Saat Makanan Diisukan Haram, Harus Bagaimana?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 14 November 2018 20:03
Saat Makanan Diisukan Haram, Harus Bagaimana?
Makanan haram yang jelas keharamannya tentu tidak boleh dikonsumsi umat Islam.

Dream - Seorang Muslim terlarang mengonsumsi makanan haram. Demikian pula makanan yang tercampur bahan haram.

Jenis makanan haram sendiri tercantum dalam Alquran seperti daging hewan bertaring dan berkuku tajam, hewan melata, darah, termasuk babi.

Dalam kurun waktu belakangan, tumbuh kesadaran di kalangan umat Islam untuk memastikan bahan pangan halal. Salah satu jaminan yang dipakai adalah sertifikat halal.

Secara bersamaan, isu sebuah makanan mengandung zat haram seperti lemak babi juga cukup banyak. Masyarakat menjadi was-was ketika mengonsumsi makanan yang diisukan tersebut.

Terkait hal ini, bagaimana seorang Muslim seharusnya bersikap? Mengingat keharaman itu masih berupa isu dan belum terbukti.

 

1 dari 1 halaman

Hukum Asal Makanan adalah Halal

Dikutip dari bincangsyariah, para ulama menyatakan makanan yang diisukan mengandung lemak babi tetap boleh dimakan. Selama masih berupa isu dan belum terbukti dengan sangat meyakinkan sebuah makanan mengandung lemak babi, makanan itu tetap boleh dimakan.

Dalam kaidah fikih, hukum asal semua makanan adalah halal. Kehalalan itu bisa berubah apabila ada dalil yang mengharamkannya.

Sehingga, keharaman tidak bisa langsung diterapkan pada sebuah makanan jika diisukan mengandung zat haram. Selain dalil pasti, makanan harus diuji untuk membuktikan keharamannya.

Hal ini seperti penjelasan dalam kitab Fathul Mu'in. Dalam kitab tersebut tercantum sebuah riwayat Rasulullah Muhammad SAW disuguhi keju syami, yang disebut-sebut mengandung aroma babi.

" Kain yang masyhur dikerjakan memakai gajih babi, keju syami masyhur dikerjakan memakai aroma babi, suatu saat Nabi SAW disuguhi keju tersebut dan langsung memakannya tanpa bertanya."

(ism, sumber: Bincangsyariah)

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary