Tips Makeup untuk Wanita 40 Tahunan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 11 Januari 2020 17:01
Tips Makeup untuk Wanita 40 Tahunan
Biar penampilan tetap cantik!

Dream - Makeup atau merias wajah merupakan kodrat wanita. Sejak remaja hingga tua, wanita tak lepas dari makeup.

Namun pemilihan makeup sebaiknya tidak hanya berdasar pada warna kulit saja. Makeup juga tergantung pada usia.

Contohnya makeup dewy yang dipopulerkan oleh artis-artis Korea. Makeup dewy menampilkan wajah yang tak tercela dan bersinar.

Ditambah lagi dengan pipi yang bersemu kemerah-merahan, membuat makeup dewy jadi idaman wanita Asia dalam beberapa tahun belakangan.

Namun dalam praktiknya, makeup dewy ini tidak sesuai jika usia sudah menginjak 40 tahun. Lantas apa makeup yang cocok untuk wanita usia 40 tahunan?

Dilansir Reader's Digest, berikut ini panduan dan tips makeup untuk wanita berusia sekitar 40 tahunan.

 

1 dari 4 halaman

Hanya Gunakan Foundation, Jangan Bedak

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menipis dan menghasilkan garis-garis halus keriput. Karena itu rutinitas makeup perlu berubah untuk mengakomodasi kondisi tersebut.

Langkah pertama adalah membuang makeup berbahan bedak. Karena bedak membuat wanita usia 40 tahunan terlihat lebih tua.

 Foundation© shutterstock.com

“ Bedak menambah tekstur kulit jadi terlihat tambah tebal, seperti didempul. Selain itu, bedak membuat kulit tambah kurang bercahaya. Kulit itu hidup dan harus terlihat lembab dan lembut saat disentuh,” kata Cindy Joseph, seorang penata rias.

" Jika merasa harus menggunakan foundation, jangan taruh bedak di atasnya. Tunggu sampai kering; lalu oleskan pelembab di atasnya," kata Joseph.

2 dari 4 halaman

Pilih Lipstik yang Sesuai Warna Kulit

Dengan bertambahnya usia, wanita secara alami kehilangan definisi pada bibirnya. Karena itu, sebaiknya menghindari warna lipstik gelap seperti merah tua, ungu, dan coklat.

Warna-warna gelap membuat bibir tampak lebih kecil, kurang menarik perhatian, dan tidak terlihat penuh.

 Hentikan 7 Kesalahan Memakai Lipstik© MEN

" Pilih warna yang menyatu dengan palet warna kulit," saran Joseph. " Kamu bisa menemukan warna terbaik untuk dirimu sendiri jika kamu melihat warna bibir, lidah, dan gusi."

 

3 dari 4 halaman

Hindari Pakai Eyeliner di Bawah Bulu Mata

Memakai eyeliner di bawah bulu mata dapat membuat mata terlihat lebih kecil dan melorot, sehingga wajah tampak lebih tua.

Di usia 40 tahunan, mata sudah mulai melorot ke bawah. Jadi sebaiknya tidak membuatnya semakin menonjol dengan memakai eyeliner di bawah bulu mata.

 Tips Aplikasi Eyeliner untuk Pemakai Eyelash Extension© MEN

Joseph merekomendasikan untuk memakai eyeliner bagian atas bulu mata. Namun jangan memakai terlalu tebal.

Hal ini agar mata tampak lebih terbuka dan cerah. Jika harus menggunakan eyeliner di bawah bulu mata, pastikan hanya di area sudut luar. Selain itu garis atas dan bawah harus terhubung.

4 dari 4 halaman

Hindari Pakai Glitter di Kelopak Mata

Glitter yang ditaburkan di atas kulit yang mulai mengeriput justru akan merusak penampilan. Glitter pada area kelopak mata akan membuat wajah semakin terlihat tua. Itu karena glitter menarik perhatian orang untuk melihat dari dekat.

 3 Langkah Mudah Membuat Graphic Eyeliner© MEN

Jika sedang akan ke pesta dan ingin terlihat glamor, batasi penggunaan glitter pada bagian sudut dalam mata dan di tengah kelopak mata.

Beri Komentar