9 Amalan Menggoda di Sepuluh Hari Terakhir Ramadan

Reporter : Puri Yuanita
Minggu, 26 Juni 2016 12:02
9 Amalan Menggoda di Sepuluh Hari Terakhir Ramadan
Ada 9 amalan menggoda yang bisa dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan agar kita meraih Lailatul Qadar.

Dream - Sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan merupakan masa-masa emas untuk mendulang pahala dan ampunan Allah SWT. Selain itu terdapat banyak keistimewaan luar biasa yang Allah berikan kepada hamba-Nya pada 10 hari terakhir Ramadan.

Salah satunya adalah adanya satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yang kita kenal dengan malam Lailatul Qadar. Pada malam tersebut, satu amalan saleh yang dilakukan, lebih baik nilai dan pahalanya di sisi Allah daripada amalan yang dikerjakan selama 1000 bulan.

Akan tetapi, untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Namun ada 9 amalan menggoda yang bisa dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan agar kita meraih Lailatul Qadar. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Menjaga sholat lima waktu secara berjamaah di masjid

Amalan pertama yang bisa kita lakukan di sepuluh hari terakhir Ramadan adalah dengan menjaga sholat lima waktu secara berjamaah di masjid. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

" Barangsiapa berwudhu dengan sempurna untuk melaksanakan sholat, kemudian ia berjalan kaki menuju sholat wajib, sehingga ia melaksanakan sholat wajib tersebut bersama masyarakat, atau berjamaah, atau di masjid, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya." (HR. Muslim no. 232)

Akan tetapi sebaiknya, hal ini tidak hanya dilakukan selama bulan Ramadan saja namun juga dalam hari-hari lainnya. Sebab ada banyak keutamaan yang bisa kita peroleh bila melakukan sholat berjamaah di masjid.

2. Melaksanakan puasa Ramadan

Amalan kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan puasa Ramadan. Hal ini merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang beriman di bulan Ramadan. Selain itu setiap amalan yang kita lakukan di bulan Ramadan tanpa diiringi dengan puasa, tentu tidaklah sempurna.

Rasulullah SAW bersabda, " Barangsiapa melakukan puasa Ramadan karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)

Selengkapnya baca di sini.     

Beri Komentar