Bacaan Doa Iftitah NU & Muhammadiyah, Hukum, dan Syarat Sunah Membacanya

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 21 April 2022 10:00
Bacaan Doa Iftitah NU & Muhammadiyah, Hukum, dan Syarat Sunah Membacanya
Jika salah satu syaratnya tidak dipenuhi, maka sunah membaca doa iftitah pun akan hilang.

Dream – Setiap umat Islam memiliki kewajiban menjalankan ibadah sholat lima waktu setiap harinya. Setiap sholat tersebut pasti didahului dengan niat yang merupakan bagian dari rukun sholat. Kemudian bisa dilanjutkan dengan takbiratul ihram dan membaca doa iftitah. Nah, doa iftitah ini tidaklah masuk dalam rukum sholat. Sehingga doa ini bisa sahabat Dream baca maupun tidak.

Bacaan doa iftitah pun memiliki dua versi. Ada yang versi Nahdlatul Ulama (NU) dan versi Muhammadiyah. Hal ini kembali pada diri masing-masing umat Islam ingin membaca doa iftitah yang mana ketika mengerjakan sholat, sehingga hal seperti ini tidaklah perlu menjadi perdebatan di tengah-tengah umat Islam.

Bahkan sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), doa iftitah sudah diajarkan kepada anak-anak, terutama yang beragama Islam. Mungkin di sekolah ada guru yang mengajarkan salah satu versi saja. Namun, hal tersebut tidaklah menjadi masalah.

Bagi sahabat Dream yang ingin mengetahui lebih jelas bagaimana hukum membaca doa iftitah, bagaimana bacaannnya menurut kedua versi, dan syarat sunah membaca doa iftitah. Berikut sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Hukum Membaca Doa Iftitah saat Sholat

Hukum Membaca Doa Iftitah saat Sholat© Pixabay.com

Doa iftitah sendiri adalah doa yang kerap dibaca saat mengerjakan sholat. Biasanya doa ini dibaca setelah niat sholat dan takbiratul ihram. Meski begitu, doa iftitah tidaklah masuk dalam rukun sholat.

Hukum membaca doa iftitah saat sholat adalah sunah atau lebih tepatnya sunah hajat yang berarti ketika tidak dikerjakan secara sengaja atau tidak sengaja, maka tidak disunahkan untuk melakukan sujud sahwi. Tetapi jika sahabat Dream membaca doa iftitah dalam sholatnya, maka ada pahala yang bisa didapatkan. Sehingga alangkah baiknya jika doa iftitah ini bisa sahabat Dream baca ketika sholat.

Anjuran ini pun juga disampaikan oleh seorang ulama dengan mazhab Syafi’I, yakni Imam Nawawi. Beliau menganjurkan agar setiap umat Muslim ketika sholat membaca doa iftitah. Baik itu saat sholat wajib maupun sholat sunah. Tak hanya itu saja, seorang muslim yang bahkan mengerjakan sholat sambil berbaring atau seorang musafir sekali pun tetaplah dianjurkan untuk membacanya.

Sedangkan bagi yang tidak membaca doa iftitah, bukan berarti sholatnya tidak sah. Akan tetapi kamu tidak akan mendapatkan pahala dari bacaan doa iftitah tersebut.

2 dari 4 halaman

Doa Iftitah Muhammadiyah dan NU

Doa Iftitah Muhammadiyah dan NU© Freepik.com

Doa iftitah ini memiliki dua versi, yakni versi Muhammadiyah dan versi NU. Tentunya hal ini kembali pada diri masing-masing setiap Muslim ingin membaca doa iftitah yang mana. Sehingga tidak perlu diperdebatkan jika ingin membaca salah satu versi doa iftitah tersebut. Berikut adalah bacaan doa iftitah versi Muhammadiyah dan NU beserta artinya.

Doa Iftitah Versi Muhammadiyah

 

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا ، كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ ، وَالثَّلْجِ ، وَالبَرَدِ

Allahumma baa’id bainii khathayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi wal maghrib. Allaahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadlu minad danas. Allahummaghsil khathayaaya bil maa-I wats tsalji wal barad.

Artinya: “ Wahai Allah Jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah aku dari kesalahan sebagaimana bersihnya baju putih dari kotoran, ya Allah basuhlah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan air dingin.”

