50 Ucapan Maaf Jelang Ramadan, Pererat Silahturrahmi Antar Sesama

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 6 Mei 2021 09:05
50 Ucapan Maaf Jelang Ramadan, Pererat Silahturrahmi Antar Sesama
Selamat menunaikan ibadah puasa.

Dream – Tak terasa Bulan Ramadan 2021 sudah di depan mata. Umat Muslim di seluruh dunia pun begitu gembira dapat dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh rahmat ini.

Ada banyak hal yang dilakukan menyambut bulan Ramadan, salah satunya adalah memohon maaf pada sanak keluarga, teman dan kerabat-kerabat dekat lainnya. Agar ibadah puasa dapat dijalankan dengan penuh keberkahan.

Menyampaikan kata-kata maaf sebelum menyambut bulan Ramadan bisa mempererat dan menjalin kembali silahturahmi yang sempat terputus.

Nah, berikut ini 50 ucapan maaf menjelang Ramadan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi© Pexels.com

  1. " Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  2. " Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  3. " Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  4. " Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  5. " Gersang bumi dikala tanpa hujan, pula gersang di hati tanpa adanya iman, Gersang akal dikala tanpa ilmu, pula gersang di jiwa tanpa adanya amal. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan."
  6. " Sebelum cahaya padam, Sebelum hidup kan berakhir, Sebelum pintu taubat tertutup, dan Sebelum Ramadhan datang, Mohon maafkan lahir dan juga bathin, Marhaban ya Ramadhan."
  7. " Maaf, satu kata singkat yang mungkin tak mudah diucapkan setulus hati. Namun, menjelang bulan yang suci, kiranya kau maafkan saya sepenuh hati."
  8. " Dalam hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  9. " Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."
  10. " Daku rindu bulan Ramadhan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, semoga dilimpahkan banyak rahmatmu."
2 dari 5 halaman

Ilustrasi© Pexels.com

11. " Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahirian dan batiniah. Marhaban ya Ramadhan."

12. " Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin."

13. " Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

14. " Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir. Sebelum pintu taubat tertutup, dan sebelum Ramadhan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadhan."

15." Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal'alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan."

16. " Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

17. " Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya, mensyukuri indahnya kemurahan-Nya. Saatnya merenenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa. Mohon dimaafkan lahir dan batin atas semua kesalahan. Selamat berpuasa."

18. " Fajar Ramadhan kan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin, meski raga tak bisa bersua."

19. " Jika semua harta bisa mengundang racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur dipenuhi dosa, maka taubatlah obatnya. Jika seluruh bulan tak luput dari dosa, maka Ramadhan lah pemutihnya. Marhaban ya Ramadhan, mohon dibukakan pintu maaf seluas-luasnnya."

20. " Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

3 dari 5 halaman

Ilustrasi© Pexels.com

21. " Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

22. " Selagi masih ada kesempatan, selagi masih ada umur, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang diperbuat. Semoga di Ramadhan ini kita mendapat ampunan dari Allah Yang Maha Pengampun. Selamat menunaikan ibadah puasa."

23. " Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

24. " Bulan suci Ramadhan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya. Sudilah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah shaum."

25. " Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

26. " Selembut embun dipagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin."

27. " Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

28. " Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadhan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat."

29. " Gersang bumi tanpa hujan. Gersang akal tanpa ilmu. Gersang hati tanpa iman. Gersang jiwa tanpa amal. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

30. " Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa"

4 dari 5 halaman

Ilustrasi© Pexels.com

31. " Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan."

32. " Tiada kemenangan tanpa zikrullah. Tiada amal tanpa keikhlasan. Tiada ampunan tanpa maaf sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa."

33. " Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin."

34. " Marhaban ya Ramadhan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat Menunaikan ibadah puasa."

35. " Ramadhan is a month of Allah. Whose beginning is mercy. Whole middle is forgiveness. Whose end is freedom from fire. Ramadan Mubarak."

36. " Dunia memanglah panggung pentas permainan. Bermegah-megah dengan bangunan, Berbangga-bangga dengan kekayaan, Semua itu dapat melalaikan."

37. " Di bulan yang suci ini, ijinkanlah temanmu yang (ganteng / cantik) ini untuk berbagi suka cita dan berucap “ Marhaban ya Ramadhan” – 1441h. Mohon dimaafkan semua khilaf dan salah, yang disengaja pun yang tidak disengaja."

38. " Selamat puasa yak. Semoga kuat puasanya tidak ada bolongnya. Semoga dilancarkan rejekinya. Semoga diampuni semua dosanya. Semoga dimudahkan jodohnya. Amin ya Rabbalallamin."

39. " Kalau lihat putus cinta bikin galau, status yang lucu bikin ketawa. Meskipun puasa di musim kemarau, tetap semangat dan tak putus asa!"

40. " Bedug ditabuh mengawali datangnya bulan suci. Bulan penuh berkah dan ampunan-Nya.

 

5 dari 5 halaman

41. “ Ketika datang bulan Ramadan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

42. “ Matikan TV, makan secukupnya, gunakan SOSIAL MEDIA dengan bijak, baca AL-QURAN sehari-hari, lebih banyak BERIBADAH, tingkatkan DOA. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

43. “ Kerinduan pada bulan suci Ramadan kan segera terobati. Tak lama lagi bulan Ramadan akan tiba. Ampunilah segala dosa hamba dan semoga kami selalu berada dalam limpahan rahmat-Mu

44. “ Air tidak selamanya jernih, demikian juga ucapanku. Salju tidak selamanya putih, demikian juga dengan hatiku. Langit tidak selamanya biru, begitu juga hidupku. Jalan tidak selalu lurus, demikian juga langkahku. Jika maaf tidak bisa didapat hari ini, untuk apa menunggu besok? Sementara jantung kita pun tidak selamanya berdetak. Marhaban ya Ramadan, mohon maaf atas segala kesalahan dan khilaf. Selamat menunaikan ibadah puasa.

45. “ Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadan kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan untuk menggapai rida Allah SWT.”

46. “ Hidup ini hanya sebentar, sebentar marah, sebentar tertawa, sebentar berduit, sebentar bokek, sebentar senang, sebentar susah oh iya, sebentar lagi puasa. Met menyambut Ramadan ya, mohon maaf lahir batin.”

47.  “ Tidak ada kemenangan tanpa mengingat Tuhan. Tidak ada pahala tanpa keikhlasan. Tidak ada ampunan jika tiada maaf dari sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1442 Hijriah.”

48. “ Selamat menjalankan ibadah puasa, jangan jadikan puasa alasan untuk bemalas-malasan tetap semangat menjalankan rutinitas kita.”

49. “ Tak ada kata seindah zikir. Tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf, untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka, serta sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

50. “ Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan.”

Beri Komentar