bersisik, hingga mengelupas.

Kulit kering bisa terjadi di area manapun, termasuk lipatan kulit, baik di bagian wajah, kaki, tangan, lengan hingga area perut.

Masalah kulit kering seringkali dianggap biasa, kondisi kulit kering dapat menganggu penampilan hingga menimbulkan permasalahan kulit yang lebih kompleks.

Namun tenang saja, kulit kering bisa dicegah. Berikut ini tip dari Dokter Kevin A. Maharis, BMedSc, Dipderm, untuk mencegah kulit kering.

1 dari 7 halaman

Begini kata sang ahli

Konsumsi buah dan sayur setiap hari karena keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor dan asam folat.

“ Kondisi kulit kering sebenarnya dapat dicegah dengan memberikan nutrisi dan asupan yang tepat bagi kulit secara rutin,” ujarnya di acara peluncuran Bio-Oil Gel Kulit Kering, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 25 September 2019.

 Bio Oil© Dream.co.id/Alfi Salima

Dokter Kevin A. Maharis, BMedSc, Dipderm (paling kanan)

2 dari 7 halaman

Selain itu..

Air putih, menurutnya, menjadi kunci utama untuk melembapkan kulit dan melancarkan nutrisi ke sel-sel kulit.

Minum air putih yang cukup, minum setidaknya delapan gelas dalam sehari.

 shutterstock© shutterstock.com

Selain itu, gunakan produk pelembap dengan bahan dasar minyak yang efektif untuk menjaga kelembapan kulit lebih lama.

Laporan: Alfi Salima Puteri

3 dari 7 halaman

9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Dream – Khasiat minum air putih yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat sudah banyak diketahui orang. Terlebih jika mengonsumsi air putih hangat. Selain menyehatkan, air putih hangat akan membantu meningkatan sirkulasi darah kalian.

Manfaat air putih hangat di antaranya membersihkan saluran hidung, meningkatkan kekebalan tubuh serta menurunkan berat badan. Sudah banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi air putih hangat sebagai salah satu obat holistic.

Menurut pengobatan China dan India kuno, mengonsumsi air putih hangat setiap pagi hari akan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kalian. 

Air putih hangat memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat tersebut? Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Manfaat Air Putih Hangat: Meningkatkan Sirkulasi Darah

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock

Tahukah kalian? Air panas mampu membantu memecah penumpukan lemak di bawah kulit serta endapan yang menumpuk di sistem saraf seseorang. Dengan fakta tersebut, membuat air panas mampu memperlancar sistem sirkulasi darah di dalam tubuh. Mengonsumsinya secara teratur di pagi hari niscaya akan membuat sistem peredaran darah kalian semakin lancar dan darah secara efektif akan tersalurkan ke seluruh bagian tubuh kalian.

2. Manfaat Air Putih Hangat: Membantu Sistem Pencernaan

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock


Susah buang air besar? Atau perut membuncit? Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih hangat setiap pagi hari. Air hangat atau panas dapat membantu menenangkan serta mengaktifkan saluran pencernaan kalian.

Tidak hanya itu saja, air putih hangat mampu menghidrasi sistem percernaan sehingga secara efektif pula limbah kotoran mudah untuk luruh dan menghilang. Bonusnya, air putih hangat juga bisa digunakan sebagai pelumas sehingga sistem pencernaan tetap terus berjalan dengan baik.

4 dari 7 halaman

3. Manfaat Air Putih Hangat: Menghilangkan Racun

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock

Sering mengalami masalah kesehatan? Mungkin racun di dalam tubuh kalian sudah sangat menumpuk. Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih hangat setiap harinya terutama pada pagi hari.

Mengonsumsi air putih hangat mampu mengeluarkan seluruh racun berbahaya yang bersarang di dalam tubuh kalian.

Dengan meminumnya secara teratur maka sistem endokrin tubuh menjadi aktif dan membuat kalian berkeringat. Eits tunggu dulu, berkeringat merupakan salah satu cara racun bisa keluar dari dalam tubuh loh Sahabat Dream.

