12 Cara Menata Rambut Pendek dan Panjang Sendiri

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Jumat, 8 November 2019 07:10
12 Cara Menata Rambut Pendek dan Panjang Sendiri
Menata rambut biasanya kita lakukan dengan menyesuaikan tempat dan acara yang akan kita datangi.

Dream - Rambut adalah salah satu bagian pada tubuh yang dapat menunjang penampilan kita. Selain menjaga kesehatan rambut, kita juga perlu menata rambut agar mendapatkan penampilan yang menarik setiap waktu.

Memiliki tatanan rambut yang indah sangat penting bagi sebagian besar wanita. Beberapa jenis bentuk rambut tentunya sering mengalami kendala pada saat penataan, karena memang harus disesuaikan

Menata rambut biasanya kita lakukan dengan menyesuaikan tempat dan acara yang akan kita datangi. Tentunya kamu terkadang mengalami kebingungan saat akan menata rambutmu, bukan?

Untuk itu berikut Dream berikan rekomendasi cara menata rambut yang bisa kamu coba di rumah.

1 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Pendek

Memiliki rambut pendek dapat membuat kita merasa lebih prakti saat beraktivitas. Dalam hal penataan, rambut pendek merupakan jenis rambut yang sulit untuk diatur. Untuk itu berikut rekomendasi cara menata rambut pendek yang bisa kamu coba!

Membuat rambut bergelombang

 Tips Merawat Berbagai Jenis Rambut© MEN

Cara menata rambut pendek dapat kamu lakukan dengan membuat rambut menjadi bergelombang. Kamu dapat menggunakan alat pengeriting rambut untuk mendapatkan rambut bergelombang yang tergerai dengan indah. Jangan lupa untuk menyemprotkan hairspray agar rambut bergelombang kamu dapat bertahan lebih lama.

Mengikat sebagian rambut

Cara menata rambut pendek dapat kamu lakukan dengan mengikat sebagian rambut. Sebelumnya kamu dapat menyasak rambut terlebih dahulu. Kemudian ikat sebagian rambut dan biarkan sebagian rambut lainnya tergerai.

Mengepang poni

Cara menata rambut pendek yang bisa kamu coba adalah dengan mengepang poni. Untuk melakukannya kamu hanya perlu menyiapkan jepit rambut sederhana. Kamu bisa mengepang poni rambut melewati mahkota kepala kemudian menjepit kepangan di atas telinga agar hasil kepangan tidak lepas.

 

2 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Panjang

Memiliki rambut panjang membuat kamu membutuhkan usaha ekstra untuk merawatnya. Keuntungan dari rambut panjang adalah rambut jenis ini cenderung memiliki beragam cara dalam hal penataan. Untuk itu berikut rekomendasicara menata rambut panjang yang bisa kamu coba!

Menggerai rambut

 Spray Rambut© Shutterstock.com

Cara menata rambut panjang dapat kamu lakukan dengan menggerai rambut. Jika kamu memiliki rambut yang lurus dapat bereksperimen dengan membuat rambut menjadi keriting untuk mendapatkan penampilan yang baru.

Begitu pula dengan kamu yang memiliki rambut bergelombang. Kamu dapat menggunakan alat pelurus rambut untuk mendapatkan tampilan yang lebih segar.

Kuncir ekor kuda

Cara menata rambut panjang dapat kamu lakukan dengan mengikat rambut dengan gaya kuncir ekor kuda. Tatanan rambut ini cocok digunakan saat melakukan aktivitas di luar ruangan. Selain itu rambut tidak akan mengganggu mata dan tampilanmu akan terlihat lebih rapi.

Mengepang rambut

Cara menata rambut panjang dapat kamu lakukan dengan mengepang rambutmu. Rambut panjang cenderung lebih mudah untuk ditata menggunakan gaya kepang. Kamu dapat bereksperimen dengan gaya rambut ini untuk memberikan tampilan yang feminin.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Sendiri untuk Pesta

Kamu mungkin merasa bingung untuk memilih jenis tampilan saat akan pergi ke pesta. Terutama pada tatanan rambut.

Seringkali beberapa orang memilih untuk pergi ke salon untuk menata rambut. Padahal kamu bisa lebih menghemat biaya dengan menata rambut sendiri. Berikut cara menata rambut sendiri untuk pesta!

Membuat gelombang pada rambut

 5 Cara Mudah Ciptakan Rambut Ikal Bergelombang Tanpa ke Salon© MEN

Cara menata rambut sendiri untuk pesta yang direkomendasikan adalah dengan membuat gelombang pada rambut. Membuat rambut bergelombang dapat kamu lakukan dengan menggunakan alat pengeriting rambut atau catokan. Selanjutnya kamu dapat membiarkan rambutmu tergerai agar terlihat elegan.

Menggulung rambut

Cara menata rambut sendiri untuk pesta yang kami rekomendasikan adalah dengan menggulung rambut. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menyiapkan karet rambut saja. Cara ini dapat kamu lakukan dengan menggulungnya ke arah samping untuk mendapatkan tampilan elegan tanpa kesulitan.

Mengepang bagian luar rambut

Cara menata rambut sendiri untuk pesta yang kami rekomendasikan adalah dengan mengepang bagian luar rambut. Cara ini dapat kamu lakukan pada rambut panjang dan rambut pendek. Kamu dapat mengepang bagian tepi luar rambutmu untuk mendapatkan tampilan sederhana namun istimewa.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menata Rambut Sendiri untuk Sekolah

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, terutama sekolah, tentunya kamu selalu ingin memiliki tatanan rambut yang menarik. Gaya rambut yang monoton seringkali membuatmu jenuh dan bingung saat akan pergi ke sekolah.

Kepang dua

 Kepang© Foto: Shutterstock

Cara menata rambut sendiri untuk sekolah dapat kamu lakukan dengan tatanan kepang dua. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan sisir dan karet rambut
- Sisir rambut dan bagi rambut menjadi dua dari tengah atau samping
- Setelah rambut terbagi menjadi bagian kanan dan kiri, kepang bagian rambut satu persatu
- Jangan lupa mengikat hasil kepangan agar tidak lepas

 

Mengepang samping

Cara menata rambut sendiri untuk sekolah dapat kamu lakukan dengan mengepang samping rambutmu. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan karet rambut dan sisir
- Siapkan hairspray (conditional)
- Sisir rambut menyamping ke arah kiri atau kanan
- Kepang rambut di atas bahu secara longgar atau ketat
- Ikat ujung kepangan dengan karet rambut
- Semprotkan hairspray agar tatanan rambut tetap terjaga

 

Kuncir kuda setengah

Cara menata rambut sendiri untuk sekolah dapat kamu lakukan dengan tatanan kuncir kuda setengah. Berikut langkah-langkahnya:

- Siapkan karet rambut dan sisir
- Sisir rambut dan bagi menjadi dua bagian atas dan bawah
- Ikat bagian atas dengan karet rambut
- Biarkan rambut bagian bawah tergerai (mut)

 

(Audila Rima/Sumber: Berbagai sumber)

 

Beri Komentar