Doa Rasulullah Setiap Kali Selesai Sholat

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 14 Desember 2019 18:01
Doa Rasulullah Setiap Kali Selesai Sholat
Dianjurkan untuk tidak buru-buru pergi usai sholat.

Dream - Sholat dan doa sejatinya merupakan aktivitas yang tak terpisahkan. Keduanya adalah sarana makhluk untuk berkomunikasi dengan Tuhannya.

Sholat membuat kita dekat dengan Allah. Sedangkan doa merupakan jalan untuk memohon segala sesuatu kepada-Nya.

Salah satu waktu yang tepat untuk berdoa adalah usai sholat. Dianjurkan untuk menggunakan waktu tersebut dengan memperbanyak zikir sembari mengucap doa.

Bahkan dalam hadis riwayat Imam Ahmad, malaikat akan mendoakan orang yang selesai sholat. Sehingga, jangan buru-buru pergi begitu sholat selesai.

Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan berzikir dan berdoa usai sholat. Salah satu doa yang kerap dibaca Rasulullah usai sholat terdapat dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi.

 

1 dari 5 halaman

Doa Usai Sholat

 Doa Usai Sholat

Allahumma inni a’udzu bika minal jubni wa a'udzu bika minal bukhli wa a’udzu bika min ardzalil 'umuri wa a’udzu bika min fitnatid dunya wa 'adzabil qabri

Artinya,

" Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir, aku berlindung kepada-Mu dari hinanya umur, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia dan azab kubur."

2 dari 5 halaman

Doa Ketika Berjabat Tangan

Dream - Ajaran Islam tidak hanya mengatur soal ibadah personal. Tidak melulu seputar sholat, puasa, zakat, haji, sedekah.

Lebih dari itu, Islam juga mengatur ibadah yang bersifat sosial. Hal ini sangat erat kaitannya dengan adab dalam kehidupan kemasyarakatan.

Ada banyak sunah yang bisa dilakukan dalam kehidupan sosial. Salah satunya yaitu berjabat tangan setiap kali bertemu orang lain.

Meski sepele, jabat tangan punya manfaat begitu besar. Jabat tangan dapat menguatkan ikatan persaudaraan.

Setiap kali berjabat tangan atau salaman dengan orang lain, dianjurkan membaca doa ini. Doa ini terdapat dalam hadis riwayat Ibnu Sunni dari Anas bin Malik RA, dari Rasulullah Muhammad SAW.

3 dari 5 halaman

Doa Salaman

 Doa salaman

Allahumma rabbana atina fiddun ya hasanatan wa fil akhiroti hasanatan wa qina 'azaban nar.

Artinya,

" Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta lindungilah kami dari siksa neraka."

4 dari 5 halaman

Doa Agar Perbuatan Mubah Dinilai Jadi Ibadah

Dream - Tidak semua perbuatan kitsa sehari-hari dianjurkan atau dilarang dalam ajaran Islam. Ada banyak sekali perbuatan yang hukumnya mubah.

Dalam syariat Islam, hukum mubah berarti hanya berstatus boleh. Sehingga, perbuatan mubah tidak mengandung konsekuensi apapun baik pahala maupun dosa.

Banyak sekali jenis perbuatan mubah ini. Beberapa di antaranya makan, minum, membersihkan rumah, mencuci baju, dan masih banyak lagi.

Tetapi, sebenarnya aktivitas mubah bisa menjadi jalan meraih pahala. Kuncinya terletak pada niat agar aktivitas tersebut dinilai sebagai bagian dari ibadah.

Agar kegiatan mubah bernilai ibadah, dianjurkan membaca doa ini.

 

5 dari 5 halaman

Doa Agar Hal Mubah Berpahala

 Doa Mubah jadi Pahala

Allahumma ma a‘maluhu fi hadzan nahar, au fi hadzihil lailah min khair fa huwa imtitsal li amrik, wa ma atrokuhu min ma‘shiyah fa huwa imtitsal li nahyik

Artinya,

" Ya Allah, perbuatan baik yang saya kerjakan siang hari atau malam hari ini karena mengikuti perintah-Mu. Perbuatan maksiat yang aku tinggalkan itu semata-mata karena menjauhi larangan-Mu."

Beri Komentar
Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?