4. Manfaat Air Putih Hangat: Mengatasi Hidung tersumbat

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock


Siapa nih yang sering melakukannya? Tentu saja sebagian besar dari kalian akan melakukan hal berikut jika sedang mengalami hidung tersumbat. Menghirup uap dari air panas merupakan salah satu cara meredakan sakit kepala dan hidung tersumbat akibat penyakit sinus.

Dengan melakukan inhalasi secara dalam dengan uap air panas tersebut nantinya akan melonggarkan sinus yang tersumbat.

Bonusnya, jika kalian juga mengonsumsi air putih hangat setiap harinya nantinya akan mencegah terjadinya penumpukan lendir di dalam tenggorokan.

5 dari 7 halaman

5. Manfaat Air Putih Hangat: Mengatasi Sembelit

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock

Siapa di antara Sahabat Dream yang sering menderita sembelit? Sembelit adalah salah satu masalah kesehatan yang membuat buang air besar menjadi sangat sulit serta terkadang bisa sangat menyakitkan. Penyebab sembelit adalah pengurangan gerakan usus oleh tinja kalian di dalam usus.

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih hangat satu gelas di setiap pagi.

Selain mampu menyembuhkan sembelit, juga bisa meningkatkan buang air besar kalian.

Bahkan, dengan mengonsumsinya akan membantu usus dalam berkontraksi sehingga kotoran lama dari tubuh bisa terbuang secara menyeluruh.

6.    Manfaat Air Putih Hangat: Mengatasi Stres

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock


Dalam kehidupan, tidak mungkin jika kalian tidak pernah merasakan stress baik itu ringan ataupun berat. Nah, tahukah kalian? Cara paling efektif dalam meredakan stress adalah dengan mengonsumsi air putih hangat.

Air putih hangat mampu menurunkan kortisol atau hormone penyebab stres di dalam diri kalian. Bonusnya, kalian juga akan merasakan tubuh dan pikiran menjadi tenang dan rileks sesaat setelah mengonsumsi air putih hangat.

 

 

6 dari 7 halaman

7. Manfaat Air Putih Hangat: Menurunkan Berat Badan

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock

Berencana menurunkan berat badan? Mulailah dengan mengonsumsi air putih hangat secara teratur setiap pagi hari. Air panas atau hangat mampu memecahkan penumpukan lemak yang bersarang di dalam tubuh.

Pada saat meminumnya, suhu tubuh internal kalian akan mengalami penurunan sehingga mampu meingkatkan sistem metabolisme.

Jika dilakukan secara maksimal dan teratur niscaya berat badan akan mengalami penurunan secara signifikan. Kalian juga bisa menambahkan lemon atau madu pada air putih hangat dan konsumsi setiap selesai makan.

8. Manfaat Air Putih Hangat: Mengurangi Nyeri Menstruasi

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock


Bagi para wanita, sebaiknya konsumsilah air putih hangat setiap saat terutama pada saat memasuki masa menstruasi.

Mengapa demikian? Air panas atau hangat mampu mengurangi rasa nyeri bahkan kram akibat dari mestruasi. Selain itu, air panas juga akan memberikan sensasi menenangkan baik pada diri kalian hingga pada otot-otot perut.

Jika mengonsumsinya secara teratur, kalian akan memiliki risiko rendah terhadap timbulnya kenjang dan kram otot yang sangat hebat.

7 dari 7 halaman

9. Manfaat Air Putih Hangat: Meredakan Rasa Sakit

  9 Manfaat Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh© shutterstock

Selain mampu meredakan rasa nyeri pada saat menstruasiair putih hangat juga mampu meredakan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh lainnya.

Meredakan sakit kepala, kesleo pada pergelangan kaki atau tangan, memar hingga sakit perut merupakan sedikit dari masalah yang bisa diatasi dengan air putih hangat.

Mengapa demikian?

Mengonsumsi air putih hangat mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh jaringan sehingga sangat memungkinkan otot menjadi lebih rileks dan rasa sakit bisa mereda dengan cepat.
 
(Sah, Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna