Pahala Bersilaturahmi Saat Lebaran

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 6 Mei 2021 19:00
Pahala Bersilaturahmi Saat Lebaran
Umur bisa panjang.

Dream - Hari raya tanpa silaturahmi bagai Lebaran tanpa ketupat atau opor ayam. Silaturahmi jadi aktivitas yang melekat ketika hari kemenangan tiba. Saling bermaafan dan bertemu di hari Lebaran dapat menjaga hubungan baik dengan sesama. Kebiasaan ini sangat dianjurkan, terlebih dengan kerabat, saudara hingga tetangga sekitar rumah.

Kata silaturahmi berakar dari bahasa Arab, yaitu shilah, yang berarti hubungan atau relasi, dan rahim berarti kerabat atau kasih sayang.

Bisa dimaknai silaturahmi sebagai hubungan kekerabatan atas dasar kasih sayang sebab menjaga silaturahmi sangat penting.

Allah SWT telah berfirman dalam QS Al Anfaal ayat 63, Kalau kalian tidak mengerjakan apa yang Aku perintahkan itu (yaitu untuk berukhuwah, bersilaturahmi) tentu akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.

Selain menaati perintah Allah SWT, bersilahturami juga memiliki segudang manfaat. Berikut tiga di antaranya:

1 dari 1 halaman

Mempererat tali persaudaraan

Di usia produktif ini kita seringkali disibukkan dengan beragam hal yang membuat kita tidak memiliki waktu untuk menyapa saudara dan keluarga. Kesibukan memang dapat melenakan.

Usahakan untuk tetap meluangkan waktu sejenak dan menghubungi sanak saudara.

Apalagi kini dengan teknologi yang semakin canggih, kita bisa bertatap wajah dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi di smartphone.

Memanjangkan usia

Sahabat Dream ingin panjang umur? Maka silaturahmi lah kuncinya.

Dari Abu Haraiorh r.a, Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa yang ingin diluaskan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambungkan silaturahmi (H.R. Bukhori).

Bersilaturahmi akan memberikan ketenangan dan ketentraman bagi batin kita. Jika pikiran dan hati bahagia, maka efeknya juga sangat baik bagi kesehatan.

Menambah pahala

Orang yang senang bersilaturahmi akan dikenang oleh mereka yang dikunjunginya dan membuatnya didoakan bagi mereka yang merindukannya.

Beri Komentar