Serba Unik di Lelang Barang Koleksi Pejabat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 1 Maret 2018 12:42
Serba Unik di Lelang Barang Koleksi Pejabat
Ada yang dulu kena tipu, ada juga yang bekas gitar ngeband.

Dream – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (DJKN) telah menggelar lelang sukarela. Beraneka ragam barang koleksi dilego ke publik.

Mulai dari sepatu sampai tongkat golf.

Nanti keuntungan lelang ini akan disumbangkan ke sekolah-sekolah dasar yang perlu diperbaiki.

“ Dari data yang didapat, ada sekitar 200 ribu sekolah yang rusak. Dengan lelang hari ini, kami bisa ikut menyalurkan sumbangan ke beberapa sekolah dasar,” kata artis Reza Rahardian yang digandeng pemerintah untuk kampanye perbaikan sekolah.

Tapi, tahukah Anda bahwa lelang sukarela koleksi pejabat ini menyimpan cerita-cerita yang unik? Penasaran? Yuk, kita baca.

Barang Palsu Dilelang Seharga Permen

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi, turut melelang sepatu pantofel merek Felix Ferguso. Sepatu ini dilego mulai Rp1.000. Sepatu ini diklaim berbahan dasar kulit asli, tapi terbuat dari karet sintetis. Sepatu ini laku seharga Rp270 ribu.

Kain Batik Iriana Tembus Rp19 Juta

Kain batik solo Ibu Negara, Iriana Joko Widodo (Jokowi), turut “ mejeng” di acara lelang. Awalnya, ditawarkan seharga Rp500 ribu. Kain batik solo ini laku seharga Rp19,05 juta,.

Gitar Kesayangan Gitaris Elek Yo Band

Petinggi negara juga doyan bermain musik. Gitar akustik warna cokelat kekuningan dimiliki oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dengan gitar ini, Budi Karya ini turut meramaikan band Kabinet Kerja “ Elek Yo Band”. Dengan harga limit Rp500 ribu, gitar akustik ini laku Rp20 juta.

Ada yang Ramai Peminat, Ada Pula yang Sepi

Saat lelang berlangsung, ada juga barang koleksi pejabat yang sangat diminati peminat. Contohnya, sepeda balap milik Dirjen DJKN, Isa Rachmatawarta, Polygon seri March 50 warna perak, dilelang mulai Rp500 ribu dan ditawar 51 kali. Akhirnya, sepeda ini ditebus dengan harga Rp2 juta.

Tapi, ada juga sepeda yang sepi pembeli karena harganya kemahalan, yaitu sepeda merk Wilier Tristina. Harga limitnya Rp25 juta. Sepeda ini milik Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan.

Fans `Borong` Koleksi Pejabat

Seorang pembeli bernama Tintin Surtini menarik perhatian media. Dia memenangkan lelang untuk baju batik Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, kain batik solo, Iriana Jokowi, dan kaligrafi milik Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero), Maryono. Wanita yang mengaku fans Sri Mulyani tak keberatan merogoh kocek sebesar Rp37 juta untuk tiga koleksi pejabat.

Tintin mengagumi Sri Mulyani karena dia sangat cemerlang dan bisa membantu masyarakat. Dia juga tak keberatan untuk merombak ukuran baju Sri Mulyani, asal bisa pas ketika dipakai.

“ Kalau kekecilan, ya, bajunya akan dibesarkan,” kata dia.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Beri Komentar