Bacaan Surat Al Qadr Ayat 1-5 dan Makna di Balik Kemuliaan Malam Lailatul Qadar

Reporter : Arini Saadah
Senin, 28 Desember 2020 12:09
Bacaan Surat Al Qadr Ayat 1-5 dan Makna di Balik Kemuliaan Malam Lailatul Qadar
Para malaikat turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan langit pada malam lailatul qadar.

Dream – Surat Al Qadr merupakan surat yang ada di dalam juz 30 atau juz amma yang tergolong surat Makkiyyah. Surat al Qadr memiliki keistimewaan yang luar biasa tentang malam lailatul qadar.

Surat al Qadr terdiri dari lima ayat yang menjelaskan tentang malam lailatul qadar sekaligus memberikan gambaran di dalamnya.

Malam lailatul qadar terjadi pada 10 malam hari terakhir di bulan Ramadhan. Biasanya pada waktu tersebut umat muslim berlomba-lomba meningkatkan amal ibadah untuk berjumpa dengan malam lailatul qadar.

Supaya Sahabat Dream semakin termotivasi dalam meningkatkan ibadah dalam rangka berjumpa dengan malam lailatul qadr, sebaiknya kita pahami bersama makna di balin surat Al Qadr. Surat Al Qadr juga sering dibaca di malam-malam terakhir saat sholat tarawih.

Berikut bacaan surat al Qadr dan makna di balik kemuliaan malam lailatul qadar, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Surat Al Qadr 1-5 Lengkap Artinya

Surat Al Qadr merupakan surat pendek di dalam juz 30 yang mengandung makna mendalam untuk memahami keistimewaan malam lailatul qadar.

Pada malam lailatul qadar malaikat akan turun ke bumi untuk mendengarkan doa-doa manusia. Berikut bacaan surat Al Qadr ayat 1-5 beserta artinya seperti dilansir dari quran.kemenag.go.id:

Ilustrasi© kemenag.go.id

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr.

 

Ilustrasi© kemenag.go.id

Dan tahukah kamu apa malam Qadr itu?

 

Ilustrasi© kemenag.go.id

(yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan.

 

Ilustrasi© kemenag.go.id

Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

 

Ilustrasi© kemenag.go.id

Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.

2 dari 3 halaman

Makna Di Balik Surat Al Qadr

Ada baiknya sebagai umat muslim, Sahabat Dream juga perlu menggali makna yang terdapat di dalam surat Al Qadr ayat 1-5. Dengan menggali maknanya kamu bisa mengimani keberadaan malam lailatul qadar dan membuat kita lebih semangat menjalankan ibadah puasa di hari-hari terakhir bulan Ramadhan.

Makna yang pertama bisa dipahami dari artinya secara terminologi. Menurut Ibnu Mukarram secara terminology Al Qadr berarti keputusan yang ditetapkan oleh Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Tinggi dan Dia memberlakukannya terhadap segala perkara.

Ilustrasi© unsplash.com

Dalam Al Quran kata Al Qadr digunakan untuk menggambarkan makna yang beragam seperti membatasi, menentukan, mengagumkan, menguasai, mengukur, dan sebagainya. Sedangkan dalam surat Al Qadr, kata Al Qadr memiliki makna kemuliaan. Lailatl qadar adalah malam yang istimewa dan mulia.

Malam lailatul qadar dikenal dengan malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Ibnu Jarir At Thabrani mengatakan pahala beribadah pada malam tersebut lebih utama daripada malam yang tidak bertepatan dengan lailatul qadar.

Apabila ditelaah lebih dalam, kalimat lailatul qadar dalam surat al Qadr diulang beberapa kali. Tujuannya memberikan pesan kepada umat muslim mengenai keagungan malam lailatul qadar. Sehingga kalimat itu perlu diulang supaya pesannya masuk ke dalam hati kita.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi© unsplash.com

Surat al Qadr merupakan surat yang menjelaskan tentang mulianya malam lailatu qadar. Tentu saja malam ini memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim yang mau memanfaatkannya dengan ibadah kepada Allah Swt.

Pada malam itu para malaikat turun ke bumi dan memberi syafaat kepada orang-orang yang senantiasa menghidupkan langit pada malam lailatul qadar. Allah juga melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa meminta dengan tulus dan dikehendaki-Nya.

Semua amalan baik yang dilakukan pada malam lailatul qadar akan diberikan pahala berlipat ganda. Imam Mujahid, Qatadah dan ulama besar lainnya berpendapat bahwa mala mini adalah malam yang begitu mulia dan utama.

Sahabat Dream bisa menjalankan ibadah dan amalan sholat sunnah serta berdzikir untuk mendapatkan ketenangan hati dan fikiran serta kesejahteraan. Orang yang senantiasa menghidupkan malam lailatul qadr maka akan dijaga oleh para malaikat yang saat itu sedang turun ke bumi.

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar