Lawan Kanker dengan Olah Raga, Lihat Apa yang Terjadi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 28 Agustus 2016 16:00
Lawan Kanker dengan Olah Raga, Lihat Apa yang Terjadi
Seorang pria bernama Wu Qihang, sudah 20 tahun mengidap kanker.

 

Dream – Jika dilihat sepintas, pria berusia 59 tahun ini tampak baik-baik saja. Tapi, siapa sangka, pria ini adalah seorang pengidap kanker.

Bahkan, dia telah berjuang melawan kanker selama dua dekade. Namanya Wu Qihang.

Dilansir dari Shanghaiist, Minggu 28 Agustus 2016, Wu didiagnosa mengidap kanker kandung kemih pada tahun 1996. Penyakit itu diidapnya ketika anak perempuannya duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Awalnya, Wu ingin mengakhiri hidupnya karena tak sanggup menerima kabar tersebut. Tapi, perlahan dia bisa menerima kemoterapi dan operasi untuk mengobati kankernya.

Tak dapat dipungkiri, pengobatan itu berpengaruh terhadap fisik Wu. Sebut saja  kemoterapi melemahkan sistem imun tubuh sehingga Wu mudah terserang flu. Pria ini juga kehilangan rambutnya akbat kemoterapi.

Penderitaan Wu belum berakhir. Pria yang tinggal di Guiyang, Guizhou, Tiongkok, ini kembali divonis kanker terkena kanker paru-paru. Kemudian, Wu menyerah dengan terapi kemoterapi. Wu berkata sel kanker terus menghasilkan sel-sel baru dan mereka menutup pembuluh darah di kandung kemih. Pria ini juga dipaksa untuk menjalani operasi biasa yang menyakitkan untuk membuka kembali kandung kemih yang tertutup oleh sel kanker. Total operasi yang dijalaninya adalah sebanyak 17 kali.Wu pun divonis oleh dokter hidupanya tak akan lama.

Kenyataan ini membuat Wu harus mengambil cara pengobatannya sendiri. Pria ini membawa anak anjingnya, tenda, dan mulai mendaki gunung. Di sana, semangat Wu dibangkitkan oleh embusan angin, kicauan burung, dan bunyi-bunyian serangga. Tak hanya itu, dia juga mengambil latihan fisik, seperti angkat barbel dan tinju untuk menekan rasa sakitnya.

Wu pun memaksakan dirinya untuk makan apa pun untuk kembali memulihkan dirinya setelah dioperasi.

Kini, Wu menjadi pribadi yang lebih sehat. Tak disebutkan apakah kanker yang diidapnya sudah lenyap atau belum. Bertahun-tahun berlalu, Wu bertemu dengan mantan dokternya. Dokter itu terkejut melihat Wu sehat dan kuat. “ Anda masih hidup?” Kalimat ini yang terlontar dari mulut dokter.

 

Beri Komentar