Doa Iftitah Versi NU

اَللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allahu Akbar kabiira, walhamdu lillaahi katsiira, wasubhaanallahi bukratawwa ashiila. Wajjahtu wajhiya lilladzi fatharassamaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiin.

Artinya: “ Allah Mahabesar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji hanya kepunyaan Allah, pujian yang banyak, dan Mahasuci Allah di waktu pagi dan petang. Kuhadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya. Dan aku dari golongan oroang muslimin.”

3 dari 4 halaman

Syarat Sunah Membaca Doa Iftitah

Sebagaimana dikutip melalui nu.or.id, sunahnya membaca doa iftitah memiliki empat syarat. Jika ada salah satu syarat saja yang tidak dipenuhi, maka sunahnya membaca doa iftitah ini pun akan menjadi hilang. Berikut adalah syarat-syarat sunah membaca doa iftitah yang perlu sahabat Dream ketahui:

Sholat yang Dikerjakan Selain Sholat Jenazah

Syarat sunah membaca doa iftitah yang pertama adalah sholat yang dikerjakan adalah selain sholat jenazah. Walaupun sholatnya dilakukan di atas kuburan atau sholat ghoib, di mana jenazah berada di tempat yang jauh dari tempat orang yang mensholatinya.

Waktunya Cukup untuk Mengerjakan Sholat

Syarat sunah membaca doa iftitah yang kedua adalah memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan sholat sekaligus membaca doa iftitah. Ketika sahabat Dream memperhitungkan dan diketahui waktunya ternyata sempit, maka tidak perlu membaca doa iftitah, tetap harus melakukan yang wajibnya saja.

Tidak Khawatir Ketinggalan Membaca Al-Fatihah

Syarat sunah membaca doa iftitah ini berlaku pada makmum dalam sholat berjamaah. Di mana kamu tidak merasa khawatir ketinggalan membaca sebagian surat Al-Fatihah jika sebelumnya kamu membaca doa iftitah terlebih dahulu.

Tidak Ada Imam Lainnya

Syarat sunah membaca doa iftitah lainnya adalah tidak melihat adanya iman lain yang berdiri. Jika sahabat Dream menjadi makmum masbuq dan melihat imam lainnya sedang berdiri atau gerakan sholat lainnya, maka kamu tidak disunahkan untuk membaca doa iftitah. Tetapi bisa langsung menyamakan dengan posisi iman saat itu . (Muhammad bin Umar bin Alin Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, Songqopuro Indonesia, al-Haramin, cetakan pertama, halaman 62).

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Membaca Doa Iftitah

Keistimewaan Membaca Doa Iftitah© Shutterstock.com

Doa iftitah menjadi salah satu bacaan yang dianjurkan dalam sholat. Meskipun dengan membacanya tidak membuat sholat sahabat Dream batal, namun sayang sekali jika doa iftitah tidak kamu baca. Hal ini karena ada berbagai keistimewaan yang bisa didapat jika membacanya. Berikut adalah beberapa keistimewaan membaca doa iftitah yang dikutip dari umma.id:

Mendapat Pahala Amalan Sunah

Keistimewaan yang pertama dari membaca doa iftitah adalah mendapatkan pahala amalan sunah. Sahabat Dream bisa membaca doa iftitah ini saat sedang mengerjakan sholat wajib maupun sholat sunah. Doa iftitah berisi tentang hakikat dari kehidupan manusia yang adalah ciptaan Allah SWT.

Di mana sebagai manusia tentunya tidak bisa terlepas dari salah dan dosa, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Nah, melalui doa iftitah inilah umat Islam bisa memohon kepada Allah SWT saat mengerjakan sholat.

Diangkat Doanya oleh Para Malaikat

Keistimewaan membaca doa iftitah yang kedua adalah diangkat doanya oleh para malaikat. Hal ini seperti sabda Rasulullah saw berikut:

Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki Muslim) mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah SWT.” (HR. Muslim).

Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Ada berbagai cara yang bisa sahabat Dream lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya melalui bacaan doa iftitah saat sholat. Hal ini karena doa iftitah sendiri berisi permohonan ampun kepada Allah SWT, memohon petunjuk, keselamatan, dan perlindungan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, akan sayang sekali jika doa iftitah dilewatkan begitu saja. Karena doa ini memiliki isi yang cukup lengkap. Tak hanya saja, dengan membaca doa iftitah, tentunya ada pahala yang akan diberikan Allah SWT.

Beri Komentar